Biodata Coenraad Johannes van Houten Penemu Lemak Kakao, Susu Cokelat, dan Cokelat Padat

Biodata Coenraad Johannes van Houten Penemu Lemak Kakao, Susu Cokelat, dan Cokelat Padat

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Coenraad Johannes van Houten seorang penemu lemak kakao, susu cokelat, dan cokelat padat. Penasaran ingin tahu tentang penemu lemak kakao, susu cokelat, dan cokelat padat, simak penjelasannya berikut ini.

Coenraad Johannes van Houten adalah seorang pembuat cokelat asal Belanda. Pada tahun 1828 ia mematenkan metode murah menekan lemak dari biji kakao. Dia terkenal dengan nama produk Van Houten. Ia sering dikreditkan dengan penemuan Lemak Kakao, Susu Cokelat, dan Cokelat Padat.

Bigrafi

Coenraad Johannes van Houten lahir di Belanda pada tahun 1801. Houten adalah anak dari pasangan Casparus van Houten dan Arnoldina Koster. Ayahnya membuka pabrik cokelat di Amsterdam pada tahun 1815.

Pada waktu itu, biji kakao yang digiling menjadi massa halus, yang kemudian dicampur dengan susu untuk membuat minuman cokelat atau, dengan penambahan gula, kayu manis , dan vanilla untuk dibuat menjadi kue.

Cocoa

Pada tahun 1828 Casparus van Houten Sr. (dan bukan anaknya, yang biasanya dikreditkan) mematenkan metode murah untuk menekan lemak dari biji kakao panggang. Pusat kacang, yang dikenal sebagai “pena,” rata-rata mengandung 54 persen cocoa butter, yang merupakan lemak alami.

Mesin van Houten sebuah hydraulic press  mengurangi konten cocoa butter oleh hampir setengah. Ini menciptakan sebuah “kue” yang bisa ditumbuk menjadi bubuk kakao, yang menjadi dasar dari semua produk coklat.

Pengenalan coklat bubuk tidak hanya mempermudah pembuatan minuman cokelat, tetapi juga memungkinkan untuk menggabungkan cokelat dengan gula dan kemudian remix dengan cocoa butter untuk membuat padat, yang sangat mirip chocolate yang biasa dimakan pada saat kini.

Baca Juga :  Biodata Joseph Plateau Penemu Ilusi Gambar Bergerak

Pada tahun 1838 paten berakhir, memungkinkan orang lain untuk menghasilkan bubuk kakao dan membangun kesuksesan Van Houten ini, bereksperimen untuk membuat produk cokelat baru. Pada tahun 1847 seorang pembuat cokelat Inggris, JS Fry & Sons bisa dibilang sebagai pembuat cokelat pertama.

Lalu berkembang di Swiss, di mana Daniel Peter memperkenalkan susu cokelat pada tahun 1875 dan Rodolphe Lindt membuat cokelat lebih blendable oleh proses conching pada tahun 1879.

Coenraad Van Houten memperkenalkan perubahan lebih lanjut dengan memperlakukan bubuk dengan garam alkali (kalium atau natrium karbonat) sehingga bubuk dapat lebih mudah bercampur dengan air. Sekarang ini, proses ini dikenal sebagai “Dutching”. Produk akhir cokelat Belanda mempunyai warna gelap dan rasa ringan.

Karir

Pada tahun 1835 Coenraad van Houten menikah dengan Hermina van Houten dari Groningen. Pada tahun 1850 Coenraad pindah produksinya dari kincir angin di Leiden untuk pabrik uap di Weesp. Pada saat itu Coenraad mengekspor coklat ke Inggris, Prancis, dan Jerman.

Pada tahun 1866 John Cadbury bepergian ke Weesp untuk membeli pers Van Houten, tetapi tidak menggunakannya dalam pembuatan sampai tahun 1875. Anak Coenraad, Casparus menggunakan sejak tahun 1865, memiliki hadiah untuk pemasaran dan memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan perusahaan.

Iklan untuk Van Houten dapat ditemukan pada trem di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Pada awal tahun 1899 Van Houten memproduksi sebuah film komersial yang menggambarkan seorang pegawai mengantuk yang pulih secara ajaib setelah makan cokelat.

Casparus Jr. membangun 99 kamar Jugendstil vila di Weesp, oleh seorang arsitek terkenal A. Salm. Pekerjaan dimulai pada tahun 1897 tetapi tidak selesai sampai tahun 1901, tahun ia meninggal. Perusahaan Van Houten dijual pada tahun 1962 untuk WR Grace , dan pabrik-pabrik di Weesp ditutup pada tahun 1971.

Baca Juga :  Biodata Thomas Davenport Penemu Motor Listrik Pertama Kali

Nama merek Van Houten, masih digunakan, telah ditransfer beberapa kali sejak, tahun 1990 dari produsen cokelat Jerman Jacobs Suchard ke Philip Morris. Merek saat ini bagian dari Stollwerck perusahaan manufaktur cokelat, yang dimiliki oleh Baronie Group, sebuah perusahaan Belgia.

Penutup

Itulah biodata Coenraad Johannes van Houten seorang penemu lemak kakao, susu cokelat, dan cokelat padat. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Coenraad_Johannes_van_Houten & Blog Penemu