Biodata Stephen Perry Penemu Karet Gelang

Biodata Stephen Perry Penemu Karet Gelang

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Stephen Perry seorang penemu karet gelang. Penasaran ingin tahu tentang penemu karet gelang, simak penjelasannya berikut ini.

Kehidupan manusia tidak bisa jauh dari penggunaan karet gelang, entah untuk bungkus makanan, rol kertas, atau jadi pengikat rambut. Tepatnya pada tanggal 17 Maret 1845, penemuan karet gelang oleh Stephen Perry mendapatkan hak paten di Inggris.

Berbentuk lingkaran yang terbuat dari karet yang menyerupai cincin, awalnya Perry menciptakan karet gelang agar dapat memegang kertas atau amplop bersama. Namun setelah dieksplorasi, ternyata karet gelang memiliki beragam fungsi dan kegunaan sehingga ukurannya pun divariasikan sesuai fungsinya.

Mayoritas karet yang digunakan oleh manusia setiap harinya terbuat dari getah alami dari pohon karet karena memiliki tingkat elastisitas yang lebih unggul ketimbang menggunakan karet sintetis.

Karet gelang memiliki tiga dimensi dasar yang menentukan kekuatan elastisitasnya, yaitu panjang, lebar, dan ketebalan. Ukuran karet menentukan fungsi dan kegunaannya, menyesuaikan dengan keperluan manusia.

Karet gelang dibuat dengan memasukan karet ke dalam tabung panjang untuk memberikan bentuk umumnya, meletakkan tabung pada mandrel, mengeraskan karet dengan panas, dan kemudian memotongnya di tabung menjadi pita-pita kecil. Proses ini menyebabkan tabung membelah menjadi beberapa bagian, menciptakan karet gelang.

Selain untuk mengikat barang-barang menjadi satu, karet gelang memiliki fungsi lainnya sebagai penghapus, pernak-pernik atau aksesoris tangan dan bahkan dapat menjadi permainan lompat tali dari karet gelang.

Penutup 

Itulah biodata Stephen Perry seorang penemu karet gelang. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : today.line.me

 

 

Baca Juga :  Biodata Hannah Arendt, Ilmuwan Asal Jerman