Ini Dia Tugas Pokok Palang Merah Indonesia

tugas pokok palang merah indonesia

Ini Dia Tugas Pokok Palang Merah Indonesia – Halo, Sobat Wacaberita! Kamu tahu kan, setiap tanggal 3 September masyarakat Indonesia memperingati hari Palang Merah Indonesia. PMI merupakan salah satu organisasi di Indonesia yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan.

Ketua pertama dalam organisasi ini adalah bapak Drs. Mohammad Hatta yang saat itu menjabat pada tahun 1945-1946. Kira-kira apa aja ya, tugas organisasi yang bergerak di dalam bidang kesehatan ini? Yuk simak tugas-tugas pokoknya di bawah ini!

Penanganan Bencana

Dilansir dari linisehat.com, tugas pokok Palang Merah Indonesia (PMI) yang pertama adalah penanganan atau penanggulangan bencana. Penanganan bencana diberikan dengan memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban karena bencana alam. Penanganannya seperti mengevakuasi korban bencana, melakukan pertolongan pertama, mendirikan penampungan darurat dan dapur umum, dan menyediakan akses air bersih dan sanitasi.

Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat

Tujuan organisasi ini dalam melakukan tugas pelayanan sosial dan kesehatan masyarakat adalah untuk memperbaiki, mendukung, dan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Beberapa pelayanan yang diberikannya yaitu, pengendalian penyakit menular, seperti HIV, TBC, Flu burung, Malaria dan DBD. Menyediakan pelayanan sosial bagi lansia, anak jalanan dan memberikan pengetahuan dasar mengenai air bersih dan ilmu gizi.

Pembinaan PMR dan Relawan

Sobat Wacaberita pasti tahu salah satu ekstrakulikuler yang ada di setiap tingkat pendidikan dan berhubungan dengan kesehatan? Yap, PMR (Palang Merah Remaja). Nah, kamu tahu ngga, sih? Ternyata tugas pokok lain Palang Merah Indonesia atau PMI adalah meberikan pembinaan kepada PMR maupun relawan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terkait kegiatan yang dilakukan oleh PMI. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya PMI.

Baca Juga :  Biodata Tim Berners-Lee Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama

Pelayanan Transfusi Darah

Kamu suka donor darah ngga, Sobat Wacaberita? Apakah jenis golongan darah kamu A, B, AB, atau O? Nah, ternyata hal tersebut berkaitan dengan tugas pokok PMI yang keempat, loh yaitu penyelenggaraan pemberian layanan darah.

Pelayanan transfusi darah bertujuan untuk menjamin ketersediaan darah yang aman berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oh iya, FYI jika kamu ingin berpartisipasi sebagai pendonor darah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan seperti, kamu bukan penderita hepatitis, sedang hamil maupun menyusui, dan mengidap penyakit HIV/AIDS.

Penutup: Tugas Pokok Palang Merah Indonesia

Nah, sekarang kamu, sudah tahu kan ternyata PMI itu memiliki tugas pokok yang sangat mulia dan ternyata ngga cuma menyediakan pelayanan transfusi darah, aja loh! Tetapi juga memiliki tugas pokok yang lain dalam membantu masyarakat. Yuk, lebih kenal dengan PMI! Semoga artikel ini bermanfaat ya Sob!

You May Also Like

About the Author: Afid Setyadi