Biodata Jack Kilby Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC)

Biodata Jack Kilby Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Jack Kilby seorang penemu sirkuit terpadu. Penasaran ingin tahu tentang penemu sirkuit terpadu, simak penjelasannya berikut ini.

Jack St. Clair Kilby (8 November 1923 – 20 Juni 2005) adalah seorang insinyur listrik asal Amerika yang ikut serta (bersama dengan Robert Noyce ) dalam realisasi sirkuit terpadu pertama saat bekerja di Texas Instruments (TI) pada tahun 1958.

Kilby Dianugerahi Hadiah Nobel dalam fisika pada tanggal 10 Desember 2000. Untuk mengucapkan selamat kepadanya, Presiden AS Bill Clinton menulis, “Anda dapat dengan bangga mengetahui bahwa pekerjaan Anda akan membantu memperbaiki kehidupan bagi generasi yang akan datang.”

Kilby juga seorang penemu kalkulator genggam dan printer thermal, bersama hak patennya. Kilby juga memiliki hak paten untuk tujuh penemuan lainnya.

Kehidupan awal

Jack Kilby lahir di Jefferson City, Missouri, pada tanggal 8 November 1923. Kilby tumbuh dan bersekolah di Great Bend, Kansas, lulus dari Great Bend High School.

Kilby menerima gelar sarjana sains dari University of Illinois di Urbana-Champaign, di mana dia menjadi anggota kehormatan Acacia Fraternity. Pada tahun 1947, Kilby menerima gelar sarjana teknik elektro.

Kilby memperoleh gelar master sainsnya di bidang teknik elektro dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1950, saat bekerja di Centralab, sebuah divisi dari perusahaan Globe-Union di Milwaukee.

Karir

Pada pertengahan tahun 1958, Kilby, sebagai insinyur yang baru dipekerjakan di Texas Instruments (TI), belum memiliki hak untuk liburan musim panas. Kilby menghabiskan musim panas untuk mengerjakan masalah dalam desain sirkuit yang biasa disebut ” tirani angka ” dan akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa membuat komponen rangkaian secara massal dalam satu bidang bahan semikonduktor dapat memberikan solusi.

Baca Juga :  Biodata Daniel Bernoulli Penemu Hukum Bernoulli

Pada tanggal 12 September Kilby mempresentasikan temuannya kepada manajemen, termasuk Mark Shepherd. Kilby menunjukkan sepotong germanium dengan sebuah osiloskop yang terpasang, menekan tombol, dan osiloskop menunjukkan gelombang sinus terus- menerus, membuktikan bahwa sirkuit terpadunya bekerja dan dengan demikian dia telah memecahkan masalah itu.

Paten AS 3.138.743 untuk ” Miniatur Sirkuit Elektronik”, rangkaian terpadu pertama, diajukan pada tanggal 6 Februari 1959. Bersama Robert Noyce (yang secara independen membuat sirkuit serupa beberapa bulan kemudian), Kilby umumnya dikreditkan sebagai co- Penemu sirkuit terpadu.

Jack Kilby melanjutkan mempelopori aplikasi teknologi microchip militer, industri, dan komersial. Kilby mengepalai tim yang membangun sistem militer pertama dan komputer pertama yang menggabungkan sirkuit terpadu.

Kilby lalu menciptakan kalkulator genggam dan printer termal yang digunakan di terminal data portabel.
Pada tahun 1970, Kilby mengambil cuti dari TI untuk bekerja sebagai penemu independen.

Kilby menjajaki, antara lain, penggunaan teknologi silikon untuk menghasilkan tenaga listrik dari sinar matahari. Dari tahun 1978 sampai 1984 Kilby memegang posisi Distinguished Professor Teknik Elektro di Universitas Texas A & M.

Penemuan Sirkuit Terpadu

Sirkuit terpadu (bahasa Inggris: integrated circuit atau IC) adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika.

Pada tanggal 10 Desember 2000 Jack Kilby dianugerahkan Hadiah Nobel Fisika di Stockholm, Swedia sebagai tokoh pertama yang menemukan sirkuit gabungan. Separuh lain hadiah itu diterima oleh Zhores Alferov dan Herbert Krömer.

Ide pendahulu dari sirkuit terpadu yaitu membuat kotak persegi kecil dari keramik (wafers), dan setiap persegi memuat satu miniatur komponen. Komponen itu lalu disatukan dan dihubungkan dengan kabel untuk membentuk kisi 2 atau 3 dimensi.

Baca Juga :  Biodata Leo Hendrik Baekeland Penemu Plastik

Ide ini terlihat meyakinkan, dan pada tahun 1957 diajukan kepada US Army oleh Jack Kilby, yang menghasilkan proyek Micromodule Program (sama dengan 1951’s Project Tinkertoy) yang berumur pendek. Tetapi, seiring berjalannya proyek ini, Kilby memikirkan sebuah ide lain yang sekarang dikenal sebagai sirkut terpadu.

Kilby yang baru dipekerjakan oleh Texas Instruments menuliskan idenya tentang sirkuit terpadu pada Juli 1958, dan kemudian sukses membuat sebuah sirkuit terpadu yang dapat bekerja pada tanggal 12 September 1958.

Kilby dihargai Nobel Prize pada tahun 2000 di bidang Fisika untuk pekerjaannya dalam penemuan sirkuit terpadu. Kilby’s work was named an IEEE Milestone in 2009.

Kematian

Pada tahun 1983, ia pensiun dari Texas Instruments. Jack Kilby meninggal karena kanker pada tanggal 20 Juni 2005 pada usia 81 tahun, di Dallas, Texas.

Penutup

Itulah Jack Kilby seorang penemu sirkuit terpadu (integrated circuit atau IC). Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Jack_Kilby
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_terpadu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski