Biodata Leopold Von Auenbrugger Penemu Metode Perkusi

Biodata Leopold Von Auenbrugger Penemu Metode Perkusi

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Leopold Von Auenbrugger seorang penemu metode perkusi. Penasaran ingin tahu tentang penemu metode perkusi, simak penjelasannya berikut ini.

Leopold Von Auenbrugger ialah penduduk asli Graz di Styria, sebuah provinsi di Austria. Ayah Auenbrugger, pemilik penginapan Zum Schwarzen Mohren yang memberi pendidikan awal terbaik untuk Auenbrugger di kota asalnya dan lalu mengirimnya ke Wina untuk menyelesaikan studinya di universitas.

Auenbrugger lulus sebagai dokter pada usia 22 dan kemudian bekerja di Rumah Sakit Militer Spanyol di Wina selama 10 tahun.

Pada tahun 1754 Auenbrugger menemukan methods of percussion atau metode perkusi, dengan mendekatkan telinganya pada pasien dan mengetuk dada dengan ringan, maka kita dapat mendeteksi tekstur jaringan dan organ yang ada di dalamnya.

Metode Perkusi

Metode Perkusi adalah suatu tindakan medis yang digunakan untuk mendeteksi apabila ada cairan berlebihan di dalam tubuh seseorang seperti pneumonia dalam paru-paru.

Metode perkusi ini dilakukan dengan cara menepuk beberapa bagian tubuh seseorang dengan menggunakan jari. Metode yang dinamakan inventum novum ini terus digunakan hingga sekarang.

Penemuan

Teknik diagnosis perkusi ini berawal pada pengujian di ruang bawah tanah hotel ayahnya. Dengan metode ini, Auenbrugger dapat merencanakan garis besar hati.

Ini adalah pertama kalinya seorang dokter secara relatif dan akurat dapat menentukan tanda penyakit yang penting. Dia menerbitkan temuannya di sebuah buku kecil, tetapi tidak ada yang menaruh perhatian banyak untuk itu.

Baca Juga :  Biodata Otto Von Guericke Penemu Manometer

Selama sepuluh tahun studi pasiennya, Auenbrugger mengkonfirmasi pengamatannya pada nilai diagnostik perkusi dengan membandingkannya dengan spesimen post-mortem.

Selain itu Auenbrugger melakukan sejumlah penelitian eksperimental pada mayat. Auenbrugger menyuntikkan cairan ke dalam rongga pleura, dan menunjukkan bahwa dengan metode perkusi dapat mengetahui dengan tepat batas-batas cairan yang ada, dengan demikian memutuskan kapan dan di mana upaya harus dilakukan untuk menghilangkannya.

Penelitiannya lalu dikhususkan untuk tuberkulosis (TBC). Auenbrugger menunjukkan cara mendeteksi rongga paru – paru, dan bagaimana lokasi dan ukurannya ditentukan oleh perkusi.

Auenbrugger juga mengakui bahwa informasi berkenaan dengan isi rongga di paru-paru dan kondisi jaringan paru-paru mungkin diperoleh dengan menempatkan tangan di dada dan mencatat getaran atau fremitus yang dihasilkan oleh suara dan napas.

Pengamatan ini diterbitkan dalam sebuah buku kecil berjudul Inventum Novum ex Percussione Thoracis Humani Interni Pectoris Morbos Detegend , judul bahasa Inggris penuh menjadi “Sebuah Penemuan Baru yang Memungkinkan Dokter dari Perkusi Thorax Manusia untuk Mendeteksi Penyakit Tersembunyi di Dalam Dada”.

Pengenalan Metode Perkusi Secara Luas

Metode diagnosis Auenbrugger pada awalnya tidak dipedulikan. Tetapi, sebelum kematiannya penemuan itu menarik perhatian dokter Prancis René Laennec, yang menindaklanjuti ide-ide yang disarankan olehnya, menemukan auskultasi.

Nilai perkusi dalam pemeriksaan fisik lalu diakui oleh Jean-Nicolas Corvisart, yang mempopulerkannya mengajarkannya kepada murid-muridnya di Perancis, dan oleh Josef Skoda di Wina.

Dia juga menerjemahkan dan mengilustrasikan buku Auenbrugger pada tahun 1808, yang membantu membuat karya Auenbrugger tentang perkusi lebih dikenal.

Leopold Von Auenbrugger hidup sampai usia 86 tahun. Dia terkenal karena hubungan baiknya dengan anggota muda dari profesinya dan untuk kebaikannya kepada orang miskin dan mereka yang menderita TBC.

Baca Juga :  Biodata Charles Darwin Penemu Teori Evolusi

Penutup

Itulah biodata Leopold Von Auenbrugger seorang penemu metode perkusi. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  (en.wikipedia.org)