tanaman hias beserta nama latinnya
tanaman hias beserta nama latinnya

Kenali Ciri-ciri Tanaman Hias Beserta Nama Latinnya Yuk!

Kenali Ciri-ciri Tanaman Hias Beserta Nama Latinnya Yuk! – Sobat Waca Berita yang merupakan pehobi berbagai macam jenis tanaman hias, ternyata banyak jenis tanaman hias mulai dari tanaman hias daun yang ada di atas bumi ini, mulai dari jenis paku-pakuan, kaktus, keladi dan lain sebagainya.

Setiap jenis tanaman hias daun memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri. Selain keunikan secara morfologi, tanaman hias juga memiliki nama latin yang unik. Keunikan dan ciri khas tersebutlah yang membuat tanaman hias daun menjadi istimewa.

Tanaman Hias Beserta Nama Latinnya

Berikut Waca Berita akan memberikan informasi tentang ciri-ciri tanamna hias dan nama latinnya.

1. Aglaonema

Nama latin AGLAONEMA : Aglaonema

Ciri-ciri tanaman hias daun “Aglaonema” : Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang berukuran kecil dan tidak berkambium (Berkayu). Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak. Warna daun bermacam-macam, tergantung jenisnya. Spesies alami aglaonema umunya daunnya berwarna hijau dengan corak tertentu. Aglaonema hibrida terdapat bermacam-macam warna, merah, putih, perak, kuning, hijau atau perpaduan bermacam warna dengan pola tertentu.

2. Andong/Hanjuang

Nama latin tanaman ANDONG/HANJUANG : Cordyline fruticosa

Ciri-ciri tanaman hias daun “ANDONG” : Tanaman hias daun ini memiliki ciri khas unik pada daunnya yang berbentuk oval memanjang dengan ujung runcing. Daunnya memiliki warna kombinasi hijau tua dan merah muda. Daun tua dominan warna hijau dengan tepi daun bergaris merah, sementara daun muda (pucuk daun) dominan warna merah dengan sedikit corak hijau. Merupakan tumbuhan perdu bercabang, tinggi antara 2-4 m. Daun pada ujung ranting berjejal dengan susunan spiral, tangkai seperti talang.

Baca Juga :  Biodata Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka)

3. Apu-apu

Nama latin tanaman apu-apu : Pistia stratiotes

Ciri-ciri tanaman hias daun “APU-APU” : Apu-apu merupakan tumbuhan air yang biasa kita jumpai mengapung pada air tenang atau kolam. Satu-satunya tumbuhan yang masuk kedalam marga Pistia ini juga sebagai sebagai tumbuhan pelindung aquarium, karena tumbuhan ini dapat menyerap kandungan logam dalam air.

4. Bayam Hias

Nama latin BAYAM HIAS : Amaranthus

Ciri-ciri tanaman hias daun “BAYAM HIAS” : Memiliki warna daun putih atau merah. Terna semusim yang menyukai iklim hangat dan cahaya kuat. Bayam relatif tahan terhadap pencahayaan langsung karena merupakan tumbuhan C4. Batang berair dan kurang berkayu. Daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, berwarna hijau, merah, atau hijau keputihan. Bunga tersusun majemuk tipe tukal yang rapat, bagian bawah duduk di ketiak, bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Bijinya berwarna hitam, kecil dan keras.

5. Beringin

Nama latin BERINGIN : Ficus benjamina

Ciri-ciri tanaman hias daun “BERINGIN” : Beringin adalah tanaman yang termasuk dalam suku ara-araan atau Moraceae, yang disebut juga waringin atau ki ara (ki berarti “pohon”). Beringin biasa digunakan untuk tanaman hias di dalam maupun di luar ruangan, juga sering digunakan sebagai objek bonsai. Beringin merupakan tumbuhan yang sangat akrab dengan budaya asli Indonesia. Beringin sering pula disamakan dengan pohon bodhi, meskipun keduanya adalah tanaman yang berbeda.

6. Caladium

Nama latin tanaman hias CALADIUM : Caladium

Ciri-ciri tanaman hias daun “CALADIUM” : Ciri-ciri yang paling khas dari keladi adalah bentuk daunnya yang seperti simbol hati/jantung. Daunnya biasanya licin dan mengandung lapisan lilin. Ukuran keladi tidak pernah lebih daripada 1 m. Beberapa jenis dan hibridanya dipakai sebagai tanaman hias pekarangan. Jenis caladium hias antara lain berwarna merah, hijau, putih atau perpaduan bermacam warna dengan pola yang khas.

7. Canna

Nama latin tanaman hias CANNA : Canna indica

Ciri-ciri tanaman hias daun “CANNA LILY” : Tumbuhan ini tumbuh besar, tegak, dengan tinggi mencapai dua meter. Tanaman ini memiliki rimpang tebal menyerupai ubi. Daunnya besar dan lebar, berwarna hijau dan menyirip jelas. Warnanya hijau atau merah tengguli. Bunganya besar dengan warna-warna cerah, seperti merah, merah muda, dan kuning yang tersusun dalam bentuk tandan.

