Biodata Elias Magnus Fries, Pendiri Taksonomi Jamur Modern

Biodata Elias Magnus Fries, Pendiri Taksonomi Jamur Modern

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Elias Magnus Fries, seorang pendiri taksonomi jamur modern. Penasaran ingin tahu tentang biodata pendiri taksonomi jamur modern, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Elias Magnus Fries :

  • Lahir : 15 Agustus 1794 Femsjö
  • Meninggal : 8 Februari 1878 (umur 83) Uppsala
  • Kebangsaan : Swedia
  • Bidang : Mikologi, Botani
  • Institusi : Lund University (1814-1834), Uppsala University (1834-1878)
  • Alma mater : Lund University
  • Dikenal karena : Pendiri taksonomi jamur modern, Penulis abbrev. (Botani) P.

 

Elias Magnus Fries adalah seorang ahli mikologi dan botani berkebangsaan Swedia. Ia dikenal sebagai bapak Pendiri taksonomi jamur modern.

Elias Magnus Fries lahir pada tanggal 15 Agustus 1794 di Femsjö ( Hylte Municipality ), Småland. Fries anak dari seorang pendeta di sana. Fries memperoleh pengetahuan luas tentang tanaman berbunga dari ayahnya.

Karir

Pada tahun 1811 Fries memasuki Universitas Lund dan mengambil gelar doktor pada tahun 1814. Pada tahun yang sama Fries juga diangkat menjadi guru asosiasi dalam bidang botani tumbuhan tingkat rendah (Jamur).

Pada tahun 1834 Fries diangkat menjadi profesor di Universitas Uppsala. Fries juga menjabat direktur dari Universitas Uppsala Botanical Garden. Pada tahun 1821, Fries terpilih menjadi pendamping untuk Royal Swedish Academy of Sciences.

Karya

Karya yang paling penting bagi dunia biologi modern adalah Mycologicum Systema(1821-1832), Fungorum Elenchus (1828), Monographia Hymenomycetum Sueciae (1857 dan 1863) dan Hymenomycetes Europaei (1874).

Elias Magnus Fries dianggap sebagai bapak pendiri taksonomi modern jamur. taksonomi jamurnya dipengaruhi oleh Goethe dari Jerman. Fries menggunakan warna spora dan susunan hymenophore (pori-pori, insang, gigi dll) sebagai karakteristik taksonomi utama pada jamur.

Baca Juga :  Biodata Henry Maudslay Penemu Mesin Bubut

Ketika Fries meninggal, The Times berkomentar: “Karya-karyanya sangat banyak, terutama pada jamur dan lumut, memberikan manfaat mengenai kelompok-kelompok tanaman tersebut untuk dimanfaatkan dalam bidang bioteknologi pangan dan industri.

Elias Magnus Fries meninggal pada tanggal 8 Februari 1878  pada umur 83 tahun di Uppsalam, Swedia.

Penutup

Demikian tadi biodata Elias Magnus Fries, seorang pendiri taksonomi jamur modern. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Wikipedia