Biodata Robert Stirling Penemu Mesin Stirling

Biodata Robert Stirling Penemu Mesin Stirling

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Robert Stirling seorang penemu mesin stirling. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin stirling, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Robert Stirling :

  • Lahir : 25 Oktober 1790 Methven, Perthshire
  • Meninggal :  6 Juni 1878 (umur 87) Galston,East Aryshire 
  • Kebangsaan : Skotlandia
  • Anak : Patrick Stirling, Jane Stirling, William Stirling, Robert Stirling, David Stirling,James Stirling, Agnes Stirling
  • Orang tua : Patrick Stirling dan Agnes Stirling
  • Dikenal atas : Penemu  Mesin Stirling

 

Robert Stirling (25 Oktober 1790 – 6 Juni 1878) adalah seorang penemu mesin stirling berkebangsaan Skotlandia, dan penemuannya itu di patenkan pada tahun 1816.

Robert Stirling lahir di Cloag Farm dekat Methven, perthshire, pada tanggal 25 Oktober 1790, putera ke-tiga dari delapan bersaudara. Ayahnya bernama Patrick Stirling dan Agnes Stirling, cucu dari Michael Stirling, penemu Mesin Pengirik.

Stirling mewarisi minat ayahnya di bidang permesinan, namun dia justru belajar teologi di Universities of Edinburgh dan Glasglow. Stirling diangkat sebagai Pendeta di Church of Scotland pada tahun 1816 oleh Presbytery Dumbarton. Setelah itu Stirling diutus menjadi Penginjil.

Pada tanggal 12 Februari 1824 Stirling diangkat sebagai penginjil di gereja Galston Parish mulai tahun 1824, yang dijalani sampai dengan tahun 1878. Pada tahun 1840 Stirling menerima gelar doktor kehormatan dari University of St Andrews.

Stirling menemukan Heat Economiser (sekarang, secara umum dikenal sebagai  generator), perangkat untuk meningkatkan efisiensi termal atau bahan bakar dari berbagai proses industri, memperoleh paten untuk economiser dan mesin menggabungkan itu pada tahun 1816.

Pada tahun 1818 Stirling membangun versi praktis pertama dari mesinnya yang digunakan untuk memompa air dari penggalian. Teori dasar Mesin Stirling, siklus Stirling, tidak akan sepenuhnya dipahami sampai munculnya temuan Sadi Carnot (1796–1832).

Baca Juga :  Biodata Goesti Pangeran Harjo Djatikoesoemo, Pahlawan Nasional

Penutup

Itulah biodata Robert Stirling seorang penemu mesin stirling. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org