Biodata Edward Teller Penemu Bom Hidrogen

Biodata Edward Teller Penemu Bom Hidrogen

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Edward Teller seorang penemu bom hidrogen. Penasaran ingin tahu tentang penemu bom hidrogen, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Edward Teller :

Lahir : 15 Januari 1908 Budapest, Austria-Hongaria

Meninggal : 9 September 2003 (umur 95) Standford, California

Dikenal atas : penemu bom hidrogen

Penghargaan : Presidential Medal of Freedom

 

Edward Teller sering disebut sebagai “Bapak Bom-H”. Dia adalah bagian dari sekelompok ilmuwan yang menemukan bom atom sebagai bagian dari Proyek Manhattan yang dipimpin pemerintah AS. 

Edward juga salah satu pendiri Lawrence Livermore National Laboratory, di mana bersama dengan Ernest Lawrence, Luis Alvarez, dan lainnya, dia menemukan bom hidrogen pada tahun 1951.

Edward menghabiskan sebagian besar tahun 1960-an dengan bekerja untuk menjaga Amerika Serikat di depan Uni Soviet dalam perlombaan senjata nuklir.

Pendidikan dan Kontribusi Edward

Edward Teller lahir di Budapest, Austria-Hongaria, pada tanggal 15 Januari 1908. Edward memperoleh gelar di bidang teknik kimia di Institut Teknologi di Karlsruhe, Jerman dan menerima gelar Ph.D. dalam kimia fisik di Universitas Leipzig. 

Tesis doktoralnya tentang ion molekul hidrogen, dasar dari teori orbital molekul yang tetap diterima hingga hari ini. Meskipun pelatihan awalnya adalah dalam fisika kimia dan spektroskopi, Edward juga memberikan kontribusi yang besar dalam berbagai bidang seperti fisika nuklir, fisika plasma, astrofisika, dan mekanika statistik.

Bom Atom

Edward -lah yang mengantarkan Leo Szilard dan Eugene Wigner untuk bertemu dengan Albert Einstein, yang bersama-sama akan menulis surat kepada Presiden Roosevelt yang mendesaknya untuk melakukan penelitian senjata atom sebelum Nazi melakukannya. 

Baca Juga :  Biodata Otto von Guericke Penemu Pompa Udara (Kompresor)

Edward bekerja di Proyek Manhattan di Los Alamos National Laboratory dan lalu menjadi asisten direktur lab. Hal ini menyebabkan penemuan bom atom pada tahun 1945.

Bom Hidrogen

Pada tahun 1951, saat masih di Los Alamos, Edward mendapatkan ide untuk membuat senjata termonuklir. Edward semakin bertekad untuk mendorong perkembangannya setelah Uni Soviet meledakkan bom atom pada tahun 1949.

Ini adalah alasan utama mengapa Edward bertekad untuk memimpin pengembangan dan pengujian bom hidrogen yang pertama dengan sukses. Pada tahun 1952, Ernest Lawrence dan Edward membuka Lawrence Livermore National Laboratory, di mana dia menjadi direktur asosiasi dari tahun 1954 hingga 1958 dan 1960 hingga 1965.

Edward menjadi direkturnya dari tahun 1958 hingga 1960. Selama 50 tahun berikutnya, Edward melakukan penelitiannya di Laboratorium Nasional Livermore, dan antara tahun 1956 dan 1960 dia mengusulkan dan mengembangkan hulu ledak termonuklir yang cukup kecil dan ringan untuk dibawa pada rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam.

Penghargaan

Edward Teller menerbitkan lebih dari 12 buku tentang topik mulai dari kebijakan energi hingga masalah pertahanan dan dianugerahi 23 gelar kehormatan.

Edward menerima banyak penghargaan atas kontribusinya pada fisika dan kehidupan publik. Dua bulan sebelum kematiannya, Edward Teller dianugerahi Presidential Medal of Freedom selama upacara khusus yang dilakukan oleh Presiden George W. Bush di Gedung Putih.

Kematian

Edward Teller meninggal pada tanggal 9 September 2003 saat usia 95 tahun di rumahnya di Kampus Universitas Standford, California.

Penutup

Itulah biodata Edward Teller seorang penemu bom hidrogen. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dariberbagai sumber