Biodata Izaak Huru Doko, Pahlawan Nasional dari Nusa Tenggara Timur

Izaak Huru Doko

Biodata Izaak Huru Doko, Pahlawan Nasional dari Nusa Tenggara Timur

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Izaak Huru Doko seorang Pahlawan Nasional dari Nusa Tenggara Timur. Penasaran ingin tahu tentang biodata Izaak Huru Doko, simak penjelasannya berikut ini.

Izaak Huru Doko

Izaak Huru Doko adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Izaak Huru Doko lahir di Sabu, Kupang, NTT, pada tanggal 20 November 1913.

Izaak memulai pendidikannya di HIK (Hollandsche Inlandsche Kweekschool) atau Sekolah Guru, Jawa Barat. Di sana ia berjumpa dengan Herman Johannes. Keduanya kemudian membentuk perkumpulan Pemuda Timor atau de Timorsche Jongeren.

Perkumpulan Pemuda Timor atau de Timorsche Jongeren dibentuk dengan tujuan mempersatukan para pelajar Timor di berbagai kota di Indonesia. Izaak lah yang menjadi pemimpin dalam perkumpulan tersebut.

Saat Jepang menduduki Tanah Air, Izaak diangkat menjadi Kepala Bunkyo Kakari (Pengajaran/Penerangan) di Kupang terhitung sejak 1 Maret 1942 hingga 1945.

Pasca proklamasi kemerdekaan, pada tahun 1949, Izaak mendirikan Partai Demokrasi Indonesia yang memiliki cabang di Flores, Sumba, dan Sumbawa.

Izaak kemudian diberi mandat oleh Partai Demokrasi Indonesia untuk memperjuangkan zelfbeschikkingsrecht (hak menentukan nasib sendiri) bagi bangsa Indonesia.

Selain itu, Izaak juga diminta untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta menghapus Korte Veklaring atau Plakat Pendek. Tidak hanya politik, Izaak juga ikut membantu dalam proses pembangunan Universitas Udayana di Denpasar, Bali, serta Universitas Nusa Cendana di Kupang.

Izaak Huru Doko meninggal pada tanggal 29 Juli 1985. Izaak Huru Doko dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana berdasarkan SK Presiden RI No. 085/TK/Tahun 2006, pada tanggal 3 November 2006.

Baca Juga :  Sikap Persatuan dan Kesatuan di Rumah, Sekolah dan Masyarakat Jawaban Buku Siswa Kelas 4 Tema 9 Halaman 133

Penutup

Itulah biodata Izaak Huru Doko seorang Pahlawan Nasional dari Nusa Tenggara Timur. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.kompas.com

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski