Biodata Marie François Xavier Bichat, Bapak Histologi Modern

Biodata Marie François Xavier Bichat, Bapak Histologi Modern

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Marie François Xavier Bichat, seorang yang dijuluki bapak histologi modern. Penasaran ingin tahu tentang biodata bapak histologi modern, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Marie François Xavier Bichat :

  • Lahir : 14 November 1771 Thoirette
  • Meninggal : 22 Juli 1802 (umur 30) Paris
  • Kebangsaan : Prancis
  • Bidang : anatomi, fisiologi
  • Dikenal atas : histologi, jaringan
  • Orangtua : Jean Bichat dan Jeanne-Rose Bichat

 

Marie François Xavier Bichat adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi berkebangsaan Perancis yang dikenal sebagai bapak histologi modern dan deskriptif anatomi.

Meskipun bekerja tanpa mikroskop, Xavier adalah orang pertama yang memperkenalkan gagasan bahwa jaringan sebagai entitas yang berbeda, dan menyatakan bahwa penyakit menyerang jaringan daripada seluruh organ atau seluruh tubuh, menyebabkan sebuah revolusi dalam patologi anatomi.

Biografi

Marie François Xavier Bichat lahir di Thoirette, Jura, Prancis pada tanggal 14 November 1771. Ayahnya bernama Jean Bichat, seorang dokter yang telah dilatih di Montpellie, Ibunya bernama Jeanne-Rose Bichat.

Xavier masuk perguruan tinggi Nantua, dan kemudian belajar di Lyon. Xavier membuat kemajuan pesat dalam matematika dan ilmu fisik, tapi akhirnya mengabdikan dirinya untuk mempelajari anatomi dan pembedahan di bawah bimbingan Marc-Antoine Petit (1766-1811), kepala ahli bedah ke Hotel-Dieu di Lyon.

Revolusi memaksa Xavier untuk melarikan diri dari Lyon dan berlindung di Paris pada tahun 1793. Di sana ia menjadi murid dari PJ Desault, yang sangat terkesan dengan kejeniusannya sehingga ia membawanya ke rumahnya dan memperlakukannya sebagai anak angkatnya.

Baca Juga :  Biodata John Locke, Filsuf Negara Liberal

Selama dua tahun Xavier mengambil bagian aktif dalam pekerjaan Desault itu, pada saat yang sama mengejar penelitian sendiri dalam anatomi dan fisiologi. Desault disahkan pada tahun 1795.

Pada usia 29 tahun Xavier diangkat sebagai dokter kepala ke Hotel-Dieu. Pada tahun 1796, ia dan beberapa rekan lainnya secara resmi mendirikan Société d’Emulation de Paris, yang memberikan sebuah platform intelektual untuk memperdebatkan masalah dalam kedokteran.

Kontribusi

Kontribusi utama Xavier untuk obat-obatan dan fisiologi adalah persepsi bahwa berbagai macam organ tubuh mengandung jaringan tertentu atau membran, dan ia menggambarkan 21 membran tersebut, termasuk ikat, otot, dan jaringan saraf.

Xavier tidak menggunakan mikroskop dalam penelitiannya, karena dia tidak mempercayai itu, oleh sebab itu analisisnya tidak mencakup pengakuan struktur selular. Meskipun demikian, Xavier membentuk sebuah jembatan penting antara patologi organ Giovanni Battista Morgagni dan patologi sel Rudolf Ludwig Carl Virchow.

Kematian

Marie François Xavier Bichat meninggal pada tanggal 22 Juli 1802 pada umur 30 tahun. Di empat belas hari setelah jatuh tangga di Hotel-Dieu dan menderita demam. Xavier dimakamkan di Père Lachaise.

Penutup

Demikian tadi biodata Marie François Xavier Bichat, seorang yang dijuluki bapak histologi modern dan anatomi. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski