nanas merah
nanas merah

7 Manfaat Tanaman Hias Nanas Merah Bagi Kesehatan

7 Manfaat Tanaman Hias Nanas Merah Bagi Kesehatan – Halo Sobat pecinta buah! Seperti yang kita ketahui, nanas adalah salah satu jenis buah yang dikenal sebagai buah tropis dan banyak dikonsumsi masyarakat. Akan tetapi tahukah kamu ada nanas yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias karena warnanya yang menarik?

Varian nanas ini adalah jenis nanas merah. Selain sebagai tanaman buah, tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias. Jadi selain dinikmati keindahannya, kita tetap bisa merasakan kesegaran buah nanas.

Nah Sobat, buat kamu yang ingin memiliki tanaman ini, kamu perlu mengetahui beberapa hal. Nah kali ini Waca Berita akan mengulas tentang tanaman hias yang unik ini.

Mengenal Nanas Merah

Nanas merah memiliki nama ilmiah Ananas bracteatus. Tanaman ini dapat dikonsumsi layaknya nanas pada umumnya.

Nanas jenis ini merupakan tanaman hias yang banyak ditemukan di Argentina, Brazil dan Paraguay. Buahnya berbentuk seperti nanas namun kulitnya berwarna merah.

Ananas bracteatus memiliki bunga berduri berwarna violet pucat dengan bias merah dan merah muda. Bentuk daun tanaman berbentuk panjang, linier dan melengkung serta memiliki batang semu berbentuk roset setinggi 30-50 cm.

Sementara itu pangkal batang nanas berbentuk melebar dan menjadi pelapah berwarna hijau tua maupun semburat merah. Buah nanas memiliki daging berwarna putih kekuningan. Buah ini memiliki kandungan air dengan rasa yang manis, asam dan harum serta tidak berbiji.

Baca Juga :  Biodata Harijadi S. Hartowardoyo, Sastrawan Indonesia

Buah nanas merupakan buah yang menjadi primadona ya Sob. Hal ini dikarenakan belum ada rekayasa genetika yang dapat meningkatkan produktivitas buah ini. Jadi tanaman ini hanya tumbuh secara alami ya Sob. Di pasaran, ketersediaannya masih minim, jadi harganya juga cukup mahal ya Sob!

Manfaat Nanas Merah

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, buahnya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga nanas dipercaya memiliki segudang manfaat. Inilah 7 Manfaat Tanaman Hias Nanas Merah bagi kesehatan.

Mencegah flu batuk dan demam

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dapat berguna sebagai antioksidan untuk memerangi virus, termasuk virus penyebab flu dan batuk. Nanas juga mengandung bromealain yang dapat melancarkan dahak agar batuk cepat reda.

Menurunkan tekanan darah

Menurut para ahli kesehatan, mengonsumsi nanas dipercaya dapat menurunkan tekanan darah.

Membantu menurunkan berat badan

Berat badan ideal adalah idaman semua orang. Jika kamu berniat menurunkan berat badan, kamu dapat mengonsumsi buah ini karena memiliki serat yang alami yang tinggi.

Menguatkan tulang

Buah nanas mengandung mangan yang tinggi sehinggan dipercaya dapat menguatkan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Menyehatkan gusi

Kandungan vitamin C pada buah nanas ramah terhadap gusi dan dapat membantu merawat kesehatan gigi dan gusi. Selain itu buah nanas dapat membantu mengobati sariawan.

Melancarkan haid

Mengonsumsi nanas dipercaya dapat membantu melancarkan haid bagi wanita dengan jadwal haid yang terlambat. Namun perlu hati-hati bagi wanita hamil karena bisa menggugurkan kandungan meski belum dapat dijelaskan secara medis.

Seratnya dibuat pakaian

Konon di daerah Thailand dan Filipina, serat daun nanas dapat dijadikan bahan pakaian yang bagus. Keren ya sob!

Ciri-ciri Buah Nanas Merah yang Matang

Secara umum nanas yang matang akan memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa dilihat secara kasat mata. Antara lain warna kulit merah atau merah muda yang menyeluruh. Selain itu tekstur kulit lebih lunak dan mengkilap, dan tentu saja memiliki aroma yang manis.

Baca Juga :  Biodata Bakri Siregar, Sastrawan Indonesia

Peluang bisnis budidaya nanas merah

Bisnis pertanian tanaman hias yang cantik dan unik seperti tanaman ini memang menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Apalagi kebutuhan akan buah nanas merah yang mulai tinggi belum dibarengi dengan banyaknya komoditi di pasaran. Oleh karena sebab inilah buah ini memiliki harga yang lumayan tinggi dan memiliki peluang usaha yang lebar.

Penutup

Itulah 7 Manfaat Tanaman Hias Nanas Merah bagi kesehatan, semoga bermanfaat.