Biodata Cyrus McCormick Penemuan Mesin Penuai Pertama

Biodata Cyrus McCormick Penemuan Mesin Penuai Pertama

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Cyrus McCormick seorang penemuan mesin penuai pertama. Penasaran ingin tahu tentang penemu mesin penuai pertama, simak penjelasannya berikut ini.

Cyrus McCormick adalah seorang asal Amerika yang pertama kali menemukan alat penuai. McCormick lahir di Virginia, Amerika Serikat pada tanggal 15 Februari 1809. McCormick merupakan anak tertua dari delapan bersaudara. Ayahnya merupakan seorang petani sekaligus pandai besi.

Pendidikan McCormick hanya di sekolah-sekolah lokal saja. Setelah itu, dia membantu di bengkel ayahnya. Di situlah, McCormick mendapat bimbingan untuk bisa menemukan alat yang berguna dalam bidang pertanian.

Pada awal abad ke-19, panen membutuhkan pekerja yang banyak. Selain karena lingkup wilayah pertanian luas, biaya menjadi sorotan utama dalam masalah tersebut. Maka dari itulah, ayah Cyrus McCormick berusaha untuk membuat alat panen yang praktis dan lebih cepat.

Berbagai konsep dibuat, namun tak sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Berawal dari kegagalan, akhirnya proyek ini diberikan kepada McCormick oleh ayahnya. Tugas McCormick harus bisa menyelesaikan tantangan ini dari ayahnya.

Pada tahun 1831, Cyrus McCormick mencoba membuat alat penuai. Alat ini ditarik dengan kuda dan menggunakan jenis gerigi yang berputar. Alat ini bertenagakan mesin.

Saat diujicobakan pada ladang tetangganya, alat ini menawarkan harapan bahwa petani akan lebih leluasa dan tak akan membutuhkan banyak pekerja untuk panen. Namun, saat itu mesin ini belum sempurna.

Suara yang ditimbulkan sangat berisik sehingga membuat kuda menjadi ketakutan. Salah seorang harus berjaga dan membuat kuda tetap tenang ketika mesin tersebut dijalankan.

McCormick harus memperbaiki penemuannya dan segera mematenkan agar tak diklaim penemu lain. Setelah menerima paten, McCormick malah meninggalkan penemuan dan fokus terhadap pengecoran besi milik keluarga.

Baca Juga :  Biodata Chester Carlson Penemu Mesin Fotocopy

Tak lama setelah bisnis pengecoran gagal, McCormick kembali lagi ke mesin penuai. McCormick berhasil menjual dua mesin penuai pada tahun 1941. Hingga tahun 1943, McCormick berhasil menjual sekitar 36 mesin penuai.

Tidak hanya menjual lingkup regional saja, McCormick juga mempromosikan alatnya ke berbagai negara bagian. McCormick juga menjalin kerja sama dengan beberapa pejabat setempat untuk membangun pabrik pembuatan alat pertanian ini.

Pada tahun 1847, sekitar 800 mesin terjual. Untuk meningkatkan penjualan, McCormick menggunakan inovasi seperti iklan, demonstrasi publik, garansi produk, dan perpanjangan kredit kepada pelanggannya.

Alat ini juga terjual ke berbagai negara di dunia. McCormick bahkan mendapatkan Grand Medal of Honor di Paris International Exposition. Di sana mesin penuai McCormick dikenal oleh para petani di seluruh dunia.

Penutup

Itulah biodata Cyrus McCormick seorang penemuan mesin penuai pertama. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : kompas.com