Baca Juga :  Biodata Dewi Lestari

8. Chinese Money

Nama latin tanaman hias CHINESE MONEY : Pilea peperomioides

Ciri-ciri tanaman hias daun “CHINESE MONEY” : Ciri khas tanaman hias daun ini yaitu bentuk daunnya yang bundar seperti kon cina. Chinese money memiliki daun bundar berwarna hijau gelap. Tanaman asli negeri tirai bambu ini termasuk jenis tanaman pilea, spesies tumbuhan berbunga dari keluarga jelatang Urticaceae.

9. Cemara

Nama latin CEMARA : Casuarinaceae

Ciri-ciri tanaman hias daun “CEMARA” : Batang berkayu dan dapat tumbuh hingga 3-5 meter, berakar tunggang. Kulit batang kasar berwarna cokelat. Rantingnya beruas, daun tipe majemuk berbentuk seperti jarum berwarna hijau, dan buahnya mirip runjung kecil. Cabang daun mengerucut. Jenis-jenis cemara antara lain cemara udang, cemara laut, cemara kipas.

10. Calathea

Nama ilmiah CALATHEA : Calathea makoyana

Ciri-ciri tanaman hias daun “CALATHEA” : Daunnya besar, lonjong dan ada juga yang berbentuk kipas. Keunikan dan keindahan tanaman hias daun lebar satu ini terletak pada daunnya yang umumnya memiliki garis-garis yang khas. Tidak menyukai sinar matahari berlebihan.

11. Coleus Merah

Nama ilmiah COLEUS MERAH : Plectranthus scutellarioides sp

Ciri-ciri tanaman hias daun “COLEUS MERAH” : Termasuk tanaman semusim berbatang lunak dengan bentuk percabangan monopodial. Daunnya merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur. Ujung daun meruncing dengan tepian rata dan pangkal yang tumpul. Pertulangannya menyirip dengan panjang 7-11 cm, lebar 5-7 cm, panjang tangkai ± 3 cm dan berwarna ungu.

Bunga majemuk berbentuk tandan di ujung batang. Kelopak berbentuk corong berwarna hijau muda. Mahkota bunga berbentuk bibir berwarna ungu keputih-putihan. Memiliki dua benang sari berwarna putih dan putik kecil yang berwarna ungu. Buah muda berwarna hijau dan berubah coklat pada saat matang atau tua. Bentuknya kotak dan bulat dan mengandung biji kecil, pipih, mengkilat serta berwarna hitam. Tanaman berakar tunggang dengan warna kuning keputih-putihan.

Baca Juga :  Manfaat Daun Dadap Untuk Anti Radang dan Anti Bakteri

12. Cocor Bebek

Nama ilmiah COCOR BEBEK : Bryophyllum pinnatum

Ciri-ciri tanaman hias daun “COCOR BEBEK” : Cocor bebek memiliki batang yang lunak dan beruas. Daunnya tebal berdaging dan mengandung banyak air. Warna daun hijau muda (kadang kadang abu-abu). Bunga majemuk, buah kotak. Bila dimakan cocor bebek rasanya agak asam dan dingin.

13. Dragon Tree

Nama ilmiah DRAGON TREE : Dracaena marginata

Ciri-ciri tanaman hias daun “DRAGON TREE” : Merupakan tanamn hias daun merah yang dapat tumbuh dengan baik sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Tanaman hias daun merah ini memiliki bentuk daun yang memanjang dan runcing diujungnya, mirip seperti pedang. Daunnya memiliki warna yang khas, yaitu kombinasi warna hijau dan warna merah di sepanjang tepi daunnya.

14. Gelombang Cinta

Nama ilmiah GELOMBANG CINTA : Anthurium Plowmanii

Ciri-ciri tanaman hias daun “GELOMBANG CINTA” : Ciri khas tanaman hias daun gelombang cinta adalah daunnya yang bergelombang disepanjang tepi daun. Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan bergelombang indah. Keindahan dan keunikan bentuk daunnya membuat tanaman hias ini sangat populer dikalangan pecinta tanaman hias.

15. Kastuba

Nama ilmiah KASTUBA : Euphorbia pulcherrima

Ciri-ciri tanaman hias daun “KASTUBA” : Tanaman perdu ini memiliki tinggi 60 cm hingga 4 meter. Daun berbentuk oval, berwarna hijau tua, dengan panjang sekitar 7–16 cm. Bunga yang disebut cyathia bergerombol di ujung batang tersusun dalam rangkaian dan tidak mempunyai daun mahkota, tetapi di bawahnya terdapat daun bagian atas (disebut braktea) yang berwarna merah tua, merah jambu, dan putih. Daun tanaman bagian atas yang berwarna menarik inilah yang sering disangka sebagai bunga.

Informasi tentang tanaman hias beserta nama latinnya

Sebenarnya masih banyak informasi tentang ciri tanaman hias dan nama latinnya, tapi untuk kali ini cukup sekian dulu. Demikian untuk sementara informasi tentang Kenali Ciri-ciri Tanaman Hias Beserta Nama Latinnya, semoga bermanfaat ya sob!

Pencarian Populer : Ficus elastica termasuk kedalam jenis tanaman hiasnama nama tanaman hiastanaman hias warna merah