Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Biodata Robert H. Goddard Penemu Roket Berbahan Bakar Cair

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Robert H. Goddard seorang penemu roket berbahan bakar cair. Penasaran ingin tahu tentang penemu roket berbahan bakar cair, simak penjelasannya berikut ini.

Robert Hutchings Goddard (5 Oktober 1882 – 10 Agustus 1945) adalah seorang insinyur, profesor, fisikawan, dan penemu asal Amerika yang dikenal karena telah menciptakan dan membangun roket berbahan bakar cair pertama di dunia, dan berhasil meluncurkannya pada tanggal 16 Maret 1926.

Goddard dan timnya meluncurkan 34 roket antara tahun 1926 sampai 1941, mencapai ketinggian setinggi 2,6 km (1,6 mil) dan kecepatan setinggi 885 km / h (550 mph).

Pekerjaan Goddard baik sebagai teori dan insinyur mengantisipasi banyak perkembangan yang membuat spaceflight memungkinkan. Goddard telah disebut orang yang mengantar ke Space Age.Dua dari 214 penemuan dipatenkan Goddard  sebuah roket multi tahap (1914), dan roket berbahan bakar cair (1914) yang merupakan tonggak penting menuju luar angkasa.

Pada tahun 1919 monografi sebuah Metode Mencapai Ketinggian Ekstrim dianggap salah satu teks klasik ilmu roket abad ke-20. Goddard berhasil menerapkan tiga sumbu kontrol, giroskop dan steerable dorong untuk roketnya, untuk secara efektif mengontrol penerbangan mereka.

Penemuan Roket modern bermula ketika Robert Goddard meletakkan corong de Laval pada kamar pembakaran mesin roket, menggandakan daya dorong dan meningkatkan keefisienan pada roket. Lalu pada tahun 1926, Robert Goddard berhasil meluncurkan roket pertama di Auburn Massachusetts.

Baca Juga :  Biodata Richard Arkwright Penemu Mesin Pintal Bertenaga Air

Roket ini menggunakan minyak dan oksigen dan bisa meluncur sampai ketinggian 12 meter. Selanjutnya Goddard merancang roket yang lebih besar dan lebih cepat, hingga bisa terbang sampai ketinggian 2 km.

Penerbangan pertama roket berbahan bakar cair 

Robert H. Goddard mulai bereksperimen dengan oksidator cair, roket bahan bakar cair pada bulan September 1921, dan berhasil menguji mesin propelan cair pertama di bulan November 1923. Itu silinder ruang bakar, menggunakan jet menimpa untuk mencampur dan menyemprotkan suatu cairan oksigen cair dan bensin.

Pada tahun 1924 sampai 1925, Goddard mempunyai masalah untuk mengembangkan tekanan tinggi pompa piston untuk mengirim bahan bakar ke ruang bakar. Goddard memutuskan untuk melupakan pompa dan menggunakan sistem umpan bahan bakar bertekanan menerapkan tekanan ke tangki bahan bakar dari tangki gas inert, teknik yang digunakan saat ini.

Pada tanggal 6 Desember 1925, Goddard menguji sistem tekanan pakan sederhana. Goddard melakukan uji statik pada penembakan berdiri di laboratorium Fisika di Clark University. Mesin berhasil mengangkat beratnya sendiri dalam tes 27-kedua di rak statis.

Hal ini merupakan sukses besar bagi Goddard. Goddard melakukan tes tambahan pada bulan Desember, dan dua lagi di bulan Januari 1926. Setelah itu, Goddard mulai mempersiapkan peluncuran yang mungkin dari sistem roket.

Penerbangan pertama

Goddard meluncurkan roket berbahan bakar cair pertama ( bensin dan oksigen cair ) pada tanggal 16 Maret 1926, di Auburn, Massachusetts. Hadir pada peluncuran itu kepala kru nya, Henry Sachs, Esther Goddard, dan Percy Roope, yang menjadi asisten profesor Clark di departemen fisika.

Roket, yang kemudian dijuluki “Nell”, naik hanya 41 kaki selama penerbangan 2,5 detik yang berakhir 184 kaki di lapangan kubis, tapi itu demonstrasi penting propelan cair. Situs peluncuran, sekarang menjadi National Historic Landmark, yang merupakan Situs Peluncuran Roket Goddard.

Baca Juga :  Biodata Johannes Robert Rydberg Penemu Rumus Rydberg

Meskipun hasil karyanya adalah sebuah revolusioner, namun dukungan publik untuk Goddard sangat sedikit untuk penelitian dan pengembangan karyanya. Banyak yang mengejek teorinya tentang spaceflight. Akibatnya, Goddard menjadi pelindung privasi dan karyanya.

Setelah kematiannya, Goddard diakui sebagai bapak pendiri peroketan modern. Goddard tidak hanya diakui sebagai potensi roket untuk penelitian atmosfer, rudal balistik dan perjalanan ruang angkasa tapi ia merupakan orang pertama yang secara ilmiah mempelajari, mendesain dan membangun roket yang diperlukan untuk melaksanakan ide-ide itu.

Penutup

Itulah biodata Robert H. Goddard seorang penemu roket berbahan bakar cair. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu