Biodata Hermann Emil Fischer Penemu Senyawa Purin

Biodata Hermann Emil Fischer Penemu Senyawa Purin

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hermann Emil Fischer seorang penemu senyawa purin. Penasaran ingin tahu tentang penemu senyawa purin, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hermann Emil Fischer :

  • Lahir : 9 Oktober 1852 Euskirchen, Provinsi Rhine, Kekaisaran Jerman
  • Meninggal : 15 Juli 1919 (umur 66) Berlin, Jerman 
  • Kebangsaan :  Jerman
  • Bidang ; Kimia
  • Lembaga : University of Munich (1875-1881), University of Erlangen (1881-1888), Universitas Würzburg (1888-1892), Universitas Berlin (1892-1919)
  • Alma mater : University of Bonn, University of Strasbourg
  • Dikenal atas : Studi gula & purin
  • Penghargaan : Davy Medal (1890), Nobel Kimia (1902), Elliott Cresson Medal (1913)
  • Pasangan : Agnes Gerlach
Hermann Emil Fischer Louis adalah seorang ahli kimia asal Jerman yang pada tahun 1902 menerima Penghargaan Nobel dalam Kimia. Dia juga menemukan esterifikasi Fischer. Fischer mengembangkan proyeksi Fischer, cara simbolis menggambar atom karbon asimetrik.

Biografi

Hermann Emil Fischer lahir pada tanggal 9 Oktober 1852 di Euskirchen, dekat Cologne, anak seorang pengusaha. Setelah lulus dia ingin mempelajari ilmu-ilmu alam tetapi ayahnya memaksanya untuk bekerja di bisnis keluarga.

Fischer lalu menghadiri University of Bonn pada tahun 1871, namun beralih ke University of Strasbourg pada tahun 1872. dan meraih gelar doktor pada tahun 1874 di bawah Adolf von Baeyer dengan studinya phthalein.

Penelitian

Karyanya yang paling terkenal adalah pada senyawa purin dan gula yang merupakan penerapan bioteknologi semi modern dan biokimia. Antara tahun 1882 sampai dengan tahun 1906 Fischer mempresentasikan melalui penelitiannya bahwa sejumlah senyawa kimia, yang belum dikenal saat itu, seperti adenin, xantin, kafein, asam urat dan guanin semuanya milik keluarga yang homogen, dan bisa diturunkan dari situ. Senyawa induk itu yang awalnya dianggap hipotetik, disebutnya purin pada tahun 1884, dan disintesis pada tahun 1898.

Baca Juga :  Biodata Wilson Greatbatch Penemu Alat Pacu Jantung

Kehidupan Pribadi dan Kematian

Pada tahun 1888 Fischer menikah dengan Agnes Gerlach, putri Joseph von Gerlach, Profesor Anatomi di Erlangen. Istrinya meninggal tujuh tahun setelah pernikahan mereka. Mereka memiliki tiga anak, salah satunya tewas dalam Perang Dunia I, yang lain bunuh diri pada usia 25 sebagai hasil dari pelatihan wajib militer.

Pada tahun 1919, Fischer melakukan bunuh diri di Berlin.  Putra tertua, Hermann Otto Laurenz Fischer, adalah Profesor Biokimia di University of California di Berkeley dari 1948 sampai kematiannya pada tahun 1960.

Nama reaksi kimia dan konsep yang dinamai menurut namanya, seperti:

Sintesis Fischer indole
Proyeksi Fischer
Sintesis Fischer oxazole
Sintesis peptida Fischer
Fischer phenylhydrazine dan reaksi oxazone
Pengurangan Fischer
Fischer-Speier esterifikasi
Glycosidation Fischer

Saat Hermann Emil Fischer meninggal pada tahun 1919, Emil Fischer Memorial Medal dilembagakan oleh Jerman Chemical Society.

Penutup

Itulah biodata Hermann Emil Fischer seorang penemu senyawa purin. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog Penemu