Biodata John Henry Poynting Penemu Efek Poynting di torsi

Biodata John Henry Poynting Penemu Efek Poynting di torsi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata John Henry Poynting seorang penemu efek poynting di torsi. Penasaran ingin tahu tentang penemu efek poynting di torsi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata John Henry Poynting :

 

  • Lahir : 9 September 1852 Monton, Lancashire, Inggris
  • Meninggal : 30 Maret 1914 (umur 61) Birmingham, Inggris
  • Kebangsaan : Inggris
  • Bidang : Fisikawan
  • Lembaga : Mason University, University of Birmingham
  • Almamater : University of Cambridge, University of Manchester
  • Dikenal untuk : Poynting vektor, Efek Poynting, Teorema Poynting, Efek Poynting-Robertson
  • Penghargaan : Adams Prize (1893), Hopkins Prize (1893), Royal Medal (1905)

 

John Henry Poynting adalah seorang fisikawan berkebangsaan Inggris. Dia adalah seorang profesor Ilmu fisika di Universitas Mason 1880-1900. Kemudian di University of Birmingham sampai kematiannya.

Poynting adalah anak bungsu dari Thomas Elford Poynting, seorang menteri Unitarian. Ketika kecil ia dididik di sebuah sekolah yang dioperasikan oleh ayahnya. Dari tahun 1867 hingga 1872 Poynting mengenyam pendidikan di Owen College, sekarang University of Manchester, guru fisikanya adalah Osborne Reynolds dan Balfour Stewart.

Dari tahun 1872 sampai 1876 Poynting menjadi mahasiswa di Cambridge University, di sana ia mencapai kehormatan tinggi dalam matematika setelah mengambil grinds dengan Edward Routh. Pada akhir tahun 1870 Poynting bekerja di Laboratorium Cavendish di Cambridge di bawah James Clerk Maxwell.

Poynting adalah pengembang dan eponim dari vektor Poynting , yang menggambarkan arah dan besarnya elektromagnetik aliran energi dan digunakan dalam teorema Poynting, pernyataan tentang konservasi energi untuk listrik dan magnet bidang.

Karya ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1884 Poynting melakukan pengukuran Newton gravitasi konstan dengan cara yang inovatif selama tahun 1893. Pada tahun 1903 Poynting adalah orang pertama yang menyadari bahwa Sun radiasi ‘s dapat menarik partikel kecil ke arah itu, ini kemudian bernama efek Poynting-Robertson.

Baca Juga :  Biodata Fritz Pfleumer Penemu Pita Perekam Suara

John Henry Poynting menemukan kopling torsi-perpanjangan elastisitas regangan terbatas, yang sekarang dikenal sebagai (positif) efek Poynting di torsi.

Poynting dan JJ Thomson adalah pemenang hadiah Nobel yang menulis buku fisika, yang dicetak selama 50 tahun dan yang pertama digunakan secara luas selama sepertiga abad ke-20.

Poynting tinggal di 11 St Augustine Road, Edgbaston dengan keluarganya selama beberapa tahun. Dia sebelumnya tinggal di 66 Beaufort Road, Edgbaston (dihancurkan).

John Henry Poynting meninggal karena koma diabetik saat berusia 61 tahun, di 10 Ampton Road, Edgbaston pada tahun 1914. 

Penutup

Itulah biodata John Henry Poynting seorang penemu efek poynting di torsi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia