Biodata Anders Gustaf Ekeberg Penemu Tantalum

Biodata Anders Gustaf Ekeberg Penemu Tantalum

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Anders Gustaf Ekeberg seorang penemu tantalum. Penasaran ingin tahu tentang penemu tantalum, simak penjelasannya berikut ini.

Tantalum adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Ta dan nomor atom 73. Sebelumnya dikenal sebagai tantalium, namanya berasal dari Tantalus, penjahat dari mitologi Yunani.

Tantalum adalah logam transisi langka, keras, biru-abu-abu, berkilau yang sangat tahan korosi. Ini adalah bagian dari kelompok logam tahan api , yang banyak digunakan sebagai komponen minor dalam paduan.

Ketahanan kimia tantalum menjadikannya zat berharga untuk peralatan laboratorium dan pengganti platinum. Penggunaan utamanya saat ini adalah pada kapasitor tantalum pada peralatan elektronik seperti ponsel, pemutar DVD, sistem video game dan komputer.

Tantalum, selalu bersama dengan niobium kimiawi serupa, terjadi pada mineral tantalite, columbite dan coltan (campuran columbite dan tantalite).

Anders Gustaf Ekeberg penemu Tantalum

Anders Gustaf Ekeberg ( Stockholm , Swedia , 16 Januari 1767 – Uppsala, Swedia, 11 Februari 1813) adalah seorang ahli kimia asal Swedia yang menemukan tantalum pada tahun 1802. Dia adalah seorang tuna rungu.

Ekeberg yang terdaftar di Universitas Uppsala tahun 1784, lulus pada tahun 1788, diangkat menjadi profesor kimia tahun 1794 dan eksperimen ( laborator ) 1799.

Pada tahun 1799, Ekeberg terpilih sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences . Carl Gustaf Ekeberg adalah pamannya.

Sejarah Penemuan Tantalum

Tantalum ditemukan di Swedia tahun 1802 oleh Anders Ekeberg. Setahun sebelumnya, Charles Hatchett telah menemukan unsur columbium (sekarang disebut Niobium).

Baca Juga :  Biodata Blaise Pascal Penemu Mesin Hitung

Pada tahun 1809, ahli kimia asal Inggris William Hyde Wollaston membandingkan oksida yang berasal dari kolumbium columbit, dengan kerapatan 5.918 g / cm3, dan tantalumantalit, dengan kerapatan 7.935 g / cm3, dan menyimpulkan bahwa keduanya Oksida, meskipun perbedaan densitas terukurnya sama.

Dia memutuskan untuk menyimpan nama tantalum. Setelah Friedrich Wöhler mengkonfirmasi hasil ini, diperkirakan bahwa kolumbium dan tantalum adalah unsur yang sama.

Kesimpulan ini diperdebatkan pada tahun 1846 oleh ahli kimia Jerman Heinrich Rose, yang berpendapat bahwa ada dua elemen tambahan dalam sampel tantalite, dan dia menamai mereka setelah anak-anak Tantalus : niobium (dari Niobe , dewi air mata), dan pelopium ( Dari Pelops ).

Elemen yang seharusnya “pelopium” kemudian diidentifikasi sebagai campuran tantalum dan niobium, dan ditemukan bahwa niobium identik dengan kolumbium yang telah ditemukan pada tahun 1801 oleh Hatchett.

Perbedaan antara tantalum dan niobium ditunjukkan secara tegas pada tahun 1864 oleh Christian Wilhelm Blomstrand, dan Henri Etienne Sainte-Claire Deville, dan juga oleh Louis J. Troost , yang menentukan formula empiris beberapa senyawa mereka pada tahun 1865.

Konfirmasi lebih lanjut datang dari ahli kimia Swiss Jean Charles Galissard de Marignac, pada tahun 1866, yang membuktikan bahwa hanya ada dua unsur. Penemuan ini tidak menghentikan ilmuwan menerbitkan artikel tentang apa yang disebut ilmenium sampai tahun 1871.

De Marignac adalah orang pertama yang menghasilkan bentuk metalik tantalum pada tahun 1864, saat ia mengurangi tantalum klorida dengan memanaskannya dalam atmosfir hidrogen.

Penyelidik awal baru saja mampu menghasilkan tantalum yang tidak murni, dan logam ulet yang relatif murni pertama diproduksi oleh Werner von Bolton di Charlottenburg pada tahun 1903. Kabel yang dibuat dengan tantalum metalik digunakan untuk filamen bola lampu sampai tungsten menggantikannya dalam penggunaan yang luas.

Baca Juga :  Biodata Antonio Meucci Penemu Telepon (Versi Baru 2002)

Selama beberapa dekade, teknologi komersial untuk memisahkan tantalum dari niobium melibatkan kristalisasi fraksional kalium heptafluorotantalate dari potassium oxypentafluoroniobate monohydrate, sebuah proses yang ditemukan oleh Jean Charles Galissard de Marignac pada tahun 1866. Metode ini telah digantikan oleh ekstraksi pelarut dari fluoride yang mengandung Solusi tantalum.

Penutup

Itulah biodata Anders Gustaf Ekeberg seorang penemu tantalum. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu