adenium bonggol emas
adenium bonggol emas

Adenium Bonggol Emas, Unik dan Bernilai Jual Tinggi

Uniknya Adenium Bonggol Emas – Sobat Waca Berita, adenium atau kamboja jepang merupakan salah satu tanaman yang sering dibuat bonsai.

Kamboja Jepang atau adenium (Adenium obesum) adalah spesies tanaman hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya dapat membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang ada yang lonjong, runcing, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-macam.

Golden Roots Adenium apakah merupakan penyakit?

Pada bonsai adenium terjadi fenomena bonggol emas karena adanya kelainan genetik pada tanaman ini. Hal ini terjadi secara alami tanpa rekayasa, dan bisa bersifat permanen tergantung tempat terjadinya mutasi.

Akar berwarna emas tersebut bukanlah semacam penyakit, ya Sob. Justru dengan kelainan genetik yang menjadikan bonggol akar berwarna emas, penampilan adenium menjadi unik dan menarik. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Kelainan genetik atau mutasi juga bisa terjadi pada seluruh bagian adenium, baik batang, daun, bunga, maupun bonggol atau akar.

Ciri-ciri Adenium Bonggol Emas

Ciri-ciri umum adenium berakar emas terutama pada warnanya yaitu kuning terang atau keemasan pada seluruh atau sebagian bonggol tanaman ini.

Ciri lainnya adalah terdapat garis seperti cincin pembatas pada akar, jadi warna emas dan warna akar yang normal hijau ada batasnya. Misal bagian bawah berwarna kuning terang atau keemasan, sedangkan bagian atas berwarna hijau.

Warna kuning keemasan tersebut ada di setiap bagian ya Sob, jadi merata di seluruh bagian bonggol atau akar.

baca juga : bonsai anting putri

Nah yang perlu diwaspadai adalah jika ada kamboja berbonggol emas namun terdapat sedikit warna berbeda pada bagian akarnya, bisa jadi warna kuning tersebut karena sun burn atau akar yang terbakar, bukan karena kelainan genetik, jadi kamu harus jeli ya, Sob!

Baca Juga :  Mengenal Radio Republik Indonesia atau RRI

Ciri ketiga, akar emas pada adenium jika diberi sinar atau cahaya akan terlihat tembus.

Mengapa harganya mahal?

Oya sob, untuk akar emas pada adenium ini tidak bisa dipastikan bisa menurun pada anakannya ya, karena belum ada penelitian khusus mengenai hal tersebut.

Namun ada yang beranggapan bahwa terjadinya adenium berakar emas adalah satu dibanding satu juta ( 1 : 1.000.000 ), artinya jika kamu mencoba menanam 1 juta bibit adenium, maka kemungkinan terjadi golden roots hanya satu.

Inilah yang menjadikan akar emas karena kelainan genetik ini memiliki harga yang normal, bahkan bisa berkali-kali lipat daripada adenium yang tumbuh dengan normal.

Selain karena terjadi secara alami dan tidak bisa direkayasa, ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga adenium akar emas, antara lain semakin unik bentuk, ukuran dan penyebarannya akan semakin mahal.

Perawatan Adenium Bonggol Emas

Untuk merawat adenium golden roots mirip dengan perawatan kamboja jepang pada umumnya. Akan tetapi karena adenium ini memiliki akar hasil mutasi alami, jadi kamu harus menggunakan media tanam yang berkualitas ya Sob, selain itu kamu juga harus rutin melakukan penyiraman secukupnya.

Uniknya Adenium Bonggol Emas

Demikian artikel tentang uniknya adenium bonggol emas. Sekali lagi jika kamu berniat mencari adenium ini, kamu harus benar-benar teliti ya sob.

Semoga bermanfaat!