keladi cat tumpah mewah
keladi cat tumpah atau keladi tumpahan cat

Menanam dan Merawat Keladi Cat Tumpah yang Mewah

Menanam dan Merawat Keladi Cat Tumpah yang Mewah – Keladi Cat Tumpah atau Keladi Tumpahan Cat, bisa disebut juga keladi Shycool merupakan salah satu jenis Keladi yang banyak diminati di Indonesia. Harga bibitnya saja cukup mahal, apalagi Keladi yang sudah dewasanya. Keladi jenis ini lebih dikenal dengan nama Keladi Cat Tumpah dengan warna merahnya yang khas di bagian ujung atau tepi daun, memberi kesan khas dan mewah tentunya. Berikut Waca Berita akan memberikan penjelasan lebih detail tentang keladi ini.

Ciri, Bentuk, dan Warna Keladi Cat Tumpah

Ciri dari Keladi hias ini seperti tersiram cat tumpah. Secara umum warna daunnya hijau keputih-putihan dengan corak cat tumpahnya warna merah di bagian ujung daun.

Cara Menanam Keladi Cat Tumpah

1. Media Tanam yang Steril

Kamu bisa melakukan penanaman Keladi Shycool dengan menyediakan media tanam yang sudah disterilkan. Media tanamnya menggunakan tanah gembur dan serpihan kayu. Campuran lainnya yang bisa digunakan selain serpihan kayu adalah daun bambu yang sudah diiris halus atau bisa menggunakan sekam bakar.

Proses steril media tanam dengan cara dikukus di dalam panci dengan tujuan agar bakteri dan jamur bisa musnah. Perbandingan media tanamnya adalah 1:1. Media tanam yang berkualitas akan membuat tanaman Keladi terhindar dari berbagai masalah yang bisa mengganggu kesuburannya nanti.

Baca Juga :  Rekomendasi Produk Tanaman Hias Kekinian

2. Menyiapkan Bibit

Bibit bisa Kamu beli di toko bunga atau memintanya kepada penanam Keladi lainnya. Ukuran bibit yang dipilih sebaiknya memiliki tinggi sekitar 6 sampai 10 cm. Pilih bibit yang daunnya cerah dan tidak ada bolong-bolongnya.

3. Masukkan Bibit ke Media Tanam

Cara selanjutnya dalam menanam Keladi dengan memasukkannya ke dalam media tanam yang sudah disediakan. Pastikan bagian akarnya tertanam dengan baik dan timbun dengan perlahan. Secara rutin Kamu gemburkan media tanamnya agar proses penyerapan airnya bisa optimal.

Cara Merawat Keladi Cat Tumpah

1. Penyinaran yang Tepat

Penyinaran Keladi jenis Shycool ini harus terpenuhi dengan baik agar bisa tumbuh subur. Kamu bisa meletakkan keladi cat tumpah di teras rumah selama cahaya mataharinya tidak langsung terkena ke tanamannya.

2. Beri Pupuk

Cara perawatan berikutnya agar Keladi cat tumpah tumbuh subur dengan memberikan pupuk agar nutrisinya terpenuhi. Waktu pemberian pupuk pertama kali adalah saat usia empat atau lima minggu. Kamu bisa menggunakan pupuk organik seperti pelet udang.

Pupuk dengan kandungan 16 asam amino yang akan merangsang pertumbuhan Keladi dan sekaligus menjadi antibodi. Bisa juga menggunakan pupuk lainnya yang penting tidak memiliki kandungan zat N yang tinggi karena zat N bisa membuat warna merah dari Keladi jenis ini tidak bertahan lama.

3. Bebas Hama

Serangga merupakan salah satu jenis hama yang bisa merusak Keladi Tumpahan Cat Kamu. Jenis Keladi yang biasanya akan merusak tanaman adalah ulat daun dan belalang. Di mana Kamu bisa mengetahuinya dari kondisi daun Keladi yang bolong atau pun tidak utuh.

Ketika hama ini masih merusak sebagian kecil bagian Keladi, maka Kamu bisa membuang hama tersebut dengan membersihkan daun yang rusak. Jika kondisi hama sudah sangat banyak maka Kamu bisa menggunakan insektisida agar hama musnah tanpa sisa. Proses penyemprotan bisa Kamu lakukan secara rutin setiap 10 hari.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Nona Makan Sirih, Dijamin Bisa!

4. Penyiraman

Lakukan penyiraman sekali sehari atau disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Jangan sampai kering atau pun tergenang air. Kondisi kelembapan tanah harus terjaga agar Keladi bisa tumbuh subur.

Keladi Shycool atau Keladi Cat Tumpah ini merupakan pilihan yang tepat untuk Sobat pecinta tanaman hias. Jangan sampai koleksi Keladi Kamu tidak ada jenis ini karena harganya terbilang mahal. Terapkan cara penanaman yang terbaik agar bisa tumbuh subur. Kamu bisa sharing dengan pecinta tanaman hias lainnya agar mendapatkan lebih banyak informasi dan tips terbaik dalam merawat tanaman Keladi. Semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : cara penjagaan keladi cat tumpah