Biodata Raymond Vahan Damadian Penemu Pencitraan Resonansi Magnetik / MRI

Biodata Raymond Vahan Damadian Penemu Pencitraan Resonansi Magnetik / MRI

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Raymond Vahan Damadian seorang penemu pencitraan resonansi magnetik / MRI. Penasaran ingin tahu tentang penemu pencitraan resonansi magnetik / MRI, simak penjelasannya berikut ini.

Raymond Vahan Damadian adalah seorang dokter asal Amerika , praktisi medis , dan  penemu Mesin Scanning MR (Magnetic Resonance) pertama. Damadian lahir di New York pada tanggal 16 Maret 1936.

Damadian meraih gelar sarjana matematika dari University of Wisconsin- Madison pada tahun 1956, dan mendapat  gelar M.D. dari Albert Einstein College of Medicine di New York City pada tahun 1960. Damadian juga belajar biola di Juilliard selama 8 tahun.

Pada Tahun 1969 penelitiannya ke natrium dan kalium dalam sel-sel hidup menuntunnya untuk melakukan eksperimen pertamanya dengan resonansi magnetik nuklir (NMR), hal itu menjadikan Damadian menjadi orang pertama yang mengusulkan scanner MR tubuh.

Damadian menemukan bahwa tumor dan jaringan normal dapat dibedakan dalam organisme hidup (in vivo) dengan magnetik nuklir resonansi (NMR) karena lamanya waktu relaksasi, baik T1 (spin- kisi relaksasi) atau T2 (spin- berputar relaksasi).

Damadian adalah orang pertama yang melakukan scan tubuh penuh manusia pada tahun 1977 untuk mendiagnosa kanker.

MRI

Pencitraan resonansi magnetik (bahasa Inggris: Magnetic Resonance Imaging, MRI) ialah gambaran pencitraan bagian badan yang diambil dengan menggunakan daya magnet yang kuat mengelilingi anggota badan tersebut.

Berbeda dengan “CT scan”, MRI tidak menggunakan radiasi Sinar-X dan cocok untuk mendeteksi Jaringan Lunak, misalnya Kista ataupun Tumor yang masih sedikit, tetapi pencitraan dengan MRI lebih mahal daripada menggunakan CT scan.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambar organ dalam pada organisme hidup dan juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi.

Baca Juga :  Biodata Robert Andrews Millikan Penemu Ukuran dari Muatan Listrik Dasar

Biasa digunakan untuk menggambarkan secara patologi atau perubahan fisiologi otot hidup dan juga memperkirakan ketelusan batu kepada hidrokarbon.

Damadian telah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2001, Program Prize Lemelson – MIT diberikan nya $ 100.000 Lifetime Achievement Award pada Damadian.

Damadian melanjutkan untuk berkolaborasi dengan Wilson Greatbach, salah satu pengembang awal alat pacu jantung implan, untuk mengembangkan alat pacu jantung MRI – kompatibel. Ia menerima National Medal of Technology di 1988 dan dilantik dalam Penemu Nasional Hall of Fame pada tahun 1989.

Pada tanggal 3 Juli 1977 menandai tonggak sejarah pemeriksaan MRI pertama pada manusia setelah melewati masa 7 tahun penelitian oleh dr  Raymond Damadian dan rekannya Minkoff dan Goldsmith.

Saat itu untuk mendapatkan satu gambar MRI memerlukan waktu pemeriksaan sekitar 5 jam. Bandingkan dengan MRI saat ini yang hanya memerlukan waktu 30-90 menit. Penemuan MRI merupakan terobosan penting dalam kedokteran modern.

Penutup

Itulah biodata Raymond Vahan Damadian seorang penemu pencitraan resonansi magnetik / MRI. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org & Blog Penemu

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski