Biodata Inge Lehmann Penemu Inti Bumi

Biodata Inge Lehmann Penemu Inti Bumi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Inge Lehmann seorang penemu inti bumi. Penasaran ingin tahu tentang penemu inti bumi, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Inge Lehmann :

Lahir : 13 Mei 1888 Copenhagen , Denmark

Meninggal : 21 Februari 1993 (umur 104) Copenhagen, Denmark

Kebangsaan : Denmark

Bidang : Ilmu gempa bumi

Lembaga : Geodetical Institute of Denmark

Alma mater : University of Copenhagen, University of Cambridge

Penghargaan : William Bowie Medal (1971)

 

Inge Lehmann ForMemRS adalah seorang seismolog berkebangsaan Denmark yang menemukan inti bumi. Pada tahun 1936, Lehmann mendalilkan dari data seismik yang ada bahwa inti bumi bukan bola cair tunggal, tetapi bahwa inti ada, yang memiliki sifat fisik yang berbeda dengan yang ada di luar inti.

Kesimpulan ini cepat diterima oleh seismolog, yang hingga saat ini belum mampu mengusulkan hipotesis yang bisa diterapkan untuk pengamatan bahwa gelombang yang diciptakan oleh gempa bumi melambat ketika mencapai daerah-daerah tertentu dari dalam bumi. Inge Lehmann merupakan seorang seismologis pertama dan satu-satunya di Denmark saat itu.

Awal kehidupan dan pendidikan

Inge Lehmann lahir dan dibesarkan di Osterbro, bagian dari Kopenhagen, Denmark pada tanggal 13 Mei 1888. Lehmann adalah putri dari psikolog Alfred Georg Ludvik Lehmann. Lehmann menerima pendidikan sekolahnya di sebuah sekolah tinggi pedagogis progresif dipimpin oleh Hanna Adler, seorang bibi dari Niels Bohr.

Menurut Lehmann, ayahnya dan Adler adalah dua orang yang paling berpengaruh dalam pengembangan intelektualnya. Lehmann belajar matematika di University of Copenhagen dan Universitas Cambridge, meskipun terganggu oleh kesehatan yang buruk.

Baca Juga :  Biodata Scott Seamans, Lyndon Hanson, George Boedecker, Jr. Penemu Sandal Crocs

Lehmann melanjutkan studi matematikanya di Cambridge tahun 1910 sampai 1911 di Newnham College. Pada tahun 1911 ia kembali dari Cambridge. Lehmann mengembangkan keterampilan komputasi yang baik di kantor aktuaris di mana ia bekerja selama beberapa tahun sampai dia kembali studi di Universitas Kopenhagen di tahun 1918.

Lehmann menyelesaikan gelar calon magisteri dalam ilmu fisika dan matematika dalam dua tahun. Ketika Lehmann kembali ke Denmark pada tahun 1923 ia menerima posisi di Universitas Kopenhagen sebagai asisten JF Steffensen, profesor ilmu aktuaria.

Karir

Setelah beberapa tahun bekerja di bisnis asuransi Inge Lehmann menjadi asisten geodesist Niels Erik Norlund, dengan tugas menyiapkan observatorium seismologi di Denmark dan Greenland.

Awal ketertarikannya pada seismologi tanggal kembali ke waktu ini. Pada tahun 1928 Lehmann lulus ujiana di geodesi dan menerima posisi sebagai geodesist negara dan kepala departemen seismologi di Geodetical Institut Denmark  yang dipimpin oleh Norlund.

Penemuan Inti bumi

Inge Lehmann pindah ke Amerika Serikat selama beberapa tahun dan berkolaborasi dengan Maurice Ewing dan Frank Press penyelidikan dari kerak bumi dan mantel atas. Selama pekerjaan ini, Lehmann menemukan diskontinuitas seismik lain, yang terletak pada kedalaman antara 190 dan 250 km dan biasanya disebut sebagai ” Lehmann diskontinuitas “untuk menghormati penemunya.

Jasa yang paling besar dari peneliti asal Denmark, Inge Lehmann yang juga cukup dikenang oleh umat manusia merupakan penemuannya yang mengenai inti bumi. Selagi lebih dari dua dasawarsa, Inge Lehmann pun terus melakukan penelitian mengenai gempa bumi.

Inge Lehmann pun lantas mengungkapkan bahwa bumi mempunyai sebuah bagian inti luar serta inti dalam. Pada suatuh hari, telah dijelaskan bahwa sebuah inti luar sendiri merupakan sebuah lapisan cair dengan memiliki ketebalan kurang lebih sekitar 2,266 km yang posisinya terletak di bawah tepat dari mantel bumi, serta pada atas inti dalam. Suhunya sendiri dapat mencapai hingga 4030 derajat celcius.

Baca Juga :  Biodata Robert Dennard Penemu RAM Komputer

Bakal halnya pada bagian inti dalam, merupakan sebuah bagian paling dalam yang ada di bumi, yang bentuknya pun seperti bola padat yang memiliki jari-hari kurang lebih sekitar 1200 kilometer.

Penemuan dari Inge Lehmann ini pun cukup penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia. Sampai saat ini pun gagasan dari Lehmann itu tetap menjadi sebuah dasar dalam pengetahuan seismologis.

Penghargaan

Inge Lehmann dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Columbia pada tahun 1964 dan dari University of Copenhagen pada tahun 1968 serta berbagai keanggotaan kehormatan.

Pada tahun 1997, American Geophysical Union mendirikan Inge Lehmann Medal untuk menghormati “kontribusi luar biasa untuk memahami struktur, komposisi, dan dinamika mantel bumi dan inti.”

Inge Lehmann merupakan seorang seismologis pertama dan satu-satunya di Denmark saat itu. Lehmann adalah pelopor di antara perempuan dan ilmuwan. Pendidikan awalnya di sebuah sekolah mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Sangat kontras dengan pemikiran masyarakat Denmark saat itu.

Kematian

Inge Lehmann meninggal pada tanggal 21 Februari 1993 pada umur 104 tahun di Copenhagen, Denmark.

Penutup

Itulah biodata Inge Lehmann seorang penemu inti bumi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Inge_Lehmann & Blog Penemu