Biodata Mas Isman, Pendiri Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP)

Biodata Mas Isman, Pendiri Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP)

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Mas Isman seorang Pendiri Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Penasaran ingin tahu tentang biodata Mas Isman, simak penjelasannya berikut ini

Mas Isman

Mas Isman adalah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia yang berasal dari Bondowoso. Beliau merupakan pendiri organisasi Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) yang kemudian menyesuaikan diri dari brigade pertempuran pasca-kemerdekaan.

Mas Isman lahir pada tanggal 1 Januari 1924 di Bondowoso, Jawa Timur. Beliau berasal dari keluarga kalangan priyai menengah, sehingga bisa menempuh pendidikan di Purwokerto, Cirebon, Malang dan Surabaya.Sebagai pelajar, Mas Isman turut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah melalui Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP).

Pada tanggal  22 Agustus 1945, pemerintah RI mengumumkan pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR). Pada tanggal 30 Agustus 1945 para pelajar Surabaya di bawah pimpinan Mas Isman mengadakan musyawarah untuk membentuk organisasi pelajar bersenjata.

Kemudian pada 22 September 1945, pasukan pelajar ini ditetapkan dan dilantik oleh Sungkono di Sekolah Darmo 49. Lalu, pada tanggal 9 November 1945, Mas Isman diberi tugas untuk bertanggung jawab sebagai komandan BKR Pelajar Surabaya.

Mas Isman dikenal dengan pernyataan dalam memperjuangkan Indonesia”Soempah Keboelatan Tekad” untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.

Pada tanggal 27 Januari 1946, dibentuklah Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) di Mojokerto. TRIP kemudian diresmikan pada 21 Juli 1946 dengan dipimpin oleh Mas Isman.

Perlawanan Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) yang paling dikenal adalah saat melawan Belanda di Jalan Salak di Malang. Para tentara pelajar bertempur dengan pelik meski hanya dengan persenjataan yang tidak seimbang.

Baca Juga :  Biodata Sapardi Djoko Damono

Dalam  pertempuran Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP) berhasil merampas kendaraan lapis baja Belanda. Setelah kemerdekaan, Mas Isman berperan dalam pendirian Koperasi Simpan Pinjamg Gotong Royong (Kosgoro) pada tanggal 10 November 1957.

Kosgoro kemudian berkembang menjadi koperasi tingkat nasional yang berperan besar dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Selepas berjuang untuk rakyat, Mas Isman melanjutkan kiprahnya di dunia politik. Ia ditunjuk menjadi Duta Besar di Rangoon, Bangkok, dan Kairo.Beliau juga menjadi anggota DPR/MPR.

Kematian dan penghargaan

Mas Isman meninggal di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 12 Desember 1982 di usia 58 tahun. Pada tanggal 5 November 2015, Presiden Joko Widodo secara resmi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Mas Isman berdasarkan Keputusan Presiden No. 116/TK/Tahun 2015.

Penutup

Itulah biodata Mas Isman seorang Pendiri Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP). Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

Sumber : www.kompas.com