Biodata Nicolas Leblanc Penemu Cara Pembuatan Soda Dari Garam Biasa

Biodata Nicolas Leblanc Penemu Cara Pembuatan Soda Dari Garam Biasa

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Nicolas Leblanc seorang penemu cara pembuatan soda dari garam biasa. Penasaran ingin tahu tentang penemu cara pembuatan soda dari garam biasa, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Nicolas Leblanc :

Lahir : 6 Desember 1742 Ivoy-le-Pré, Prancis
Meninggal : 16 Januari 1806 (umur 63) Paris, Prancis. Bunuh Diri
Kebangsaan :  Prancis
Bidang : kimia, fisika
Dikenal dalam :  soda, garam dapur
Nicolas Leblanc adalah seorang kimiawan dan ahli bedah berkebangsaan Perancis yang menemukan cara pembuatan soda dari garam biasa.

Biografi

Nicolas Leblanc lahir pada tanggal 6 Desember 1742 di Ivoy le Pré, Cher, Prancis. Ayahnya berprofesi sebagai seorang pejabat minor pada hasil karya besi, meninggal pada tahun 1751.

Leblanc pergi ke Bourges untuk hidup dengan Dr Bien, seorang kerabat dekat. Di bawah pengaruh walinya, Leblanc mengembangkan minat dalam kedokteran.

Saat Bien meninggal pada tahun 1759, Leblanc terdaftar di École de Chirurgie (College of Surgeons) di Paris untuk belajar kedokteran.

Lulus dengan gelar master, Leblanc membuka praktek medis. Leblanc menikah pada 1775, dan empat tahun kemudian mempunyai anak pertama.

Membuka praktek medis ternyata tidak cukup untuk membiayai hidup keluarganya, sehingga pada tahun 1780 Leblanc menerima posisi sebagai dokter pribadi di rumah tangga Louis Philip II, Duke of Orléans.

Proses  Leblanc

Pada tahun 1775, Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis menawarkan hadiah untuk “proses pembuatan abu soda yang dapat dihasilkan dari garam”. Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis ingin mempromosikan produk yang sangat membutuhkan banyaknya natrium karbonat dari natrium klorida murah.

Baca Juga :  Biodata Joseph Louis Lagrange, Ahli Matematika

Pada tahun 1791, Nicolas Leblanc berhasil memproduksi natrium karbonat dari garam dengan 2-langkah proses:
Pada langkah pertama, natrium klorida dicampur dengan konsentrasi asam sulfat pada suhu 800-900 ° C ; gas hidrogen klorida berevolusi, meninggalkan sodium sulfat padat.

Pada langkah kedua, natrium sulfat dihancurkan, dicampur dengan arang dan batu kapur kemudian dipanaskan di dalam tungku.

Nicolas Leblanc mendapat penghargaan untuk proses yang menggunakan garam laut dan asam sulfat sebagai bahan baku. Lalu pabrik (miliknya sendiri) telah beroperasi dan memproduksi 320 ton abu soda per tahun. Sekarang proses ini sudah dianggap usang dan digantikan oleh”proses Solvay” yang sangat menguntungkan.

Dua tahun kemudian pabrik itu disita oleh pemerintah revolusioner Perancis, yang menolak untuk membayar hadiah uang yang telah Leblanc dapatkan sepuluh tahun sebelumnya. Pada tahun 1802 Napoleon kembali menghidupkan pabrik Leblanc.

Kematian

Nicolas Leblanc meninggal pada tanggal 16 Januari 1806 pada umur 63 tahun di Paris, Prancis. Dia meninggal karena bunuh diri dengan tembakan ke kepala.

Warisan

William losh mengunjungi Paris untuk mempelajari proses Leblanc. Pada tahun 1807, losh, Wilson dan Bell membuka karya alkali pertama di Inggris yang menggunakan proses Leblanc, di Walker, Newcastle upon Tyne.

Penutup

Itulah biodata Nicolas Leblanc seorang penemu cara pembuatan soda dari garam biasa. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Wikipedia