Biodata Anders Celcius Penemu Derajat Celcius

Biodata Anders Celcius Penemu Derajat Celcius

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Anders Celcius seorang penemu derajat celcius. Penasaran ingin tahu tentang penemu derajat celcius, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Anders Celcius :

  • Lahir : 27 November 1701 Uppsala, Swedia
  • Meninggal : 25 April 1744 (umur 42)Uppsala, Swedia
  • Tempat tinggal : Swedia
  • Kebangsaan : Swedia
  • Bidang : Astronomi, Sains
  • Alma meter : Universitas Uppsala
  • Dikenal atas : penemu derajat celcius

 

Masa kecil Anders Celcius tidak banyak diketahui, Celcius lahir di Uppsala, Swedia, pada tanggal  27 November 1701 Dia dibesarkan dalam keluarga ilmuwan, Diapun telah  menunjukkan bakat yang  menonjol dalam bidang matematika sejak usia dini.

Ayahnya merupakan  seorang professor yang  bernama  Nils Celcius. Sementara itu  kakeknya adalah seorang professor astronomi yang  bernama Magnus Celsius. Keluarga besar Celcius adalah ilmuwan yang disegani. Ketika  usia 29 tahun, Dia  menjadi professor bidang astronomi di universitas Uppsala.

Pada tahun 1732, Celcius banyak melakukan kunjungan ke berbagai observatorium  yang ada di Eropa dan melakukan kerja sama dengan beberapa astronom terkemuka. Celcius melakukan penelitian dan observasi di bidang geografi, meteorologi, dan juga astronomi.

Pada tahun 1733, Celcius menerbitkan ratusan hasil observasi di Nurenberg, Jerman, termasuk hasil observasi aurora borealis, pengukuran geografis peta umum Swedia, dan penelitian lain di bidang astronomi dan  juga meteorologi.

Celcius kembali ke Uppsala pada tahun 1763 setelah mengikuti perjalanan bersama astronomi lain ke Tornes, Swedia. Tujuan dari perjalanan itu adalah mengukur besar deajat meridian atau bujur mendekati daerah kutup.

Hasil penelitian ini dibandingkan dengan penelitian serupa yang dilakukan di Peru yang letaknya berada dekat dengan garis ekuator. Perjalan tersebut membuktikan  bahwa teori Newton bentuk Bumi adalah elips dan rata pada kutubnya.

Baca Juga :  Biodata Francis Bacon, Bapak Empirisme

Celcius juga adalah salah satu orang yang awalnya menyatakan bahwa daratan di Negara – negara kawasan nordik secara perlahan naik di atas permukaan air laut, sebuah proses yang sudah  berlangsung sejak mencairnya es dari zaman es.

Untuk kebutuhan  observasi meteorologisnya, Celcius menciptakan sebuah thermometer dengan sekala yang mempunyai  titik beku 0 derajat dan titik didih 100 derajat. Pada awalnya thermometer itu disebut thermometer skala derajat sentigrade.

Selanjutnya  pada tahun 1984, The Ninth General Conference on Weights and Measures mengubah nama derajat sentigrade itu menjadi derajat celcius, sebagai bentuk penghargaan kepada Anders Celcius.

Celcius juga mengumumkan hasil penelitiaan serta  kerjanya di Perhimpuanan Ilmuwan Uppsala yang di dirikan pada tahun  1710. di dalam organisasi itu Celcius menjabat sebagai sekretaris sejak tahun 1725 hingga 1744. Celcius juga memimpin hampir 20 penelitiannya di bidang astronomi. Celcius menulis sebuah  buku yang  berjudul Artihmetics for the Swedish Youth pada  tahun 1741.

Anders Celcius meninggal dunia pada tanggal 25 April 1744 karena menderita TBC. Saat itu usianya 42 tahun. Jenazahnya di makamkan di dekat kakeknya di wilayah Gereja Gamala Uppsala di Swedia.

Penutup

Itulah biodata Anders Celcius seorang penemu derajat celcius. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : tokoh.co.id

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski