Biodata Henry Shrapnel Penemu Peluru Shrapnel

Biodata Henry Shrapnel Penemu Peluru Shrapnel

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Henry Shrapnel seorang penemu peluru shrapnel. Penasaran ingin tahu tentang penemu peluru shrapnel, simak penjelasannya berikut ini.

Henry Shrapnel (3 Juni 1761-13 Maret 1842) ialah seorang anggota perwira pasukan Kerajaan Inggris dan seorang penemu atau inovator dibidang persenjataan, yang dikenal dengan nama Peluru Shrapnel.

Henry Shrapnel lahir di Bradford on Avon, Wiltshire, Inggris, pada tanggal 3 Juni 1761. Pada tahun 1784, saat Shrapnel masih berpangkat letnan dalam kesatuan Artileri Kerajaan, Shrapnel bertugas di Yorktown, Amerika Serikat yang saat itu masih dalam kondisi peperangan dengan Inggris.

Shrapnel bertugas menghadapi serangan yang jumlahnya berkali kali lipat dari pasukannya. Dalam kondisi itu, Shrapnel membuat terobosan bagaimana menahan serangan lawan secara efektif terutama dengan meriam atau tembakan.

Dari kondisi tersebut, dengan dana dan upaya sendiri, dibuatlah sebuah peluru meriam yang dapat memuntahkan pecahan-pecahan dan bola-bola peluru ketika berada dalam ketinggian tertentu untuk menahan ataupun menghancurkan gerakan pasukan lawan.

Percobaan Shrapnel membuahkan hasil ketika dicoba oleh admiral Smith pada pertempuran di kawasan pelabuahn laut Toulon, yang memesan peluru sebanyak 100 buah.

Puncak kesuksesan peluru buatan Shrapnel terjadi pada saat pertempuran Waterloo yang dipimpin oleh Wellington,  antara Inggris-Belanda-Prusia melawan Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte dimana pasukan gabungan Inggris-Belanda-Prusia berhasil mengalahkan pasukan Prancis yang diiringi oleh kejatuhan Napoleon yang kedua kalinya.

Shrapnel sindiri dipromosikan menjadi mayor pada 1 November 1803 setelah mengalami luka luka di Flanders pada tahun 1793 dan sembilan tahun dengan berpangkat kapten. Setelah kesuksesannya dalam penemuannya di dalam pertempuran tanggal 30 April 1804, Shrapnel dipromosikan menjadi Letnan Kolonel pada tanggal 20 Juli 1804.

Baca Juga :  Biodata Nikola Tesla Penemu Listrik Terbesar Sepanjang Masa

Sebagai penghargaan atas penemuannya, Pemerintah Kerajaan Inggris pada tahun 1814 memberikan hadiah sebesar 1200 Poundsterling atau senilai 128,000 Dollar Amerika. Lalu ditempatkan dalam Staf di Artileri Kerajaan pada tanggal 6 Maret 1827 dengna pangkat Kolonel dan dinaikkan pangkatnya menjadi Letnan Jendral pada tanggal 10 Januari 1837.

Shrapnell juga mengajukan gelar kebangsawanannya kepada Raja William, namun hingga Raja William meninggal dan digantikan oleh Ratu Victoria, surat permohonannya belum dikabulkan. Namun, peluru yang ditemukan Shrapnel yang menggunakan prinsip kerja yang sama sering dinamakan peluru shrapnel, dan dikembangkan dalam Perang Dunia I dan Perang Dunia II hingga sekarang.

Peluru Shrapnel

Peluru Shrapnel karya Henry Shrapnel

Peluru Shrapnel adalah jenis peluru yang ditembakkan dari meriam atau kanon. Ditemukan pada abad ke-19 dan digunakan secara efektif pada Perang Waterloo.

Jenis Peluru ini adalah peluru yang ketika ditembakkan dapat pecah dan melontarkan peluru-peluru kecil dengan berkecepatan tinggi sehingga dapat melumpuhkan pasukan kavaleri dan pasukan infantri lawan yang jumlahnya lebih besar.

Sebelum peluru Shrapnel, peluru meriam umumnya menggunakan peluru berbentuk bola besi padat. Beberapa inovasi dilakukan dengan menggandeng peluru dengan rantai sehingga memunculkan peluru dengan bola ganda.

Umumnya peluru jenis ini digunakan untuk menghantam Dek Kapal perang lawan yang pada abad ke 19 masih menggunakan bahan dari kayu. Nama Shrapnell sendiri diabadikan dari nama penemunya Henry Shrapnel.

Penutup

Itulah biodata Henry Shrapnel seorang penemu peluru shrapnel. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org