Biodata James Dewar Penemu Termos

Biodata James Dewar Penemu Termos

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata James Dewar seorang penemu termos. Penasaran ingin tahu tentang penemu termos, simak penjelasannya berikut ini.

Sir James Dewar FRS (20 September 1842 – 27 Maret 1923) ialah seorang ahli kimia dan fisika asal Skotlandia. Dia terkenal karena penemuan Vacuumflask atau tabung hampa udara pertama kali, hal tersebut merupakan cikal bakal dari penemuan termos tempat menyimpan air panas dan dingin untuk minuman.

Biografi

James Dewar, lahir pada tanggal 20 september 1842 di Kincardine on forth, skotlandia. Dewar tumbuh besar di keluarga yang memiliki profesi sebagai pedagang anggur. Orang tuanya meninggal saat Dewar berusia 15 tahun.

Pada tahun 1869, setelah lulus kuliah Dewar melanjutkan karier intelektual menjadi dosen di universitas Royal College Veteriner, Dewar tidak hanya mengajar namun sering melakukan penelitian.

Penemuan

Pada tahun 1904 Dewar bersama John Fleming ahli kimia melakukan penelitian di Universitas Collage London. Keduanya meneliti daya tahan elektris pada suhu -200 dan 200 derajat celsius. Hasil penelitian tersebut dikenal dengan teori superkonduktivitas.

Ketika saat mengerjakan proyek tersebut secara tidak sengaja Dewar menemukan tabung hampa udara. Tabung tersebut di fungsikan sebagai pengganti bejana yang selama ini terbuat dari kaca.

Pada awalnya penemuan termos merupakan sebuah adaptasi dari tabung hampa udara yang digunakan untuk pengiriman dan penyimpanan gas cair. Namun, Dewar melihat sebuah peluang yang sangat baik. Lalu kemudian mengembangkan tabung hampa udara tersebut menjadi sebuah termos yang dapat menahan suhu dingin dan panas.

Baca Juga :  Biodata Mario Moretti Polegato Penemu Geox Sepatu Bernafas

Akhirnya, pada tahun 1904 temuan Dewar tersebut diproduksi secara komersial dengan didirikannya Perusahaan Thermos GmbH.

Penghargaan

Pada tahun 1899 Jawes Dewar menjadi penerima pertama medali emas dari Hodgkins Smithsonian Institution, Washington, DC, untuk kontribusi terhadap pengetahuan tentang sifat udara atmosfir.

Pada 1904 Dewar adalah warga negara Inggris pertama yang menerima medali Lavoisier dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis, dan pada tahun 1906 Dewar adalah orang pertama yang mendapatkan medali Matteucci Society Italia of Sciences. Pada tahun 1908 Jawes Dewar dianugerahi medali Albert dari Society of Arts.

Kematian

Jawes Dewar meninggal dunia pada tahun 1923 pada usia 80 di London, Inggris, Dia dikremasi di Krematorium Golders Green . Hingga akhir hayatnya Jawes Dewar dikenal sebagai ilmuan yang banyak menciptakan penemuan-penemuan baru bermanfaat bagi masyarakat umum.

Penutup

Itulah biodata James Dewar seorang penemu termos. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski