Biodata James Hargreaves Penemu Jenny Berputar

Biodata James Hargreaves Penemu Jenny Berputar

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata James Hargreaves seorang penemu jenny berputar. Penasaran ingin tahu tentang penemu jenny berputar, simak penjelasannya berikut ini.

James Hargreaves adalah seorang tukang kayu dan penenun asal Inggris. Hargreaves menemukan cara untuk meningkatkan pasokan benang, penemuannya adalah mesin pertama yang memperbaiki roda pemintalan.

James Hargreaves lahir di Oswaldtwistle, Inggris, pada tahun 1720. Hargreaves tidak memiliki pendidikan formal, tidak pernah diajarkan membaca atau menulis, dan menghabiskan sebagian besar hidupnya bekerja sebagai tukang kayu dan penenun.

Suatu ketika putri Hargreaves pernah menjatuhkan roda yang berputar, dan ketika dia melihat poros berputar di lantai, gagasan tentang jenny yang berputar datang kepadanya. Gagasan bahwa Hargreaves menamai penemuannya dengan nama istri atau putrinya juga merupakan mitos lama. Nama “jenny” sebenarnya berasal dari bahasa gaul Inggris yang berarti “mesin”.

Jenny yang berputar karya James Hargreaves

Hargreaves menemukan mesin ini sekitar tahun 1764, mungkin merupakan perbaikan dari mesin yang dibuat oleh Thomas High yang mengumpulkan benang pada enam gelendong. Bagaimanapun, itu adalah mesin Hargreaves yang diadopsi secara luas. Itu datang pada saat inovasi teknologi di alat tenun.

Setelah menemukan jenny pemintalan, Hargreaves membuat sejumlah model dan mulai menjualnya kepada penduduk setempat. Namun, karena setiap mesin mampu melakukan pekerjaan delapan orang, pemintal menjadi marah terhadap persaingan. 

Pada tahun 1768, sekelompok pemintal masuk ke rumah Hargreaves dan menghancurkan mesinnya untuk mencegah mereka mengambil pekerjaan mereka. Peningkatan produksi per orang pada akhirnya menyebabkan penurunan harga yang harus dibayar untuk benang tersebut.

Penentangan terhadap mesin tersebut menyebabkan Hargreaves pindah ke Nottingham, di mana ia menemukan mitra bisnis Thomas James. Mereka mendirikan pabrik kecil untuk memasok pembuat kaus kaki dengan benang yang sesuai.

Baca Juga :  Biodata William Robert Grove Penemu Fuel Cell

Pada tanggal 12 Juli 1770, Hargreaves mengeluarkan paten pada jenny pemintalan 16-spindel dan segera setelah itu mengirimkan pemberitahuan kepada orang lain yang menggunakan salinan mesin bahwa ia akan melakukan tindakan hukum terhadap mereka.

Penemuan Hargreaves tidak hanya mengurangi kebutuhan tenaga kerja tetapi juga menghemat uang dalam transportasi bahan mentah dan produk jadi. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa mesin menghasilkan benang yang terlalu kasar untuk digunakan untuk benang lungsin (istilah tenun untuk benang yang memanjang dalam alat tenun) dan hanya dapat digunakan untuk membuat benang pakan (benang melintang). 

Itu juga lebih lemah dari apa yang bisa dibuat dengan tangan. Namun, proses produksi yang baru masih menurunkan harga pembuatan kain, membuat tekstil lebih tersedia untuk lebih banyak orang.

Jenny pemintalan umumnya digunakan dalam industri kapas sampai sekitar tahun 1810, ketika bagal pemintal menggantikannya. Perbaikan teknologi utama dalam alat tenun dan pemintalan ini menyebabkan pertumbuhan industri tekstil, yang merupakan bagian penting dari kelahiran pabrik.

Penutup

Itulah biodata James Hargreaves seorang penemu jenny berputar. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : dari berbagai sumber