Agus R. Sarjono

Biodata Agus R. Sarjono, Sastrawan Indonesia

Biodata Agus R. Sarjono, Sastrawan Indonesia

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Agus R. Sarjono seorang Sastrawan Indonesia. Penasaran ingin tahu tentang biodata Agus R. Sarjono, simak penjelasannya berikut ini.

Agus R. Sarjono

Agus R. Sarjono adalah seorang sastrawan berasal dari Indonesia. Beliau dikenal sebagai penyair, novelis, dan penulis esais. Agus R. Sarjono telah mementas karya-karyanya di berbagai negara.

Sastrawan ini lahirlahir di Bandung, 27 Juli 1962. Agus R. Sarjono bersama istri dan dua anaknya kini tinggal di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Pada tahun 1988, Agus tamat dari Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS), IKIP Bandung, selanjutnya menyelesaikan program pasca sarjana di Jurusan Kajian Sastra, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Indonesia pada tahun 2002.

Agus adalah Ketua Bidang Program Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) periode antara tahun 2003 hingga 2006. Sebelumnya beliau adalah Ketua Komite Sastra DKJ periode tahun 1998 hingga 2001.

Sehari-harinya Agus bekerja sebagai pengajar pada Jurusan Teater Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI), Bandung, dan juga menjadi redaktur Majalah Sastra Horison.

Pada bulan Februari hingga Oktober 2001, Agus tinggal di Leiden, Belanda sebagai poet in residence atas undangan Poets of All Nations (PAN) serta peneliti tamu pada International Institute for Asian Studies (IIAS),Universitas Leiden.

Agus R. Sarjono juga pernah diundang sebagai penyair tamu di Heinrich Böll Haus, Langenbroich, Jerman sejak Desember 2002 – Maret 2003.

Selain menulis dan menerbitkan karyanya sendiri, Agus R. Sarjono bersama Berthold Damshäuser menjadi editor beberapa buku kumpulan puisi sastrawan besar Jerman seperti Rilke, Bertolt Brecht, Paul Celan, Johann Wolfgang von Goethe, dan Hans Magnus Enzensberger.

Baca Juga :  Biodata Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono

Pada waktu masih kuliah di IKIP Bandung, Agus terlibat aktif dalam kelompok diskusi Diskusi Lingkar yang mendiskusikan berbagai isu sosial, politik, budaya, dan ekonomi pada masa Orde Baru.

Pada tahun 1987 Agus terlibat dalam pendirian Unit Pers Mahasiswa IKIP Bandung sekaligus menjadi Ketua Umum hingga tahun 1989.

Karya

Puisi

1. Kenduri Air Mata (1994; 1996)
2. A Story from the Country of the Wind (1999, 2001)
3. Suatu Cerita dari Negeri Angin (2001; 2003)
4. Frische Knöckhen aus Banyuwangi (dalam bahasa Jerman, 2002)
5. Diterbangkan Kata-Kata (antologi puisi, 2006)
6. Kopi, Kretek, Cinta (2013)

Penutup

Itulah biodata Agus R. Sarjono seorang Sastrawan Indonesia. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org