Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah (Post Test)
Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah (Post Test)

Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah

Table of Contents

Wacaberita.comJawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah – Halo rekan-rekan guru, kali ini kami akan membagikan materi seputar pemanfaatan platform merdeka mengajar pada fitur pelatihan mandiri. Dalam fitur ini, para guru dituntut untuk memahami serangkaian materi melalui topik dan modul di mana di dalamnya terdapat post test yang harus dikerjakan sebelum melakukan aksi nyata.

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 9 Modul 4 Praktik Refleksi

Materi yang akan kami bagikan adalah jawaban post test pada Topik 11 Semangat Guru 2: Kompetensi Nonteknis Kurikulum Merdeka Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah. Sebagai DISCLAIMER, jawaban yang kami bagikan merupakan paket lulus untuk setiap post test. Jadi, bukan berarti setiap jawaban adalah jawaban benar karena platform PMM tidak menunjukkan jawaban benar salah setelah mengerjakan post test, hanya menampilkan hasil post test yang berbunyi berhasil atau belum.

Jika menurut Sobat guru terdapat jawaban yang masih salah, kami sangat terbuka untuk menerima koreksi dari Sobat Guru semua. Anda tinggal memberikan koreksi melalui kolom komentar disertakan jawaban yang benar dan alasannya. Dengan demikian, jawaban yang benar dapat dilihat oleh pengunjung lain. Baik, langsung saja kita simak materinya bersama-sama di bawah ini.

Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah (Post Test)

Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah (Post Test)

1. Seorang guru sejarah sedang mengajar mengenai G30S PKI di kelasnya. Beliau mencoba untuk merancang pembelajaran dengan menayangkan sebuah film dokumenter yang diceritakan dari sisi para perwira militer. Kemudian, beliau juga menampilkan sebuah video wawancara dari anak-anak yang orangtuanya dibunuh karena dianggap sebagai pendukung PKI. Berikutnya, guru tersebut pun membuka diskusi agar para peserta didik dapat membahas pengalaman-pengalaman berbeda dari kedua sisi terhadap sebuah peristiwa yang sama.

Disiplin berpikir kritis yang sedang ingin dilatih oleh guru tersebut di dalam kelasnya adalah …

A. Pelan-pelan dan berefleksi

B. Terbuka terhadap sudut pandang lain

C. Antisipasi berbagai dampak

D. Bertanggung jawab terhadap keputusan

2. Saat sedang melakukan eksperimen di laboratorium biologi dan mencatat macam-macam organel sel, seorang peserta didik menyatakan kebingungannya terhadap perbedaan antara organel sel tumbuhan dengan organel sel hewan. Oleh karena itu, peserta didik tersebut pun memotret hasil observasi mikroskopnya agar bisa ia tanyakan secara langsung kepada gurunya.

Peserta didik tersebut sudah dapat menunjukkan penerapan pertanyaan refleksi …

A. Apa yang saya pelajari?

Baca Juga :  Latihan Pemahaman Topik 7 Modul 1 Apa dan Mengapa Profil Pelajar Pancasila

B. Apa yang saya sudah mengerti?

C. Apa yang saya belum mengerti?

D. Bagaimana supaya saya mengerti?

3. Seorang peserta didik datang ke guru BK di sekolahnya untuk melakukan konseling mengenai hambatan belajarnya dalam mata pelajaran kimia. Untuk membimbingnya lebih lanjut, guru BK tersebut mencoba untuk membuat beberapa pertanyaan agar peserta didik tersebut dapat mengenali stimulus apa saja yang membuat dirinya giat atau terhambat. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat ditanyakan pertama kali untuk menggali proses belajar dari peserta didik tersebut, kecuali …

A. Apakah kamu merasa lebih paham ketika teori-teori yang diajarkan dapat diuji langsung di laboratorium?

B. Apakah kamu belajar dengan baik jika memiliki teman untuk mendiskusikan materi pelajaran bersama?

C. Apakah kamu kuat dalam menghafal rumus-rumus kimia?

D. Bagaimana cara agar proses belajarmu lebih efektif?

4. Langkah problem-solving di mana kita mencoba untuk menuliskan sebanyak mungkin solusi yang mungkin bisa dipraktikkan dinamakan …

A. Menggagas alternatif solusi

B. Menimbang alternatif solusi

C. Mengimplementasi solusi

D. Mengevaluasi solusi

Demikian artikel Jawaban Topik 11 Modul 2 Berpikir Kritis dan Menyelesaikan Masalah yang dapat kami bagikan kepada Sobat Pewaca semua. Informasi yang kami bagikan bukan mutlak sebuah kebenaran, sehingga terbuka bagi kami untuk menerima koreksi, kritik serta saran dari Anda semua. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Sobat semua, terima kasih telah mengunjungi website ini.