Biodata Isamu Akasaki Penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru

Biodata Isamu Akasaki Penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Isamu Akasaki seorang penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru. Penasaran ingin tahu tentang penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Isamu Akasaki :

Lahir : 30 Januari 1929 (umur 85) Chiran, Kawanabe District, Kagoshima Prefecture, Jepang
Lembaga : Meijo Universitas, Nagoya University
Almamater : Kyoto University, Nagoya University
Penghargaan : Asahi Prize (2001), Takeda Penghargaan (2002), IEEE Edison Medal (2011), Penghargaan Nobel dalam Fisika (2014)
Isamu Akasaki ialah seorang ilmuwan asal Jepang dan pemenang Nobel, yang dikenal atas penemuan galium nitrida (GaN) terang dan LED biru pada tahun 1989.
Dalam Pekerjaan lain, Isamu Akasaki dianugerahi Hadiah Kyoto di Advanced Technology pada tahun 2009 dan IEEE Edison Medal pada tahun 2011. Isamu Akasaki juga dianugerahi hadiah Nobel 2014 dalam Fisika, bersama dengan Hiroshi Amano dan Shuji Nakamura.

Karir

Isamu Akasaki lahir pada tanggal 30 Januari 1929 Chiran, Kawanabe District, Kagoshima Prefecture, Jepang. Dia lulus dari Universitas Kyoto pada tahun 1952, dan memperoleh Dr.Eng. gelar dalam elektronik dari Nagoya University pada tahun 1964.

Isamu mulai berkarir pada GaN berbasis LED biru di akhir 1960-an. Dia meningkatkan kualitas kristal GaN dan perangkat struktur di Matsushita Research Institute Tokyo, Inc. (MRIT), di sana Isamu memutuskan untuk mengadopsi metalorganik fase uap epitaksi (MOVPE) sebagai metode yang disukai untuk pertumbuhan GaN.

Baca Juga :  Biodata William G. Morgan Penemu Olahraga Bola Voli

Pada tahun 1981 Isamu memulai pertumbuhan GaN dari awal dengan MOVPE di Nagoya University, dan pada tahun 1985 dia dan kelompoknya sukses menumbuhkan GaN berkualitas tinggi pada substrat sapphire dengan merintis suhu rendah (LT) teknologi lapisan penyangga.

GaN berkualitas tinggi ini memungkinkan mereka untuk menemukan tipe-p GaN dengan doping dengan magnesium (Mg) dan aktivasi berikutnya oleh iradiasi elektron (1989), untuk menghasilkan persimpangan pertama GaN pn biru / UV LED (1989), dan untuk mencapai kontrol konduktivitas dari tipe-n GaN (1990) dan paduan terkait (1991)dengan doping silikon (Si), memungkinkan penggunaan heterostructures dan beberapa sumur kuantum dalam desain struktur memancarkan cahaya pn lebih efisien.

Isamu dan kelompoknya mencapai emisi terstimulasi dari GaN pertama pada suhu kamar pada tahun 1990, dan dikembangkan pada tahun 1995 emisi terstimulasi pada 388 nm dengan injeksi arus berdenyut dari berkualitas tinggi AlGaN / GaN / GaInN perangkat kuantum.

Mereka meverifikasi ukuran efek kuantum (1991) dan kuantum terbatas Stark efek (1997) dalam sistem nitrida, dan pada tahun 2000 secara teoritis menunjukkan ketergantungan orientasi lapangan piezoelektrik dan adanya kristal GaN non / semi-polar, yang telah memicu seluruh dunia usaha saat ini untuk menumbuhkan kristal-kristal untuk aplikasi emitter cahaya yang lebih efisien.

Nagoya University Akasaki Institute

Dari penemuan ini Profesor Isamu mendapatkan Paten dan telah dihargai sebagai royalti. Nagoya University Akasaki Institute dibuka pada tanggal 20 Oktober 2006.

Biaya pembangunan lembaga didanai dari pendapatan royalti paten ke universitas, yang juga digunakan untuk berbagai kegiatan di Nagoya University.

Lembaga ini terdiri dari sebuah galeri LED untuk menampilkan sejarah penelitian / pengembangan dan aplikasi LED  biru, kantor untuk kerjasama penelitian, laboratorium untuk penelitian yang inovatif, dan kantor Profesor Isamu di lantai paling atas keenam. Lembaga ini terletak di pusat zona penelitian kolaborasi di kampus Universitas Nagoya Higashiyama.

Baca Juga :  Biodata Seno Gumira Ajidarma, Penulis Indonesia

Penghargaan Nasional

  • 1997 Medal dengan Purple Ribbon, Pemerintah Jepang
  • 2002 Orde Rising Sun, Gold Rays dengan Neck Ribbon, Pemerintah Jepang
  • 2004 Budaya Orang Merit, Pemerintah Jepang
  • 2011 Orde Kebudayaan, Kaisar Jepang

Penutup

Itulah biodata Isamu Akasaki seorang penemu Galium Nitrida (GaN) Terang dan Light Emitting Diode (LED) biru. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Blog.Penemu &  Isamu Akasaki