Biodata Charles Goodyear Penemu Sisir Berbahan Karet

Biodata Charles Goodyear Penemu Sisir Berbahan Karet

Hai sobat biodata, kali ini kami akan bagikan biodata Charles Goodyear seorang penemu sisir Berbahan Karet. Penasaran ingin tahu tentang penemu sisir Berbahan Karet, simak penjelasannya berikut ini.

Charles Goodyear adalah seorang penemu sisir berbahan karet asal Amerika pada tahun 1843. Dibarengi dengan penemuannya terhadap proses vulkanisasi di mana hasilnya ia menemukan karet merupakan bahan yang lebih kuat serta mampu dibuat dan diolah untuk menjadi barang berguna.

Dari penemuan sisir Goodyear ini, sudah jelas jika sisir buatannya yang berasal dari bahan karet itu kuat dan tidak mudah pecah saat terjatuh.

Setelah meninggalnya Charles Goodyear pada tahun 1860, di mana saat itu usaha sisirnya sedang masa-masanya pertumbuhan, daripada tidak dikelola lebih lanjut maka dua perusahaan diizinkan untuk menjual perangkat dengan menyertakan hak paten Charles Goodyear.

Dua perusahaan itu ialah India Rubber Comb Company dan the American Hard Rubber Company. Namun akhirnya hak paten Goodyear berakhir dan persaingan perusahaan waktu itu semakin rumit dan ketat.

Lantas John Wesley Hyatt pada tahun 1878 berhasil dianugerahi hak paten dalam perbaikan pembuatan sisir dari bahan seluloid atau plastik pertama yang dapat digunakan. Ia terinspirasi dari sebuah kompetisi untuk membuat bola billiar tanpa gading gajah yang hadiahnya sangat besar waktu itu. Dan akhirnya dia malah menemukan bahan untuk pembuatan sisir tadi.

Sejarah sisir

Sisir pertama kali ditemukan pada tahun 5.500 SM (Sebelum Masehi) oleh seorang arkeolog. Bangsa Mesir kuno mengukir sisir pada sisa-sisa budaya yang muncul. Sedangkan di Cina, sisir dapat berfungsi sebagai aksesoris serta mampu menunjukkan kedudukan atau status sosial seseorang. Di Persia sendiri, sisir ditemukan oleh para arkeolog di pemukiman yang sudah berusia sejak sekitar 5.000 tahun lalu.

Baca Juga :  Biodata Evangelista Torricelli Penemu Barometer Air Raksa

Pada awalnya, sisir biasanya terbuat dari batu, kayu, serta bagian tubuh binatang seperti gading gajah sehingga rawan pecah. Seiring perkembangan zaman, sisir sekarang bisa kita jumpai dengan bahannya yang berupa plastik dan logam.

Penutup

Itulah biodata Charles Goodyear seorang penemu sisir Berbahan Karet. Semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi sobat biodata sekalian.

sumber : digstraksi.com