Biodata Radin Inten II, Pahlawan Nasional dari Lampung

Radin Inten II

Biodata Radin Inten II, Pahlawan Nasional dari Lampung

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Radin Inten II seorang Pahlawan Nasional dari Lampung. Penasaran ingin tahu tentang biodata Radin Inten II, simak penjelasannya berikut ini.

Radin Inten II

 

Radin Inten II adalah seorang Pahlawan Nasional yang berasasl dari Lampung. Radin Intan II adalah  putra dari Radin Intan Kesuma II dan juga cucu dari Radin Intan I.

Beliau dilahirkan di desa Kuripan, atau yang sekarang di kenal sebagai Lampung pada tahun 1834. Beliau adalah merupakan seorang keturunan darah biru yang bersaudara dengan kerajaan Banten.

Radin Intan termasuk seorang yang  menentang Belanda yang ketika itu menjajah negeri kita. Beliau tidak menghendaki adanya kolonialisme di bumi pertiwi ini .

Beliau juga di kenal sebagai seorang  pemimpin dan sekaligus panglima perang yang tidak hanya mempunyai fisik yang kuat, tetapi  juga pemikirannya yang cemerlang.

Radin Inten II berjuang memimpin rakyat di daerah Lampung untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayahnya.

Perjuangannya didukung secara luas oleh rakyat daerah Lampung dan mendapatkan bantuan dari daerah lain seperti dari Banten.

Radin Intan II resmi dinobatkan sebagai Ratu Lampung, pemimpin rakyat untuk memerangi kolonialisme pada usia yang bisa dibilang masih muda, yakni pada usia 16 tahun, beliau dilantik pada tahun 1850

Kemudian beliau langsung dihadapkan dengan serangan pihak Belanda beserta ratusan tentaranya di daerah Merambung, tempat Radin Intan menjalankan roda pemerintahan kerajaan.

Dari beberapa kali serangan yang dilakukan Belanda, pasukan Radin Intan selalu berhasil mengalahkannya. Serangan demi serangan terus berusaha dilancarkan Belanda untuk menghancurkan Lampung.

Kemudian pada tahun 1856 Belanda melakukan serangan besar-besaran dengan mengerahkan 9 kapal perang, 3 kapal pengangkut alat perang, dan puluhan kapal lainnya. Serangan Belanda kala itu dipimpin oleh Kolonel Welson.

Baca Juga :  Biodata Hidetsugu Yagi Penemu Antena Yagi

Pasukan Radin Intan II mencoba melawan serangan tersebut secara gerilya, dan terbukti cukup efektif. Tetapi, Belanda tidak kehabisan akal. Belanda telah membayar dan memperalat salah satu pasukan Radin Inten II untuk mengatur posisi di mana Belanda bisa menyergap dan mengalahkan Radin Inten II.

Rencana mereka pun berhasil, hingga terjadi pertempuran antara Radin Intan II melawan beberapa pasukan Belanda.

Meskipun telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengalahkan Belanda, namun akhirnya Radin Intan II gugur di tangan Belanda karena kekalahan ini disebabkan oleh kurangnya senjata dan kalah jumlah.

Radin Intan II wafat pada tanggal 5 Oktober 1856  karena pengkhianatan oleh orang sebangsanya,dalam usianya yang sangat muda yaitu 22 tahun.

Atas jasa-jasanya, Radin Inten II dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden No. 81/TK/1986. pada tanggal 23 Oktober 1986.

Namanya kini talah diabadikan sebagai sebuah Bandara Radin Inten II dan perguruan tinggi IAIN Raden Intan di Lampung.

Penutup

Itulah biodata Radin Inten II seorang Pahlawan Nasional dari Lampung. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski