Biodata Cai Lun Penemu Kertas

Biodata Cai Lun Penemu Kertas

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Cai Lun seorang penemu kertas. Penasaran ingin tahu tentang penemu kertas. simak penjelasannya berikut ini.

Biodata Cai Lun:

Lahir : 50, Guiyang (hari ini Leiyang ), Cina

Meninggal : 121, Han Palace (Luoyang)

Pekerjaan : penemu dan kasim

Dikenal atas : penemu pembuat kertas moderen

 

Cai Lun adalah penemu kertas berkebangsaan Tionghoa yang hidup pada jaman Dinasti Han, abad ke 2 Masehi. Cai Lun dilahirkan di Guiyang, salah satu wilayah di Provinsi Hunan.

Dunia mengakui bahwa Cai Lun mempunyai sumbangan begitu besar bagi dunia percetakan, tulis menulis, dan penerbitan karena dialah yang telah menemukan kertas.

Cai Lun adalah seorang kasim Cina yang bekerja sebagai pegawai negara pada pengadilan kekaisaran. Meskipun kertas buatannya belum sesempurna sekarang, tetapi Cai Lun diakui sebagai penemu kertas secara tradisional.

Pada waktu itu kertas sudah dikenal sejak abad 2 SM, akan tetapi Cai Lun dianggap telah berjasa dalam pembuatan kertas dengan penambahan bahan-bahan baru yang penting ke dalam komposisinya.

Penemuan kertas

Pada jaman kuno, tulisan dan prasasti umumnya dilakukan pada tablet bambu atau potongan sutra yang disebut chih. Karena harga sutra yang sangat mahal dan beratnya bambu, menjadikan kedua alat tersebut tidak nyaman untuk dipergunakan.

Oleh sebab itu, Cai Lun kemudian mencari ide untuk membuat kertas dari kulit pohon. Cai Lun selanjutnya membuat kertas dari kulit kayu murbei, dengan cara bagian dalam kulit kayu direndam di air dan dipukul-pukul, sehingga seratnya lepas.

Baca Juga :  Biodata Johannes Gensfleisch Penemu Mesin Percetakan

Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah direndam dan menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur, sehingga jadilah kertas msekipun kualitasnya belum sebaik saat ini.

Pada tahun 105 M, Cai Lun mempersembahkan contoh kertas buatannya pada Kaisar Han Hedi. Catatan tentang penemuan kertas ini terdapat dalam penulisan sejarah resmi Dinasti Han.

Karena penemuannya itu, Cai Lun kemudian naik pangkat, mendapat gelar kebangsawanan dan menjadi cukong. Penemuan kertas oleh Cai Lun ini berpengaruh pada negara-negara di Asia Timur. Kertas menjadi banyak digunakan sebagai media untuk menulis di Cina pada abad ke-3.

Hal Ini memungkinkan China untuk mengembangkan peradabannya melalui sastra dan literasi, jauh lebih cepat daripada menggunakan bahan penulisan yang sebelumnya, yaitu  bambu dan sutra.

Teknik pembuatan kertas China telah menyebar ke Korea, Vietnam, dan Jepang pada abak ke-7. Pada awalnya, Cina sangat merahasiakan teknik pembuatan kertas ini.

Rahasia membuat kertas ini terkuat sekitar tahun 750 setelah tenaga ahli pembuat kertas menjadi tawanan orang-orang Arab, sehingga dalam waktu yang singkat kertas mampu diproduksi di Bagdad dan Sarmarkand.

Teknik pembuatan kertas pada akhirnya menyebar ke seluruh dunia Arab dan baru di abad ke-12 orang-orang Eropa belajar teknik ini. Ketika kertas pertama kali diperkenalkan ke Eropa di abad ke-12, maka secara bertahap telah merevolusi cara komunikasi tertulis.

Penutup

Itulah biodata Cai Lun seorang penemu kertas, semoga bisa bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

 

baca juga : Biodata Blaise Pascal Penemu Mesin Hitung 

 

sumber : wikipedia.org

You May Also Like

About the Author: Afnan Rafiski