Biodata Richard Arkwright Penemu Mesin Pintal Bertenaga Air

Biodata Richard Arkwright Penemu Mesin Pintal Bertenaga Air

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Richard Arkwright seorang penemu mesin pintal bertenaga air. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin pintal bertenaga air, simak penjelasannya berikut ini.

Richard Arkwright adalah seorang penemu mesin pintal bertenaga air pertama di dunia pada tahun 1769. Richard lahir di Preston Lancashire Inggris pada tanggal 23 Desember 17 32 dan meninggal di Cromford Derbyshire Inggris pada tanggal 3 Agustus 1792 pada umur 60 tahun. Richard Arkwright di juluki sebagai bapak sistem pabrik, pengusaha industri tekstil, dan perwira tinggi polisi di negara Inggris.

Mesin Pemintal adalah suatuh mesin untuk memintal benang dari serat alami ataupun buatan. Richard Arkwright seorang penemu mesin pintal bertenaga air. Setelah melalui perubahan ke tenaga air, Richard juga mempatenkan mesin carding yang dapat mengubah kapas menjadi benang.

Richard Arkwright adalah seorang yang suka berkarya, ia adalah wiraswasta terkenal dari revolusi industri. Pencapaian Richard adalah menggabungkan tenaga permesinan, buruh setengah terdidik, dan menggabungkan bahan baru kapas untuk dijadikan produksi besar-besaran benang lebih dari seabad sebelum Ford. Kemampuan untuk mengorganisasi membuatnya lebih hebat di bandingkan orang lain pada masa itu.

Richard Arkwright adalah penemu sistem pabrik modern khususnya pemintalannya di Cromford pada tahun 1771. Pabrik pintalnya adalah pabrik pintal pertama di dunia yang bertenaga air dan dapat menghasilkan benang berkualitas tinggi dengan sangat cepat. Namun pegawainya mulai kawatir, mereka mengira bila produksi benang terlalu banyak, mereka akan di pecat. Maka mereka lalu berontak dan menghancurkan pabrik tersebut.

Berbagai hambatan dan rintangan dilaluinya untuk sukses menjadi seorang penemu. Setelah pabriknya dihancurkan, dari berbagai pihak datang protes dan menuduhannya. Richard  di tuduh mencuri hasil temuan orang lain. Richard dibawa kepengadilan. Ia kalah di persidangan, lalu kehilangan hak patennya.

Baca Juga :  Biodata John Ambrose Fleming Penemu Perangkat Kelistrikan Praktis

Namun, karena sifatnya yang sabar dan suka humor, dan dengan bantuan sahabat-sahabatnya Richard mampu membuat industri pemintal di berbagai tempat. Menjelang tahun 1789 Richard  mempunyai 8 pabrik pemintal, yang lima buah terletak di Derbyshire. 11 pabrik milik orang lain menggunakan mesin pintal buatan Richard.

Pada tahun 1782 Richard  mempunyai 5000 karyawan dan modal sebesar 200.ooo atau kira kira sekitar 269 juta rupiah. Jaman sekarang dunia mengakui bahwa Richard lah yang menemukan mesin pintal bertenaga air.

Richard  bekerja 16 jam sehari. Karena tidak tamat sekolah dasarnya, Richard merasa harus mengejar ketertinggalannya pada malam hari. Sampai umur 50 tahun Richard belajar bahasa dan pengetahuan yang lain. 6 tahun sebelum meninggal pada tahun 1786 ia menerima gelar bangsawan dari raja George III.

Penutup

Itulah biodata Richard Arkwright seorang penemu mesin pintal bertenaga air. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : wikipedia.org

 

 

 

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski