Biodata Hermann von Fehling Penemu Larutan Penguji Kandungan Glukosa

Biodata Hermann von Fehling Penemu Larutan Penguji Kandungan Glukosa

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Hermann von Fehling seorang penemu larutan penguji kandungan glukosa. Penasaran ingin tahu tentang penemu larutan penguji kandungan glukosa, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Hermann von Fehling :

  • Lahir 9 Juni 1812 Lübeck, Jerman
  • Meninggal 1 Juli 1885, Stuttgart, Jerman
  • Kebangsaan : Jerman
  • InstitusiUniversitas Heidelberg 
  • Dikenal karena : larutan Fehling, Penyelidikan asam suksinat, Persiapan fenil sianida, Nitril sederhana dari seri aromatik
Hermann von Fehling adalah seorang kimiawan asal Jerman yang terkenal dalam mengembangkan larutan Fehling yang digunakan untuk menguji adanya kandungan glukosa. Larutan Fehling itu dikenal sebagai larutan tembaga sulfat dicampur dengan alkali dan kalium natrium tartrat (garam Rochelle).
Hermann von Fehling lahir pada tanggal 9 Juni 1812 di Lübeck, Jerman. Dengan tujuan mengambil ilmu farmasi, Fehling belajar di Universitas Heidelberg sekitar tahun 1835. Setelah lulus Fehling pergi ke Gießen sebagai murid Justus von Liebig, dengannya, Fehling dapat memahami tentang komposisi paraldehid dan metaldehid.
Pada tahun 1839, atas rekomendasi Liebig, Fehling diangkat menjadi kimiawan di politeknik di Stuttgart, posisi yang dipegangnya selama lebih dari 45 tahun. Selain larutan Fehling, karya Fehling yang terkenal yaitu penyelidikan asam suksinat, persiapan fenil sianida (lebih dikenal sebagai benzonitril), dan nitril sederhana dari seri aromatik.
Sebagian besar waktunya dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan tentang teknologi dan kesehatan masyarakat bukan dengan kimia murni. Fehling adalah seorang kontributor Handwörterbuch dari Liebig, Friedrich Wöhler dan Johann Christian Poggendorff, serta Graham-Otto Textbook of Chemistry. Selama bertahun-tahun Fehling menjadi anggota panitia revisi Farmakope germanica.

Kematian

Hermann von Fehling Meninggal pada tanggal 1 Juli 1885 di Stuttgart, Jerman.

Baca Juga :  Biodata Paul Kollsman Penemu Altimeter

Penutup

Itulah biodata Hermann von Fehling seorang penemu larutan penguji kandungan glukosa. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski