Biodata Norman Haworth, Mensintesis Vitamin C Untuk Pertama Kalinya

Biodata Norman Haworth, Mensintesis Vitamin C Untuk Pertama Kalinya

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Norman Haworth seorang yang mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya. Penasaran ingin tahu tentang seorang yang mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Norman Haworth :

  • Lahir : 19 March 1883 Chorley, Lancashire, Inggris
  • Meninggal : 19 Maret 1950 Barnt Green, Worcestershire, Inggris
  • Kebangsaan : Inggris
  • Bidang : Kimia organik
  • Dikenal karena : investigasi pada karbohidrat dan vitamin C
  • Penghargaan : Davy Medal (1934), Hadiah Nobel untuk Kimia (1937), Royal Medal (1942)

 

Sir Norman Haworth adalah kimiawan Britania Raya (British) yang dikenal karena karya inovatifnya pada asam askorbat ( vitamin C ) saat bekerja di University of Birmingham. Haworth menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia tahun 1937  “untuk pemeriksaannya pada karbohidrat dan vitamin C “.

Haworth bekerja di luar struktur yang benar dari sejumlah gula, dan dikenal di kalangan ahli kimia organik untuk pengembangan dari proyeksi Haworth yang menerjemahkan struktur gula tiga dimensi ke dalam bentuk grafik yang mudah dua dimensi.

Pada tahun 1912 Haworth menjadi dosen di United College of St. Andrews University di Skotlandia dan tertarik dalam kimia karbohidrat, yang diselidiki di Universitas St. Andrews oleh Thomas Purdie (1843-1916) dan James Irvine (1877-1952).

Haworth memulai karyanya pada gula sederhana pada tahun 1915 dan mengembangkan cara baru untuk membuat metil eter gula menggunakan metil sulfat dan alkali. Kemudian Haworth mulai belajar pada ciri struktur disakarida.

Baca Juga :  Biodata Arief Budiman, Aktivis Demonstran Angkatan 1966

Haworth mengatur laboratorium di St Andrews University untuk produksi bahan kimia dan obat-obatan selama PD I (1914-1918). Haworth diangkat sebagai profesor kimi organik di University of Durham pada tahun 1920. Tiga tahun kemudian, Haworth menjadi Profesor Mason dalam Kimia di University of Birmingham.

Pada tahun 1934, Haworth bekerja dengan kimiawan Inggris Sir Edmund Hirst, ia dapat mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya. Proyeksi Haworth, cara singkat menggambarkan struktur kimia dalam 3 dimensi dinamai menurut namanya. Haworth diberi gelar kebangsawanan pada tahun 1948.

Pendidikan dan Karir

Haworth mengenyam pendidikan dan berhasil lulus ujian masuk ke Universitas Manchester pada tahun 1903 untuk belajar kimia. Haworth memperoleh gelar kehormatan di tahun 1906.

Setelah memperoleh  gelar masternya di bawah  bimbingn William Henry Perkin, Jr. ,Haworth dianugerahi Research Fellowship dari Royal Commission untuk Pameran tahun 1851 dan belajar di University of Göttingen mendapatkan PhD-nya, gelar di Otto Wallach laboratorium ‘s setelah hanya satu tahun studi.

Sebuah gelar D.Sc. dari University of Manchester diikuti pada tahun 1911, setelah itu Haworth menjabat waktu singkat di Imperial College of Science dan Teknologi sebagai Demonstran Senior di Kimia.

Pada tahun 1912 Haworth menjadi dosen di United College of University of St Andrews di Skotlandia dan menjadi tertarik pada kimia karbohidrat, yang sedang diselidiki di St Andrews oleh Thomas Purdie (1843-1916) dan James Irvine (1877-1952).

Haworth mulai karyanya pada gula sederhana pada tahun 1915 dan mengembangkan metode baru untuk pembuatan metil eter gula menggunakan metil sulfat dan alkali (sekarang disebut Haworth metilasi ).

Haworth lalu mulai studi pada fitur struktural dari disakarida. Haworth diselenggarakan laboratorium di Universitas St Andrews untuk produksi bahan kimia dan obat-obatan untuk pemerintah Inggris selama Perang Dunia I (1914-1918).

Baca Juga :  Biodata Reid Hoffman Penemu dan Pendiri Linkedin

Haworth diangkat Profesor Kimia Organik di Armstrong College ( Newcastle upon Tyne ) dari Durham University pada tahun 1920. Tahun berikutnya Haworth diangkat Kepala Departemen Kimia di kampus. Ketika di North East of England Haworth menikah dengan Violet Chilton Dobbie.

Pada tahun 1925 Haworth diangkat menjadi Profesor Kimia di University of Birmingham (posisi yang dipegangnya sampai tahun 1948). Pada tahun 1933, bekerja sama dengan Asisten Direktur Riset Edmund Hirst dan tim yang dipimpin oleh mahasiswa pasca-doktoral Maurice Stacey (yang pada tahun 1956 naik menjadi sama Mason Ketua), setelah menyimpulkan struktur yang benar dan optik-isomer sifat vitamin C, Haworth melaporkan synthesisis vitamin.

Haworth telah memberikan sampel referensi awal tentang ” vitamin C larut dalam air” atau “acid hexuronic” (nama sebelumnya untuk senyawa seperti diekstraksi dari produk alami) oleh ahli fisiologi Hungaria Albert Szent-György, yang codiscovered sifat vitamin bersama dengan Charles Glen Raja, dan baru-baru ini menemukan bahwa itu bisa diambil dalam jumlah besar dari paprika Hungaria.

Untuk menghormati sifat antiscorbutic kompleks tersebut, Haworth dan Szent-Gyorgyi sekarang mengusulkan nama baru “a-scorbic acid” untuk molekul, dengan asam L-askorbat sebagai nama kimia formal.

Kematian 

Sir Walter Norman Haworth meninggal pada tanggal 19 Maret 1950 di Barnt Green, Worcestershire, Inggris.

Penutup

Itulah biodata Norman Haworth seorang yang mensintesis vitamin C untuk pertama kalinya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : en.wikipedia.org & Blog Penemu