Biodata Christiaan Huygens Penemu Jam Pendulum Dan Titan (Satelit)

Biodata Christiaan Huygens Penemu Jam Pendulum Dan Titan (Satelit)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Christiaan Huygens seorang penemu jam pendulum dan titan (satelit). Penasaran ingin tahu tentang penemu jam pendulum dan titan (satelit). simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Christiaan Huygens :

  • Lahir : 14 April 1629, Den Haag, Belanda
  • Meninggal : 8 Juli 1695, Den Haag, Belanda
  • Tempat tinggal Belanda, Perancis
  • Kebangsaan : Belanda
  • Saudara kandung : Constantijn Huygens, Jr., Lodewijk Huygens, Suzanna Huygens, Philips Huygens
  • Orang tua Suzanna van Baerle, Constantijn Huygens
  • Bidang : Fisika, Matematika, Astronomi, Horologi
  • Institusi Royal Society of , French Academy of Sciences
  • Alma mater : Universitas Leiden, College of Orange

 

Christiaan Huygens (14 April 1629-8 Juli 1695),adalah seorang ilmuwan dari Belanda, dan salah satu tokoh besar revolusi ilmiah. Penemuannya yang paling terkenal adalah jam pendulum, Huygens dikenal karena berbagai penemuan di bidang fisika, matematika, astronomi, dan horologi.

Selain menciptakan perangkat penunjuk waktu yang berpengaruh, Huygens menemukan bentuk cincin Saturnus, Titan bulan, teori gelombang cahaya, dan rumus gaya sentripetal. 

Awal kehidupan

Christiaan Huygens lahir pada 14 April 1629, di Den Haag, Belanda, dari pasangan Constantijn Huygens dan Suzanna van Baerle. Ayahnya adalah seorang diplomat, penyair, dan musisi kaya. 

Ayahnya mendidik Christiaan di rumah sampai dia berumur 16 tahun. Pendidikan liberal Christiaan mencakup matematika, geografi, logika, dan bahasa, serta musik, berkuda, anggar, dan menari.

Pada tahun 1645 Christiaan masuk di Universitas Leiden untuk belajar hukum dan matematika. Pada 1647, dia masuk Orange College di Breda, di mana ayahnya bekerja sebagai kurator.

Baca Juga :  Biodata David Hume, Tokoh Filsuf Modern

Setelah menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1649, Christiaan memulai berkarir sebagai diplomat dengan Henry, Adipati Nassau. Pada tahun 1654, Huygens kembali ke Den Haag untuk mengejar kehidupan ilmiah.

Kemudian Christiaan pindah ke Paris pada tahun 1666, di mana dia menjadi pendiri Akademi Ilmu Pengetahuan Prancis. Selama berada di Paris, dia bertemu dengan filsuf dan matematikawan Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz dan menerbitkan “Horologium Oscillatorium.” 

Penemuan jam pendulum

Pada tahun 1656, Christiaan Huygens menemukan jam pendulum berdasarkan penelitian Galileo sebelumnya tentang pendulum. Jam itu menjadi penunjuk waktu paling akurat di dunia dan tetap seperti itu selama 275 tahun selanjutnya.

Meskipun begitu, ada masalah dengan penemuannya ini. Huygens telah menemukan jam pendulum untuk digunakan sebagai kronometer laut, tetapi gerakan goyang kapal menghentikan pendulum berfungsi dengan baik.

Oleh sebab itu, jam pendulum buatan Huygens tidak populer. Meskipun Huygens berhasil mengajukan paten atas penemuannya di Den Haag, dia tidak diberikan hak di Prancis atau Inggris.

Huygens juga menemukan jam tangan pegas keseimbangan, dan mematenkan jam saku pada tahun 1675.

Penemuan Titan (satelit)

Pada tahun 1654, Christiaan Huygens beralih dari matematika ke optik. Berkarir bersama saudaranya, Huygens menemukan metode yang lebih baik untuk menggiling dan memoles lensa.

Christiaan Huygens menggambarkan hukum refraksi, yang dia pergunakan untuk menghitung jarak fokus lensa dan membuat lensa dan teleskop yang lebih baik.

Pada tahun 1655, Huygens mengarahkan teleskop yang dirancangnya sendiri ke Saturnus. Apa yang tadinya tampak seperti tonjolan samar di sisi planet (seperti yang terlihat melalui teleskop inferior) ternyata adalah cincin. Huygens juga dapat melihat bahwa planet tersebut mempunyai bulan besar, yang diberi nama Titan.

Baca Juga :  Biodata Stephanie Kwolek Penemu Kevlar

Pada tahun 1681, Christiaan Huygens kembali ke Den Haag, Belanda, di mana dia kemudian meninggal pada tanggal 8 Juli 1695 saat berusia 66 tahun.

Penutup

Itulah biodata Christiaan Huygens seorang penemu jam pendulum dan titan (satelit), semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Charles Goodyear Penemu Ban Karet

sumber : biografipenemu