Biodata KH Abdul Wahab Hasbullah, Pendiri Nahdatul Ulama

Biodata KH Abdul Wahab Hasbullah, Pendiri Nahdatul Ulama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata KH Abdul Wahab Hasbullah seorang Pendiri Nahdatul Ulama. Penasaran ingin tahu tentang biodata KH Abdul Wahab Hasbullah, simak penjelasannya berikut ini.

KH Abdul Wahab Hasbullah

KH Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang ulama pendiri Nahdatul Ulama. KH Abdul Wahab Hasbullah adalah seorang ulama yang berpandangan modern, da’wahnya dimulai dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama.

Bersama dengan KH Hasyim Asy’ari menghimpun tokoh pesantren dan keduanya mendirikan Nahdlatul Ulama  pada tahun 1926.

KH Abdul Wahab Hasbullah lahir di Jombang, Jawa Timur pada tanggal 31 Maret 1888. Ayahnya adalah KH Hasbulloh Said, Pengasuh Pesantren Tambakberas Jombang Jawa Timur, sedangkan Ibundanya bernama Nyai Latifah.

KH Abdul Wahab Hasbullah menghabiskan pendidikannya di pondok pesantren. Karena bertumbuh di lingkungan pesantren, KH Abdul Wahab Hasbullah sejak kecil sudah banyak menerima ilmu agama dan moral dari sang Ayah.

Pada saat berusia 13 tahun, KH Abdul Wahab Hasbullah mulai merantau untuk memperdalam ilmunya dari satu pesantren ke pesantren lainnya.

KH Abdul Wahab Hasbullah  merupakan seorang pelopor kebebasan berpikir untuk kalangan umat Islam di Indonesia.

Beliau menjadi ulama yang menekankan betapa pentingnya sebuah kebebasan dalam keberagaman, terutama kebebasan berpikir dan berpendapat.

Nilai tersebutbeliau wujudkan dengan mendirikan kelompok diskusi yang bernama Tashwirul Afkar di Surabaya pada tahun 1941.

Tidak butuh waktu lama, Tashwirul Afkar menjadi kelompok yang sangat populer dan banyak menarik perhatian kalangan pemuda.

Kelompok ini tidak hanya menghimpun kaum santi namun juga menjadi ajang komunikasi dan tukar informasi antar tokoh nasional.

Baca Juga :  Biodata Marie François Xavier Bichat, Bapak Histologi Modern

Gerakan Pemuda Ansor atau GP Ansor dibentuk oleh Nahdatul Ulama. Gerakan ini berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di Nahdlatul Wathan.

Nahdlatul Wathan adalah organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader.

Dua tahun setelah perpecahan itu, pada 1924 para pemuda yang mendukung KH. Abdul wshab hasbulloh –yang kemudian menjadi pendiri NU– membentuk wadah dengan nama Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air). Organisasi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya GP Ansor.

Kiai Haji Abdul Wahab Hasbullah meningal dunia di Jombang pada tanggal 29 Desember 1971. Beliau dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada tanggal 7 November 2014 oleh Presiden Joko Widodo.

 

Penutup

Itulah biodata KH Abdul Wahab Hasbullah seorang Pendiri Nahdatul Ulama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : www.kompas.com