Manfaat Daun Dadap, Sumber Antioksidan dan Anti Kanker

Manfaat Daun Dadap, Sumber Antioksidan dan Anti Kanker – Sobat Waca Berita, daun dadap yang memiliki nama ilmiah Erythrina Variegata sering kali di manfaatkan masyarakat khususnya di Indonesia sebagai tanaman pembatas dan biasanya ditanam di depan atau samping pekarangan rumah.

Manfaat lain daun dadap untuk manusia adalah untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan.

Di Indonesia, daun dadap memiliki banyak nama berbeda pada setiap daerah, seperti galala itam, deris, dalungdung, dada ayam, dadap laut dan masih ada banyak julukan untuk tanaman yang satu ini.

Kali ini Waca Berita akan menyajikan pembahasan tentang manfaat daun dadap sebagai sumber antioksidan dan anti kanker.

Sumber Antioksidan

Seperti yang kita ketahui, bahwa radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit mematikan yakni kanker, tekanan oksidatif yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan produksi radikal bebas dalam tubuh meningkat.

Hal tersebut berkibat dibutuhkannya tambahan antioksidan yang cukup untuk menanggulangi tekanan oksidatif yang tinggi sehingga dampak dari kerusakan sel sebagai akibat dari reaksi radikal bebas dapat diturunkan. Senyawa flaonoid dapat berperan sebagai antioksidan.

Flavonoid adalah golongan polifenol terbesar dan sangat efektif digunakan sebagai antioksidan. Potensi flavonoid sebagai antioksidan dikarenakan adanya gugus hidroksil yang dimiliki flavonoid akan terikat pada cincin aromatik yang menyebabkan adanya penangkapan radikal bebas dari reaksi pengoksidasi lemak.

Dalam daun dadap terdapat senyawa flavonoid, itulah mengapa ada manfaat daun dadap sebagai antioksidan, seperti yang telah dibuktikan oleh penelitian Chotimah 2019, Total kadar flavonoid ekstrak etanol daun dadap sebanhak 70%.

Baca Juga :  Biodata Joseph W. Kennedy Penemu Plutonium

Mengatasi Asam Urat

Asam urat sendiri adarah hasil pembuangan dari pemecahan purin yang terkandung dalam DNA dari sel sel tubuh yang rusak dan diet protein, asam urat larut dalam air dan dikeluarkan oleh ginjal. Jika produksi berlebih serta kurangnya penegeluaran asam urat maka akan menyebabkan hiperurisemia.

Selain itu asam urat disebabkan oleh enzim xantin oksidae yang berperan mengkatalisi oksidasi hipoxantin dan menjadi asam urat, dalam daun dadap terkandung senyawa yang mampu menghambat encim xantin oksidae, maka dari itulah mengapa ada manfaat daun dadap untuk asam urat.

Manfaat Daun Dadap Anti Kanker Payudara

Kanker adalah penyakit yang menempati peringkat kedua sebagai penyebab kematian. Penderita kanker di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat dan kanker payudara merupakan hal yang menakutkan bagi wanita.

Manfaat daun dadap karena memiliki senyawa anti kanker, dapat berperan untuk mencegah kanker payudara, karena seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwa dalam daun dadap serep terkandung senyawa ntioksidan yang berperan sebagai antikanker.

Menurut penelitian Herlina dkk 2012, dalam daun dadap terkandung senyawa isoflavonoid dan steroid yang menunjukan aktivitas antikanker terhadap sel kanker payudara T47D secara in vitro.

Manfaat Daun Dadap, Sumber Antioksidan dan Anti Kanker

Demikian pembahasan tentang Manfaat Dadap, Sumber Antioksidan dan Anti Kanker, semoga bermanfaat!