Biodata Joseph Wilson Swan Penemu Bola Lampu

Biodata Joseph Wilson Swan Penemu Bola Lampu

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Joseph Wilson Swan seorang penemu bola lampu. Penasaran ingin tahu tentang penemu bola lampu, simak penjelasannya berikut ini.

Sir Joseph Wilson Swan (31 Oktober 1828 – 27 Mei 1914) adalah seorang fisikawan dan kimia asal Inggris. Ia terkenal karena menciptakan sebuah bola lampu pijar sebelum temuan Thomas Edison penemu asal Amerika.

Joseph Wilson Swan lahir pada tanggal 31 Oktober 1828 di Aula Pallion di Bishopwearmouth (sekarang bagian dari Sunderland, Tyne and Wear). Swan adalah anak dari pasangan John Swan dan Isabella Cameron.

Swan pertama menunjukkan lampu di sebuah ceramah di Newcastle upon Tyne pada tanggal 18 Desember 1878, tetapi ia tidak menerima paten sampai tanggal 27 November 1880 (paten No 4933) setelah perbaikan lampu aslinya.

Rumahnya (di Gateshead, Inggris) adalah yang pertama di dunia diterangi bola lampu, dan pertama di dunia listrik penerangan cahaya dalam gedung umum. Pada tahun 1881, Teater Savoy di Kota Westminster, London diterangi oleh bola lampu pijar Swan, teater pertama dan bangunan publik pertama di dunia yang akan diterangi seluruhnya oleh listrik.

Swan sudah menerima dekorasi tertinggi di Perancis, Legio d’honneur, ketika ia mengunjungi sebuah pameran internasional di Paris pada tahun 1881. Pameran ini termasuk pameran dari penemuannya, dan kota itu diterangi dengan lampu listrik, berkat penemuan Swan.

Listrik Cahaya

Pada tahun 1850 Swan mulai bekerja pada sebuah bola lampu menggunakan filamen kertas dikarbonisasi dalam bola kaca dievakuasi. Pada tahun 1860 Swan mampu menunjukkan perangkat kerja, dan memperoleh paten Inggris meliputi vakum parsial, karbon filamen lampu pijar.

Baca Juga :  Biodata Carl Wilhelm Scheele Penemu Oksigen

Namun, kurangnya vakum yang baik dan sumber listrik yang memadai mengakibatkan bola lampu tidak efisien. Pada tahun 1875 Swan kembali untuk mempertimbangkan masalah bola lampu dengan bantuan sebuah vakum yang lebih baik dan benang berkarbonisasi sebagai filamen.

Fitur yang paling signifikan dari lampu ditingkatkan Swan adalah bahwa ada sedikit oksigen sisa dalam tabung vakum untuk menyalakan filamen, sehingga memungkinkan filamen menyala hampir putih-panas tanpa terbakar. Namun, filamen-nya memiliki resistensi yang rendah, sehingga perlu kabel tembaga yang berat untuk memasok itu.

Swan menunjukkan lampu pijar karbon di sebuah kuliah bagi Newcastle upon Tyne Chemical Society pada tanggal 18 Desember 1878. Namun setelah terbakar dengan cahaya terang untuk beberapa menit di laboratorium nya, lampu rusak karena arus yang berlebihan.

Pada tanggal 17 Januari 1879 kuliah ini berhasil diulang dengan lampu yang ditunjukkan dalam operasi yang sebenarnya, Swan telah memecahkan masalah penerangan listrik pijar dengan menggunakan lampu vakum.

Pada tanggal 3 Februari 1879 Swan secara terbuka menunjukkan lampu bekerja untuk penonton lebih dari tujuh ratus orang di ruang kuliah Masyarakat Sastra dan Filsafat dari Newcastle upon Tyne, Sir William Armstrong memimpin.

Swan mengalihkan perhatiannya untuk memproduksi filamen karbon lebih baik dan cara melampirkan ujung-ujungnya. Swan menemukan metode pengobatan kapas untuk menghasilkan “benang parchmentised” dan memperoleh Paten Inggris 4933 pada tanggal 27 November 1880.

Sejak saat itu Swan mulai memasang lampu di rumah-rumah dan tempat-tempat di Inggris. Pada tahun 1881 Swan mendirikan perusahaan sendiri bernama, The Swan Listrik Light Company, dan mulai memproduksi ciptaannya secara komersial.

Penghargaan dan kematian

Pada tahun 1894 Swan terpilih sebagai Fellow dari Royal Society. Pada tahun 1904 dia mendapatkan gelar bangsawan, dianugerahi Medali Hughes Royal Society, dan membuat anggota kehormatan dari Masyarakat Farmasi. Joseph Wilson Swan meninggal pada tanggal 27 Mei 1914 di Warlingham di Surrey.

Baca Juga :  Berapa Biaya Balik Nama Mobil? Berikut Rinciannya

Penutup

Itulah biodata Joseph Wilson Swan seorang penemu bola lampu. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.wikipedia.org & www.jurukunci.net