Kunci Aktivitas 5.2 halaman 110 LTJ (Logam Tanah Jarang) pada Artikel Lumpur Lapindo IPA SMA Kelas 10

Wacaberita.com – Kunci Aktivitas 5.2 halaman 110 LTJ (Logam Tanah Jarang) pada Artikel Lumpur Lapindo IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  – Hai Sobat Pelajar, materi pembelajaran Kurikulum Merdeka yang akan kita bahas kali ini adalah Aktivitas 5.2 halaman 110 LTJ (Logam Tanah Jarang) pada Artikel Lumpur Lapindo IPA SMA/SMK Kelas 10. Jawaban yang akan kami bagikan di bawah ini bukan merupakan jawaban yang mutlak benar, dapat dimungkinkan ada alternatif jawaban lain. Mari kita simak materinya bersama-sama berikut ini.

Kunci Aktivitas 5.2 halaman 110 LTJ (Logam Tanah Jarang) pada Artikel Lumpur Lapindo IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka

AKTIVITAS 5.2

Petunjuk mengerjakan Aktivitas 5.2:

1) Bekerjalah dalam kelompok.

2) Bacalah kembali artikel tentang Lumpur Lapindo pada awal bab ini.

3) Temukan 5 unsur kimia yang merupakan LTJ pada artikel tersebut.

4) Buatlah tabel seperti Tabel 5.2 atau format lain yang Kalian suka.

5) Komunikasikan hasil kerja kelompok Kalian dalam diskusi kelas.

Jawaban:

Lumpur Lapindo Mengandung LTJ

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan potensi kandungan logam tanah jarang (LTJ) atau rare earth yang berasal dari lumpur Lapindo Sidoarjo, Jawa Timur. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Rabu 20 Januari 2021.

Baca Juga :  Kunci Ayo Berlatih halaman 173 Makhluk Hidup dalam Ekosistem IPA SMA Kelas 10

Logam tanah jarang merupakan salah satu mineral yang jadi perhatian dunia karena dibutuhkan dalam pengembangan kendaraan listrik. Selain itu logam tanah jarang merupakan komoditas mineral berkualitas tinggi yang menjadi bahan baku dalam industri pertahanan sebagai bahan pembuatan peralatan militer, mesin jet, satelit, dan laser.

Merujuk yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM, ada tiga sumber potensi LTJ yang telah diidentifikasi. Pertama, dari pertambangan timah yang menghasilkan campuran unsur La, Ce, Nd, dan lainnya. Kedua, dari tambang bauksit yang menghasilkan itrium (Y). Ketiga, dari nikel yang masih dalam kajian memiliki potensi skandium (Sc). Jenis yang pertama paling memungkinkan untuk dikembangkan dan sudah banyak studi yang tersedia sementara yang kedua dan ketiga relatif baru dan kemungkinan keekonomisannya masih merupakan tantangan.

(Sumber: https://money.kompas.com/read/2020/07/20/060700826/seperti-apa-keberadaan-logamtanah-jarang-di-indonesia-ini-kata-esdm?page=all)

5 unsur kimia yang merupakan LTJ

5 unsur kimia yang merupakan LTJ

Demikian materi Kunci Aktivitas 5.2 halaman 110 LTJ (Logam Tanah Jarang) pada Artikel Lumpur Lapindo IPA SMA/SMK Kelas 10 Kurikulum Merdeka  yang dapat kami bagikan. Semoga dapat membantu Sobat semua dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Tetap semangat belajar dan mengembangkan potensi diri semaksimal mungkin. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Baca Juga:

Baca Juga :  Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas 4 Halaman 3 Apa yang terjadi pada seledri dan bunga