Biodata Dennis Gabor Penemu Holografi

Biodata Dennis Gabor Penemu Holografi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Dennis Gabor seorang penemu holografi. Penasaran ingin tahu tentang penemu holografi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Dennis Gabor :

  •  Lahir : 5 Juni 1900 Budapest , Kerajaan Hongaria
  • Meninggal9 Februari 1979 (umur 78) London, Inggris
  • KewarganegaraanHungaria / Inggris
  • FieldsTeknik listrik Fisika
  • LembagaImperial College London, British Thomson-Houston
  • Alma materTechnical University of Berlin, Technical University of Budapes
  • Dikenal sebagai : holografi,  filter Gabor, batas Gabor, Gabor transformasi, atom Gabor, Gabor wavelet
  • Penghargaan terkemukaFRS (1956), Medal muda dan Prize (1967), Rumford Medal (1968), IEEE Medal of Honor (1970)
  • Penghargaan Nobeldalam Fisika (1971)
  • Pasangan : Marjorie Louise Butler (m 1936;. Kematiannya 1971)

 

Dennis Gabor (5 Juni 1900 – 9 Februari 1979) adalah seorang Hungarian -British  insinyur listrik dan fisikawan, dan penemu holografi , kemudian dia menerima 1.971 Nobel dalam Fisika.

Dennis Gabor lahir sebagai Günszberg Denes, dalam sebuah keluarga Yahudi di Budapest , Hongaria. Pada tahun 1918, keluarganya dikonversi ke Lutheranisme. Ayahnya bernama Günszberg Bernát dan ibunya bernama Jakobovits Adel.

Pada tahun 1902, keluarga mendapat izin untuk mengubah nama mereka dari Günszberg ke Gabor. Dia menjabat dengan artileri Hungaria di Italia utara selama Perang Dunia I . Dia belajar di Technical University of Budapest dari tahun 1918, kemudian di Jerman, di Universitas Charlottenburg Teknik di Berlin , sekarang dikenal sebagai Technical University of Berlin.

Pada awal karirnya, Dennis menganalisis sifat-sifat tegangan tinggi jalur transmisi listrik dengan menggunakan oscillograph katoda-beam, yang menyebabkan minatnya dalam elektron optik. Mempelajari proses fundamental dari osilograf , Gabor telah menyebabkan perangkat elektron-beam lain seperti mikroskop elektron dan tabung TV.

Baca Juga :  Harga Emas Hari Ini Jumat 21 Oktober 2022

Dennis akhirnya menulis tesis PhD-nya di Pencatatan Peralihan dalam Sirkuit Listrik dengan Cathode Ray osilograf pada tahun 1927, dan bekerja pada lampu plasma .

Pada tahun 1933, Gabor melarikan diri dari Nazi Jerman , di mana dia dianggap Yahudi dan diundang oleh Inggris untuk bekerja di departemen pengembangan Thomson-Houston British perusahaan di Rugby, Warwickshire.

Pada saat di Rugby, Dennis bertemu Marjorie Louise Butler, dan mereka menikah pada tahun 1936. Dennis menjadi warga negara Inggris pada tahun 1946.

Pada tahun 1947, saat bekerja di sana dia menemukan holografi, prestasi yang membuatnya memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1971. Holografi ialah ilmu yang memproduksi hologram, bentuk lanjutan fotografi yang memungkinkan gambar direkam dalam 3 dimensi.

Tetapi holografi tidak tersedia secara komersil sampai pengenalan “laser” pada tahun 1960. Gabor juga meneliti bagaimana manusia berkomunikasi dan mendengar, hasil penemuannya ialah teori sintesis granular, meski komponis Yunani Iannis Xenakis menyatakan, bahwa sebenarnya ialah penemu pertama teknik sintetis (Xenakis, Formalized Music, prakata xiii).

Pekerjaan dia yang dilakukan pada akhir tahun 1940an, didasari oleh pekerjaan sebelumnya di bidang mikroskopi sinar X oleh ilmuwan lain, seperti Mieczysław Wolfke pada tahun 1920 dan William Lawrence Bragg pada tahun 1939.

Penemuan ini merupakan hasil yang tidak terduga dari riset yang dilakukan dalam mengembangkan mikroskop elektron di perusahaan British Thomson-Houston (BTH) di Kota Rugby, Inggris, dan perusahaan itu mengajukan paten pada Desember 1947.

Teknik ini sampai sekarang masih digunakan dalam penggunaan mikroskop elektron, dimana teknik ini dikenal dengan istilah holografi elektron, tetapi holografi optikal tidak berkembang banyak hingga penemuan laser pada tahun 1960.

Pada tahun 1948, Gabor pindah dari Rugby ke Imperial College London dan pada tahun 1958, menjadi profesor Fisika Terapan sampai pensiunnya pada tahun 1967.

Baca Juga :  Biodata Ma Huateng Penemu WeChat

Selain dianugerahi Penghargaan Nobel, Gabor menjadi Anggota Royal Society London pada tahun 1956, dan Anggota Kehormatan Akademi Ilmiah Hongaria pada tahun 1964.

Dennis Gabor meninggal di sebuah panti jompo di South Kensington, London, pada tanggal 9 Februari 1979 saat berusia 78 tahun.

Penutup

Itulah biodata Dennis Gabor seorang penemu holografi, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

baca juga : Biodata Cornelis Drebbel Jacobszoon Penemu Kapal Selam

sumber : Biografi.penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski