paku sayur
paku sayur

Khasiat Lezatnya Daun Paku Sayur

Khasiat Lezatnya Daun Paku Sayur – Paku Sayur (Diplazium esculentum) merupakan sejenis paku/pakis yang biasa dimakan ental (daun khas pakis) mudanya sebagai sayuran oleh penduduk Asia Tenggara dan kepulauan di Samudera Pasifik.

Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembap dan teduh. Pemanfaatanya biasanya digulai (“gulai paku”) atau dijadikan lalap setelah direbus terlebih dahulu. Konsumsi mentah tidak dianjurkan karena mengandung asam sikimat yang mengganggu pencernaan manusia.

Tidak seperti jamur paha ayam, paku sayur biasanya tidak dibudidayakan. Pedagang mencari di hutan atau kebun lalu dijual. Berikut ini Waca Berita akan memberikan sedikit informasi tentang kandungan paku sayur.

Kandungan Gizi Paku Sayur

Sebagai salah satu sayuran yang cukup populer di Asia, termasuk di Indonesia, daun paku sayur mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut ini daftar kandungan gizi yang dimiliki oleh daun pakis.

  • Protein: 4,5 g
  • Lemak: 0,4 g
  • Karbohidrat: 6,9 g
  • Serat: 2 g
  • Kalsium: 136 mg
  • Fosfor: 159 mg
  • Besi: 2,3 mg
  • Natrium: 20 mg
  • Kalium: 201,9 mg
  • Beta-karoten: 1,625 mcg
  • Karoten Total: 3,292 mcg
  • Retinol (Vit. A): 0 mcg
  • Thiamin (Vit. B1): 0,02 mg
  • Riboflavin (Vit. B2): 0,10 mg
  • Niasin: 0,5 mg
  • Vitamin C: 3 mg

Khasiat paku sayur

Banyak orang yang percaya pula bahwa tanaman pakis ini memiliki segudang khasiat yang baik bagi kesehatan.

Bagaimana tidak, daun paku sayur atau pakis kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daun pakis yang sayang dilewatkan.

Baca Juga :  Biodata Mahbub ul Haq, Pendiri Human Development

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu khasiat dari daun pakis yaitu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan daun pakis kaya akan vitamin A dan riboflavin (vitamin B2). Bahkan, olahan sayur paku ini juga membantu mencegah katarak.

Dilansir dari The U.S. National Library of Medicine, makan makanan yang kaya akan riboflavin dapat menurunkan risiko katarak. Selain itu, katarak juga bisa dicegah dengan mengonsumsi suplemen riboflavin atau niasin.

Hal ini mungkin dikarenakan riboflavin merupakan vitamin yang dibutuhkan untuk melindungi glutathione. Glutathione yaitu antioksidan yang penting di mata.

Itu sebabnya, kandungan riboflavin dalam daun pakis secara tidak langsung dapat membantu Kamu menjaga kesehatan mata.

2. Baik untuk kesehatan otak

Selain menjaga kesehatan mata, manfaat lainnya yang diperoleh dari daun pakis yaitu baik untuk kesehatan otak. Bagaimana bisa?

Kandungan niasin dalam daun paku sayur ternyata diperlukan oleh otak Kamu. Pasalnya, niasin merupakan bagian dari koenzim NAD dan NADP yang dibutuhkan untuk mendapatkan energi, sehingga otak berfungsi dengan baik.

Selain itu, niasin juga berpotensi menjadi pengobatan beberapa jenis skizofrenia. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari European review for medical and pharmacological sciences.

Para ahli pada penelitian tersebut melaporkan bahwa niasin dapat membantu memperbaiki kerusakan sel-sel otak yang terjadi akibat kekurangan niasin.

Walaupun hasilnya cukup menjanjikan, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk melihat apakan niasin merupakan faktor utama dari skizofrenia. Selain itu, para peneliti juga perlu menganalisis, apakah niasin dapat mengurangi gejala dari penyakit tersebut.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Kamu bahwa kandungan vitamin C dalam daun paku sayur bisa membantu meningkatkan sistem imun? Faktanya, vitamin C memang dapat memengaruhi kekebalan tubuh dalam berbagai cara.

Sebagai contoh, aktivitas antioksidan dalam vitamin C dapat mengurangi peradangan yang membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Khasiat daun pakis yang satu ini juga mendorong pertumbuhan limfosit.

Baca Juga :  Biodata August Weismann Penemu Teori Plasma Nutfah

Limfosit yaitu jenis sel kekebalan yang dapat meningkatkan antibodi yang bersirkulasi. Artinya, limfosit dapat menyerang zat asing atau berbahaya dalam darah berkat protein tersebut.

Selain daun pakis, Kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C lainnya dari makanan. Namun, jangan terlalu banyak konsumsi vitamin C karena tentu dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Tanaman paku sayur juga kaya akan kalium yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kalium merupakan mineral penting untuk kesehatan tubuh dan takaran kalium yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti:

tekanan darah tinggi,
penyakit jantung, dan
stroke.

Walaupun demikian, cara kerja kalium dalam mencegah penyakit jantung belum diketahui. Namun, beberapa ahli menilai ada kemungkinan kalium dapat mencegah penumpukan kalsium pada sel otot polos dalam arteri.

Kondisi ini bisa berkontribusi terhadap aterosklerosis atau pengerasan arteri. Penyakit ini merupakan masalah yang serius karena plak lemak, kolesterol, dan zat lainnya dapat menghambat aliran darah.

Maka itu kandungan kalium dalam daun pakis menjadi alasan mengapa tanaman hijau ini bermanfaat bagi kesehatan jantung.

5. Mencegah penyakit Alzheimer

Khasiat daun paku sayur yang juga tidak kalah menguntungkan bagi kesehatan Kamu yaitu mencegah penyakit Alzheimer. Kandungan thiamin (vitamin B1) pada sayur pakis dikenal dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Menurut para peneliti dari Annals of the New York Academy of Sciences, ada beberapa kesamaan antara kekurangan thiamin dan Alzheimer. Pasalnya, kedua masalah ini terkait dengan masalah kognitif dan penurunan metabolisme glukosa pada otak.

Bila diobati dengan suplemen vitamin B1 sebanyak 100 miligram per hari, gejala pada pasien mungkin akan lebih ringan. Namun, penelitian seputar bagaimana mekanisme thiamin terhadap penyakit Alzheimer ini masih terus berlanjut.

Baca Juga :  Resep Ayam Taliwang | Cara Membuat Ayam Taliwang

6. Mencegah anemia

Bila sering merasa pusing, sakit kepala, hingga mengantuk, mungkin tubuh Kamu kekurangan zat besi sehingga memicu gejala anemia. Kondisi ini ternyata bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti daun paku sayur.

Hal ini dikarenakan tanaman berwarna hijau ini mengandung zat besi yang cukup tinggi. Itu sebabnya, daun pakis dinilai bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah agar anemia tidak terjadi.

Walaupun demikian, perlu diingat bahwa tubuh tidak dapat menyerap zat besi dari sayuran secepat dari daging. Oleh karena itu, Kamu perlu mengimbangi konsumsi zat besi dengan zat gizi yang dapat membantu tubuh menyerap zat besi, seperti vitamin C.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Bagi Kamu yang ingin kulitnya tetap sehat dan tampil merona mungkin bisa mencoba sayur daun pakis. Begini, daun pakis mengandung beta-karoten yang disebut dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit karena efek antioksidannya.

Temuan ini dilaporkan melalui penelitian dari The American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa mendapatkan mikronutrien antioksidan, seperti beta-karoten dapat meningkatkan perlindungan kulit terhadap sinar UV.

Paparan sinar UV yang berlebihan memang telah terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit kulit. Itu sebabnya, konsumsi daun pakis dapat memberikan khasiat pada kesehatan dan penampilan kulit.

Meski begitu, perlindungan matahari dari beta-karoten tetap perlu dibarengi dengan penggunaan tabir surya atau sunscreen.

Khasiat Lezatnya Daun Paku Sayur

Segudang khasiat dari daun paku sayur sudah kita ketahui bersama ya Sob, tentu saja akan lebih terasa jika cara memasak daun paku sayur ini tepat dan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan tubuh.

Demikian informasi dari Waca Berita seputar Khasiat Lezatnya Daun Paku Sayur , semoga bermanfaat.

Pencarian Populer : Sayur paku