Biodata Josip Belušić Penemu Speedometer

Biodata Josip Belušić Penemu Speedometer

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Josip Belušić seorang penemu speedometer. Penasaran ingin tahu tentang penemu speedometer, simak penjelasannya berikut ini.

Speedometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan kendaraan darat, yang merupakan perlengkapan standar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan. Alat ini ditemukan oleh Josip Belušić, penemu asal Kroasia.

Speedometer berfungsi agar pengemudi mengetahui kecepatan kendaraan yang dijalankannya dan dijadikan informasi utama untuk mengendalikan kecepatan di jalan agar tidak terlalu lambat atau terlalu cepat, bisa mengatur waktu perjalanan dan mengendalikan kecepatan dijalan yang kecepatannya dibatasi.

Josip Belušić

Josip Belušić (12 Maret 1847 -8 Januari 1905) Adalah penemu asal Kroasia. Dia lahir di wilayah Labin di Istria, pada tanggal 12 Maret 1847 dan kemudian tinggal di pemukiman Županići. Belušić dididik di Pazin. Dia akhirnya menjadi profesor di Koper.

Pada tahun 1888 Josip Belušić menemukan dan merancang speedometer listrik pertama. Penemuan ini dipatenkan di Austria-Hongaria dengan nama “velocimeter.”

Belušić mempublikasikan penemuannya pada tahun 1889 Exposition Universell di Paris, dan lalu menamainya ‘Controllore Automatico per Vetture’. Pada tahun yang sama, Kotamadya Paris membuat tender di mana lebih dari 120 paten terdaftar untuk bersaing.

Desainnya dimenangkan sebagai yang paling tepat dan dapat diandalkan dan diterima pada bulan Juni 1890.

Cara kerja speedometer

Ada beberapa jenis sensor pengukuran kecepatan:

  • Mekanis, adalah perangkat pengukur kecepatan yang dihubungkan langsung dengan roda depan ataupun transmisi dengan menggunakan suatu kabel yang ikut berputar saat kendaraan bergerak, gerakan berputar ini kemudian diubah untuk menggerakkan jarak kecepatan.
  • Elektronic, adalah pengukur kecepatan yang bekerja atas dasar sensor yang ditempatkan di poros penggerak kendaraan yang medeteksi jumlah putaran poros untuk selanjutnya data dikirim ke speedometer dengan prinsip arus Eddy yang menggerakkan jarum kecepatan ataupun menunjukkan kecepatan secara digital.
  • GPS, adalah perangkat pengukur kecepatan yang menggunakan perubahan data posisi koordinat bumi yang diperoleh dari satelit GPS yang diolah oleh prosesor menjadi informasi kecepatan.
Baca Juga :  Merawat Rosetail Cupang Berekor Mawar

Kematian

Josip Belušić meninggal dunia pada tanggal 8 Januari 1905 pada umur 57 tahun.

Penutup

Itulah biodata Josip Belušić seorang penemu speedometer. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu