Biodata Adolf Windaus Penemu Struktur Sterol

Biodata Adolf Windaus Penemu Struktur Sterol

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Adolf Windaus seorang penemu struktur sterol. Penasaran ingin tahu tentang penemu struktur sterol, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Adolf Windaus :

Lahir : 25 Desember 1876 Berlin, Kekaisaran Jerman
Meninggal : 9 Juni 1959 (umur 82) Göttingen, Jerman Barat
Kebangsaan : Jerman
Bidang : Kimia organik, biokimia
Penghargaan : Hadiah Nobel dalam Kimia (1928)
Adolf Otto Reinhold Windaus adalah seorang kimiawan asal Jerman yang memenangkan Nobel Kimia pada tahun 1928 untuk karyanya pada sterol dan hubungannya dengan vitamin. Windaus merupakan penasihat doktoral bagi Adolf Butenandt yang kelak menerima Hadiah Nobel Kimia pada tahun 1939.

Kehidupan awal

Adolf Windaus lahir di Berlin pada tanggal 25 Desember 1876. Minatnya dalam kimia tergugah oleh karena kuliah dari Hermann Emil Fischer. Windaus mulai belajar kedokteran dan kimia di Berlin dan lalu di Freiburg.

Windaus mendapatkan gelar doktor pada awal tahun 1900 dan berfokus pada kolesterol dan sterol lain di Universitas Albert Ludwig Freiburg.

Pada tahun 1913, Windaus menjadi profesor kimia di Universitas Innsbruck namun 2 tahun kemudian Windaus pindah ke Universitas Göttingen dan menetap di sana sampai pensiun pada tahun 1944.

Windaus terlibat dalam penemuan transformasi kolesterol melalui beberapa tahap ke vitamin D3 (kolekalsiferol). Windaus memberikan patennya ke Merck dan Bayer dan mereka mengeluarkan obat Vigantol pada tahun 1927.

Penemuan Struktur Kimia Kolesterol

Pada tahun 1905 ketika Adolf Windaus masih menjadi seorang mahasiswa tingkat doktoral di Institut Kimia Universitas Freiberg, Jerman, ia mencoba menentukan struktur kimia kolesterol.

Baca Juga :  Contoh Doa Malam Tasyakuran HUT RI ke 77 Tahun 2022

Bersama peneliti lainnya, pada tahun 1910, Adolf Windaus menyatakan bahwa jaringan jantung bisa rusak disebabkan aterosklerosis yang mengandung kolesterol tinggi dibandingkan dengan jaringan yang normal.

Riset yang luar biasa membuat Windaus di anugerahi hadiah Nobel pada tahun 1928. Meskipun kemudian diketahui bahwa penjelasan tentang struktur molekul kolesterol ternyata salah, panitia penganugerahan hadiah Nobel tidak mencabut hadiah itu dan Windaus tetap mencoba meneruskan penelitian untuk memperbaikinya.

Dua puluh tahun kemudian, para ilmuwan menemukan struktur kimia kolesterol yang benar.

Kematian

Adolf Otto Reinhold meninggal dunia di Göttingen, Jerman Barat, pada tanggal 9 Juni 1959 saat berusia 82 tahun.

Penutup

Itulah biodata Adolf Windaus seorang penemu struktur sterol. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Adolf_Windaus

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski