Biodata Euklides, Bapak Geometri

Biodata Euklides, Bapak Geometri

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Euklides seorang yang dijuluki bapak geometri. Penasaran ingin tahu tentang seorang yang dijuluki bapak geometri, simak penjelasannya berikut ini.

Euklides (dari bahasa Yunani Kuno: Εὐκλείδης, romanisasi: Eukleídēs) adalah seorang matematikawan Yunani, sering disebut sebagai “Bapak Geometri”. Dia aktif di Alexandria pada masa pemerintahan Ptolemeus I (323-283 SM).

Elements adalah salah satu karya paling berpengaruh dalam sejarah matematika, digunakan sebagai buku teks utama untuk mengajar matematika (terutama geometri ) dari waktu publikasi sampai akhir abad 19 atau awal abad ke-20.

Dalam Elemen, Euclid menyimpulkan prinsip-prinsip apa yang sekarang disebut geometri Euclidean dari satu set kecil aksioma. Euclid juga menulis karya-karya pada perspektif, irisan kerucut, geometri bola, teori nomor dan kekakuan.

Kehidupan awal

Sedikit yang diketahui tentang kehidupan Euklides. Tanggal, tempat lahir dan tanggal kematiannya tidak diketahui, dan hanya diperkirakan secara kasar dalam kedekatan dengan tokoh-tokoh kontemporer yang disebutkan dalam referensi.

Nama Euklides jarang  disebut oleh matematikawan Yunani lainnya, namun memanggilnya dengan sebutan “ό στοιχειώτης” (“penulis Elements”). Beberapa referensi sejarah untuk Euklides ditulis beberapa abad selanjutnya setelah ia hidup, oleh Proclus ca. 450 AD dan Pappus dari Alexandria ca. 320 AD.

Elemen

Elemen Euclid, ditemukan di Oxyrhynchus, sekitar 100 AD (P. Oxy. 29).

Dalam bukunya yang berjudul Elemen, ia mengemukakan teori bilangan dan geometri. Menurutnya satu hal yang paling penting untuk dicatat, bahwa dalam pembuktian teorema-teorema geometri tak diperlukan adanya contoh dari dunia nyata tetapi cukup dengan deduksi logis menggunakan aksioma-aksioma yang telah dirumuskan.

Baca Juga :  Biodata Irène Joliot-Curie Penemu Radioaktivitas Buatan

Euclides menulis 13 jilid buku tentang geometri. Dalam buku-bukunya Euclides menyatakan aksioma (pernyataan-pernyataan sederhana) dan membangun semua dalil tentang geometri berdasarkan aksioma-aksioma itu.

Contoh dari aksioma Euclides adalah, “Ada satu dan hanya satu garis lurus garis lurus, di mana garis lurus tersebut melewati dua titik”. Buku-buku karangannya menjadi hasil karya yang sangat penting dan menjadi acuan dalam pembelajaran Ilmu Geometri.

Bagi Euclides, matematika itu penting sebagai bahan studi dan bukan sekedar alat untuk mencari nafkah. Ketika ia memberi kuliah geometri pada seorang raja, baginda bertanya, “Tak adakah cara yang lebih mudah bagi saya untuk mengerti dalam mempelajari geometri?”. Euclides menjawab, “Bagi raja tak ada jalan yang mudah untuk mengerti geometri. Setiap orang harus berpikir ke depan tentang dirinya apabila ia sedang belajar”.

Karya Euclides lain

Selain Elements, setidaknya ada lima karya Euclid yang bertahan sampai hari ini. Karya tersebut mengikuti struktur logis yang sama seperti Elements dengan definisi dan proposisi terbukti.

  • Data berkaitan dengan sifat dan implikasi dari “memberikan” informasi dalam masalah geometri; subyek terkait erat dengan empat buku pertama dari Elemen.
  • Pada Divisions of Figures (Divisi Angka) yang bertahan hanya sebagian di Arab terjemahan, menyangkut pembagian angka geometris menjadi dua atau lebih bagian yang sama atau menjadi bagian-bagian dalam diberi rasio. Hal ini mirip dengan karya Heron dari Alexandria pada  abad ke-ketiga Masehi.
  • Catoptrics, yang menyangkut teori matematika cermin, terutama gambar terbentuk dalam pesawat dan bola cermin cekung. Atribusi ini dianggap ketinggalan zaman namun oleh JJ O’Connor dan EF Robertson, nama Theon dari Alexandria sebagai penulis lebih mungkin.
  • Phaenomena, sebuah risalah tentang spherical astronomy (astronomi bola), bertahan di Yunani;yang sangat mirip dengan Moving On Sphere oleh Autolycus dari Pitane, yang berkembang sekitar 310 SM.
  • Optik adalah awal hidup risalah Yunani pada perspektif.
Baca Juga :  Biodata Alexander Bain Penemu Mesin Fax

Karya-karya lain yang dipercaya dikaitkan dengan Euclides, tetapi telah hilang.

  • Conics adalah bekerja pada bagian berbentuk kerucut
  • Porisms mungkin hasil dari karya Euclid dengan bagian berbentuk kerucut, tapi makna yang tepat dari judul yang kontroversial.
  • Pseudaria, atau Kitab Fallacies, adalah teks dasar tentang kesalahan dalam penalaran .
  • Permukaan Loci bersangkutan baik lokus (set poin) pada permukaan atau lokus yang sendiri permukaan;
  • Beberapa karya pada mekanik yang dikaitkan dengan Euclid oleh sumber-sumber Arab.

Penutup

Itulah biodata Euklides seorang yang dijuluki bapak geometri. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski