ayam poland kapas
ayam poland kapas

Mengenal Ayam Poland Kapas dan Cara Merawatnya

Mengenal Ayam Poland Kapas dan Cara Merawatnya – Sobat Waca Berita, memelihara hewan peliharaan berupa unggas seperti ayam merupakan hobi yang sudah dilakukan banyak orang.

Memelihara salah satu jenis unggas yaitu ayam ternyata juga memiliki banyak manfaat. Seperti yang sudah Sobat ketahui ya, ayam bisa menghasilkan telur dan daging yang memenuhi gizi harianmu.

Selain sebagai bahan makanan, ada jenis ayam yang memiliki keunggulan sebagai ayam kompetisi. Jenis ayam kompetisi ini yang digemari oleh masyarakat. Jadi selain dapat dikonsumsi, ayam ini juga memikat orang dengan tampilan yang menawan.

Ayam kompetisi ini bisa juga disebut dengan ayam hias. Nah kali ini Waca Berita akan memberi informasi salah satu varian ayam hias yaitu ayam poland kapas. Seperti apa sebenarnya, mari berkenalan dengan varian poland kapas dan cara merawatnya.

Ayam Hias Poland dan Ciri-cirinya

Sebelum membahas ayam poland kapas, kamu harus tahu dulu nih unggas hias lucu yang satu ini.

Ayam poland merupakan ayam impor ya Sob. Ayam Poland adalah ayam bulu jambul Eropa yang populer. Kepopulerannya disebabkan karena dia memiliki mahkota bulu yang cantik di bagian kepalanya. Menurut beberapa sumber, ayam hias poland berasal dari Belanda, namun tidak bisa dipastikan lokasi tepatnya.

Selain memiliki bentuk bulu yang unik layaknya bulu yang disisir, ayam ini juga dihiasi mahkota bulu yang menjuntai pada kepala sehingga menutupi mata dan dapat dikembangkan dengan beragam bentuk.

Tubuh ayam poland cenderung lebih kecil daripada ayam lokal pada umumnya. Berat ayam jantan berkisar 2,4kg ketika berumur 21 minggu, sedangkan betinanya 1,6kg pada usia yang sama.

Baca Juga :  Unduh Logo Tahun Toleransi Indonesia 2022 PNG

Bulu ayam poland termasuk lebar, dengan tekstur lembut dan tebal. Warna bulu cenderung abu-abu kecokelatan atau kehitaman. Ayam poland memiliki alat kelamin yang menonjol baik jantan maupun betinanya. Ayam poland terkenal takut dengan dunia luar.

Ketahanan tubuh Ayam Poland juga tidak termasuk baik. Jadi banyak peternak yang melakukan perkawinan silang antara ayam poland dengan ayam kampung karena daya tahan tubuhnya lebih bagus.

Peternak banyak mengawinkan poland dengan jenis lain seperti batik kanada, ayam walik dan ayam kapas. Sehingga terbentuk varian baru seperti jenis poland kanada, jenis poland walik, dan jenis poland kapas.

Ayam Poland Kapas, Persilangan Jenis Poland dan Jenis Kapas

Seperti tertulis di atas, ayam jenis poland kapas merupakan hasil persilangan antara jenis poland dan varian kapas.

Ayam kapas sendiri bisa dibilang ayam impor juga ya Sob, karena asal usulnya berasal dari daratan China yang disebut ayam Peking. Ayam yang juga disebut ayam silky ini dibawa dari Hongkong menuju beberapa negara termasuk Eropa dan Indonesia.

Ciri khas ayam kapas adalah wajahnya berwarna hitam dengan bulu putih halus mulai dari kepala hingga ujung pangkal kaki. Bulunya mengembang seperti kapas. Bagian jengger dan pial berbentuk layaknya mahkota yang tertumpuk besar dan lebar.

Ayam kapas selain dimanfaatkan sebagai ayam hias, juga bisa dijadikan penghasil telur yang tergolong tinggi.

Ciri khas lain ayam kapas adalah ukuran tubuhnya yang kecil, bulunya halus, dan cuping berwarna kebiruan. Sementara itu paruh dan kaki berwarna hitam, Sob!

Proses persilangan poland dengan varian kapas atau jenis lain membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni minimal dua hingga lima tahun.

Baca Juga :  Biodata Dorothy Hodgkin Penemu Struktur Biomolekuler Tiga Dimensi

Proses kawin silang dimulai ketika anakan ayam poland sudah memasuki masa produktif di usia enam bulan. Setelah siap, anakan ayam bisa dikawin silang dengan ayam jantan untuk menumbuhkan jambul dan berbulu.

Hasil persilangan berupa ayam jenis poland kapas memiliki sifat yang mirip dengan induknya yaitu bulu lebat dengan tekstur lembut, berwarna putih layaknya kapas berjalan. Dengan bentuk bulunya ini, ayam poland kapas sangat mempesona bahkan memiliki harga tawar yang sangat mahal.

Perawatan Ayam Poland Kapas

Menurut informasi yang beredar, perawatan Poland varian kapas seperti merawat ayam pada umumnya. Ayam jenis ini tidak membutuhkan vitamin khusus seperti pada ayam petelur. Jadi dibiarkan tumbuh berkembang secara natural.

Yang paling penting diperhatikan adalah jambul dan bulunya harus dijaga, karena jambul poland kapas merupakan aset berharga. Jangan sampai menutupi mata dan membuat ayam ini susah makan.

Jika jambul dan ekor jenis poland kapas makin cantik, harganya bisa tembus Rp 10 juta per ekor, mantep banget, kan, Sob?!

Penutup

Gimana Sob, tertarik untuk membudidayakan ayam ini? Demikian informasi tentang Mengenal Ayam Poland Kapas dan Cara Merawatnya dari Waca Berita. Semoga bermanfaat!