Biodata Robert Andrews Millikan Penemu Ukuran dari Muatan Listrik Dasar

Biodata Robert Andrews Millikan Penemu Ukuran dari Muatan Listrik Dasar

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Robert Andrews Millikan seorang penemu ukuran dari muatan listrik dasar. Penasaran ingin tahu tentang penemu ukuran dari muatan listrik dasar, simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Robert Andrews Millikan :

  • lahir : 22 Maret 1868 Morrison, Illinois, AS
  • Meninggal : 19 Desember 1953 (umur 85) San Marino, California, AS
  • Kebangsaan : Amerika Serikat
  • Bidang : Fisika
  • Pasangan : Greta Ervin Blanchard
  • Anak : Clark Blanchard, Glenn Allen, dan Max Franklin
  • Dikenal untuk : Muatan listrik dasar dan untuk Efek fotolistrik.
  • Penghargaan : Comstock Prize (1913), IEEE Edison Medal (1922), Penghargaan Nobel dalam Fisika (1923), Hughes Medal (1923), ASME Medal (1926), Franklin Medal (1937), Oersted Medal (1940)
Robert A. Millikan ialah seorang fisikawan asal Amerika yang memperoleh Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1923 karena penemuannya tentang ukuran dari muatan listrik dasar dan untuk karyanya pada efek fotolistrik.

Robert lahir pada tanggal 22 Maret 1868 di Morrison, Illinois, AS. Robert lulus dari Oberlin College, pada tahun 1891 dan memperoleh gelar doktor di Columbia University pada tahun 1895.

Pada tahun 1902 Robert Andrews Millikan menikah dengan Greta Ervin Blanchard. Mereka memiliki tiga putra: Clark Blanchard, Glenn Allen, dan Max Franklin.

Pada tahun 1896 Robert menjadi asisten di University of Chicago, di sana Robert menjadi profesor penuh pada tahun 1910. Pada tahun 1909 Robert memulai serangkaian percobaan untuk menentukan harga listrik yang dibawa oleh elektron tunggal.

Baca Juga :  Biodata Daniel Gabriel Fahrenheit Penemu Skala suhu Fahrenheit

Robert mulai dengan mengukur air tetesan yang dibebankan dalam medan listrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pada tetesan merupakan kelipatan dari muatan listrik dasar, tapi percobaan itu tidak cukup akurat untuk meyakinkan.

Robert memperoleh hasil yang lebih tepat pada tahun 1910 dengan bukunya yang terkenal percobaan minyak-drop di mana dia menggantikan air (yang cenderung menguap terlalu cepat) dengan minyak.

Pada tahun 1916 Robert mengambil dengan keterampilan yang sama verifikasi eksperimental dari persamaan diperkenalkan oleh Albert Einstein pada tahun 1905 untuk menggambarkan efek fotolistrik.

Pada tahun 1921 Robert meninggalkan University of Chicago untuk menjadi direktur Norman Bridge Laboratorium Fisika di Institut Teknologi California (Caltech) di Pasadena, California.

Muatan elektron

Sembari menjadi profesor di University of Chicago, Robert bekerja pada percobaan minyak-drop di mana dia mengukur muatan pada satu elektron. JJ Thomson telah menemukan harga-rasio-untuk-massa elektron.

Tetapi, harga dan nilai massa yang sebenarnya tidak diketahui. Sebab itu, jika salah satu dari kedua nilai itu harus ditemukan, yang lain dapat dengan mudah dihitung.

Robert dan mahasiswa pascasarjana Harvey Fletcher menggunakan percobaan minyak-drop untuk mengukur muatan elektron (serta massa elektron, dan bilangan Avogadro, karena hubungannya dengan muatan elektron dikenal).

Profesor Millikan mengambil kredit tunggal, sebagai imbalan untuk Harvey Fletcher mengklaim kepengarangan penuh pada hasil terkait untuk disertasinya.

Robert memenangkan Hadiah Nobel untuk Fisika tahun 1923. Setelah publikasi hasil pertamanya pada tahun 1910, pengamatan bertentangan dengan Felix Ehrenhaft memulai kontroversi antara dua fisikawan. Setelah memperbaiki setup-nya, Robert menerbitkan studi mani pada tahun 1913.

Efek fotolistrik

Saat Einstein menerbitkan mani tahun 1905 makalahnya tentang teori partikel cahaya, Robert yakin bahwa itu salah, sebab telah terbukti bahwa cahaya adalah gelombang.

Baca Juga :  Biodata Dennis Gabor Penemu Holografi

Robert melakukan program percobaan selama satu dekade untuk menguji teori Einstein , yang diperlukan membangun apa yang ia sebut sebagai “sebuah toko mesin dalam kondisi vakum” dalam rangka mempersiapkan permukaan logam yang sangat bersih dari elektroda foto.

Hasil-Nya menegaskan prediksi Einstein  dalam setiap detail, tapi Robert tidak yakin penafsiran Einstein, dan hingga akhir 1916 ia menulis, “persamaan fotolistrik Einstein… tidak bisa dalam penilaian saya dipandang saat ini sebagai istirahat setelah apapun yang memuaskan landasan teoritis, “meskipun” itu benar-benar mewakili sangat akurat perilaku “dari efek fotolistrik.

Pada tahun 1950 otobiografinya, namun, Robert hanya menyatakan bahwa karyanya “hampir memungkinkan setiap penafsiran selain itu yang Einstein awalnya menyarankan, yaitu bahwa teori semi-sel hidup atau foton cahaya itu sendiri”.

Karena pekerjaan Robert membentuk beberapa dasar untuk fisika partikel modern, adalah ironis bahwa dia agak konservatif dalam pendapatnya tentang perkembangan abad ke-20 dalam fisika, seperti dalam kasus teori foton.

Kematian

Robert Andrews Millikan meninggal dunia karena serangan jantung di rumahnya di San Marino, California pada 19 Desember 1953 pada usia 85, dan dimakamkan di “Pengadilan of Honor” di Forest Lawn Memorial Park Cemetery di Glendale, California.

Penutup

Itulah biodata Robert Andrews Millikan seorang penemu ukuran dari muatan listrik dasar. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber :  Robert Andrews Millikan