Biodata Harun bin Said alias Thohir, Pahlawan Nasional

Harun Thahir

Biodata Harun Thohir, Pahlawan Nasional

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Harun Thohir seorang Pahlawan Nasional. Penasaran ingin tahu tentang biodata Harun Thohir seorang Pahlawan Nasional, simak penjelasannya berikut ini.

 

Harun Thahir

Harun bin Said alias Thohir adalah salah satu dari dua anggota KKO (Korps Komando Operasi, kini disebut Marinir) Indonesia yang ditangkap di Singapura pada saat terjadinya Konfrontasi dengan Malaysia.

Beliau lahir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada tanggal 4 April 1947 dan meninggal di Singapura, 17 Oktober 1968 pada umur 21 tahun.

Bersama dengan seorang anggota KKO lainnya bernama Usman,Thohir dihukum gantung oleh pemerintah Singapura pada Oktober 1968 dengan tuduhan meletakkan bom di wilayah pusat kota Singapura yang padat pada tanggal 10 Maret 1965.

Harun bin Said alias Thohir dibesarkan di wilayah yang dikelilingi pantai membuat Harun sangat mencintai dan mengenal betul tentang laut. Dia bahkan sudah sering berlayar dengan cara menyelinap ke kapal-kapal yang berlabuh di pulaunya.

Pasca lulus SMA, pada bulan Juni 1964 Harun memutuskan untuk menjadi anggota sukarelawan Korps Komando Angkatan Laut (KKO). Ketika itu, Harun ditugaskan untuk masuk ke dalam Tim Brahma I di Basis II Ops A KOTI di bawah Letnan KKO Paulus Subekti.

Di sini ia bertemu dengan Usman alias Janatin bin H. Mohammad ALI dan Gani bin Aroep. Ketiga pemuda ini bergaul cukup erat, lebih-lebih setelah mereka sering ditugaskan bersama sama.

Setelah Tohir memasuki Sukarelawan ALRI, yang tergabung dalam Dwikora dengan pangkat Prajurit KKO II (Prako II), dia mendapat gemblengan selama lima bulan, di daerah Riau daratan sejak tanggal 1 Nopember 1964.

Baca Juga :  Biodata Alfred Hershey Penemu Struktur Genetik Virus

Pada tanggal 1 April 1965 dinaikkan pangkatnya menjadi Kopral KKO I (Kopko I). Selesai mendapatkan gemblengan di Riau daratan sebagai Sukarelawan Tempur bersama-sama rekan-rekan lainnya, ia dikirim ke Pulau Sambu.

Hingga beberapa lamanya rombongan Tohir dan kawan-kawannya yang tergabung dalam kesatuan A KOTI Basis X melaksanakan tugas di Pulau Sambu.

Beliau dinilai selaku prajurit yang tegas, disiplin dan mampu mengemban tugas yang dipercayakan padanya. Harun mendapat tugas rahasia yang amat berat Beberapa bulan menjadi anggota KKO pada tanggal 10 Maret 1965 yakni menyusup ke Singapura dan membuat sabotase di sana.

Bersama Usman bin Muhammad Ali dan Gani bin Arup, dia menerima tugas itu dengan penuh tanggung jawab.
Tohir sendiri memiliki beberapa keuntungan atas tugasnya ini.

Dia sebelumnya pernah pergi ke Singapura hingga beberapa kali dengan menyamar sebagai pelayan dapur. Selain itu, perawakan Tohir yang mirip orang Cina ternyata sangat menguntungkan dalam penyamarannya.

ia juga menguasai bahasa Inggris, Cina dan Belanda dengan lancar semakin membantu pula dalam kebebasannya untuk bergerak dan bergaul di tengah-tengah masyarakat Singapura yang mayoritas orang Cina.

Dengan menggunakan perahu karet, keduanya berangkat pada tanggal 8 Maret 1965 dengan membawa 12,5 kilogram bahan peledak.

Mereka mendapat perintah untuk melakukan sabotase ke sasaran-sasaran penting di kota Singapura. Sasaran tidak ditentukan dengan pasti, jadi harus ditentukan sendiri.

Pada tanggal 10 Maret 1965 mereka berhasil meledakkan bangunan Mac Donald House yang terletak di pusat kota. Peristiwa peledakan itu pun menimbulkan kegemparan dan kekacauan bagi masyarakat Singapura.

Untuk mencari dan menangkap orang yang meledakkan bangunan tersebut dikerahkanlah alat-alat keamanan. Setelah melakukan aksinya, Harun dan Usman melarikan diri dan dengan susah payah berhasil mencapai daerah pelabuhan, sedangkan Gani bin Arup mencari jalan lain.

Baca Juga :  Latihan Soal Preetest PPG 2022

Sebuah motor boat pun berhasil mereka rampas. Keduanya kemudian berangkat kembali ke Pulau Sambu. Namun sayang, di tengah jalan, motor boat mengalami kerusakan mesin.

Mereka akhirnya berhasil ditangkap oleh patroli musuh pada tanggal 13 Maret 1965. Keduanya dibawa kembali ke Singapura untuk diadili.

Pengadilan Singapura menjatuhkan vonis hukuman mati. Pemerintah Indonesia pun melakukan berbagai usaha untuk meminta pengampunan atau keringanan, hukuman, namun tidak berhasil.

Penghargaan Atas jasanya kepada negara, pangkat Harun dinaikkan menjadi Kopral KKO TNI Anumerta Harun bin Said alias Thohir bin Mandar.

Berdasarkan SK Presiden RI No. 050/TK/Tahun 1968, pada tanggal 17 Oktober 1968, ia dikukuhkan menjadi Pahlawan Nasional.

Nama Harun juga diabadikan menjadi nama jalan di depan markas Korps Marinir (Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun).

Selain itu, nama Harun juga dijadikan sebagai nama kapal, KRI Usman-Harun, serta Bandar Udara Harun Thohir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

 

Penutup

Itulah biodata Harun bin Said alias Thohir. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski