Biodata Charles Robert Richet Penemu Anafilaksis

Biodata Charles Robert Richet Penemu Anafilaksis

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Robert Richet seorang penemu anafilaksis. Penasaran ingin tahu tentang penemu anafilaksis, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Charles Robert Richet : 

  • Lahir :  25 Agustus 1850 Paris, Perancis
  • Meninggal : 4 Desember 1935 (umur 85) Paris, Perancis
  • Kebangsaan : Perancis
  • Penghargaan : Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran (1913)
Charles Robert Richet ialah seorang ahli ilmu fisiologi asal Perancis yang memulai berbagai penelitian seperti neurokimia, sistem pencernaan, termoregulasi hewan berdarah panas atau Homoiterm, dan sistem pernafasan.
Richet memenangkan Hadiah Nobel “sebagai pengakuan atas karyanya pada anafilaksis “pada tahun 1913. Richet juga mengabdikan waktunya bertahun-tahun untuk mempelajari fenomena spiritualis.

Kehidupan awal dan karir

Charles Robert Richet lahir pada tanggal 25 Agustus 1850 di Paris, Perancis. Selama studinya, Richet menghabiskan waktu magang di rumah sakit Salpetriere di Paris, di mana ia mengamati karya Jean-Marie Charcot dengan pasien histeris.

Richet diberi gelar profesor di bidang ilmu fisiologi oleh Collège de France pada tahun 1887 dan menjadi anggota Académie de Médecine pada tahun 1898. Pada tahun 1914, Richet bergabung dengan Académie des Sciences.

Richet memenangkan Hadiah Nobel untuk bidang fisiologi dan kedokteran pada tahun 1913 dengan karyanya mengenai anafilaksis (istilah darinya untuk kondisi reaksi alergi). Penelitian ini membantu menerangkan berbagai masalah medis seperti asma dan menjelaskan beberapa kasus intoksikasi dan kematian mendadak yang sebelumnya tidak dapat dimengerti.

Pada tahun 1914 Richet menjadi anggota dari Académie des Sciences. Charles Robert Richet adalah sosok yang memiliki ketertarikan pada berbagai disiplin ilmu termasuk sejarah, sosiologi, filsafat, psikologi, serta drama teater dan puisi.

Baca Juga :  Biodata Trisno Soemardjo, Sastrawan Indonesia

Richet juga memiliki minat yang mendalam dalam persepsi ekstra-indrawi dan hipnosis. Pada tahun 1891, Richet menyelesaikan Annales des sciences psychiques. Richet juga memiliki hubungan dengan para ahli supranatural pada masanya seperti Albert von Schrenck-Notzing dan Frederic William Henry Meyers.

Pada tahun 1905 Richet menjadi ketua dari Society for Psychical Research di Inggris. Richet lalu bereksperimen dengan Marthe Béraud, Elisabette D’Espérance, William Eglinton dan Stefan Ossowiecki, dari hasil temuannya ia menciptakan istilah “ektoplasma”.

Pada tahun 1919 Richet menjadi presiden kehormatan dari Institut Métapsychique Internasional di Paris dan, pada tahun 1929, presiden full-time.

Parapsikologi

Sebagai seorang peneliti Richet memiliki ketertarikan tentang penjelasan fisik untuk fenomena paranormal. Richet lalu membahas teori tentang fenomena paranormal dalam bukunya Our Sixth Sense (1928).

Richet juga menyatakan bahwa beberapa peristiwa mediumship dapat dijelaskan secara fisik karena proyeksi eksternal zat bahan (ektoplasma) dari tubuh medium. Namun Richet membantah zat ini ada hubungannya dengan roh. Richet menolak hipotesis semangat dari mediumship , alih-alih mendukung indra keenam.

Penutup

Itulah biodata Charles Robert Richet seorang penemu anafilaksis. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : Charles Robert Richet